Month: June 2018

UN : Kisah Klasik Untuk Masa Depan

Setiap tahun, yang namanya Ujian Nasional memang selalu Scenut buk saja menimbulk an main. P an keerut? Mules! Badan? Ng tegangan. Hati, kepala, rgasan ak demam ya cenat nggak meriang, tapi panas dingin. Dan ‘panggilan alam’ yang biasanya normal pun ngedadak jadi egois. Merampok ketenangan. Argh! Harus ke toliet deh demi kelegaan lahir dan batin! Beser ciiiyn! Ups! Itulah pengalaman seru yang sempat redaksi D’Rise dengar dari Falah Achmad Bagusti, siswa SMAN 1 Babakan Madang, Sentul-Bogor yang cukup bikin ngikik. Cowok Rohis yang berusia 17 tahun ini terang-terangan bilang, “Banyak yang hilir mudik ke toilet! Ketegangan terjadi dalam satu...

Read More

Astung

Garuda Pancasila Aku lelah mendukungmu Sejak Proklamasi Selalu berkorban untukmu Pancasila dasarnya apa Rakyat adil makmurnya kapan Pribadi bangsaku Tidak maju…maju…tidak maju…maju Tidak maju…maju Eit, jangan main tuduh ”makar” dengan pencantuman puisi di atas. Syair plesetan lagu ”Garuda Pancasila” itu ‘kan karya mendiang Harry Roesli, yang dia nyanyikan dalam peringatan HUT RI ke-56 di kediaman mantan Presiden RI Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan, 17 Agustus 2001. Bahwa kandungan syair Kang Harry mencerminkan kenyataan, apa boleh buat. Umat Islam memang sudah ”lelah” dipaksa mendukung Pancasila. Ketika Orde Baru baru saja memegang tampuk kekuasaan pada 1967, umat Islam sangat berharap...

Read More

Omar Muhtar Lion of the Dessert

Lion of the Dessert alias Singa Padang Pasir, itulah julukannya. Sosok ulama asal Libya komandan jempolan saat  angkat senjata Beliau adalah Omar Al- ama, tapi Mokhtar. Seorang tokoh dan figur yang memiliki semangat juang pantang menyerah, intelektual, cerdas dan berdedikasi tinggi pada agamanya. Dilahirkan tahun 1861 di kota kecil di Libya bernama Zawia Janzour. Nama lengkapnya Omar al-Mokhtar Muhammad Farhat Abri dan Muhammad Mukmin Buhadimeh Abdullah. Beliau lahir dalam keadaan yatim piatu karena ayah dan ibunya meninggal dunia semasa dalam perjalanan ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji. Omar kecil mendapat pendidikan awal di desanya sebelum melanjutkan di peringkat menengah...

Read More

ROBOTIKA PERTAMA

Kalau ditanyakan, siapakah yang paling depan di dunia  robotika, mungkin hampir semua orang kompak menjawab:  KJepang! Nggak heran, sebab Jepang memang sudah banyak  menghasilkan robot-robot super canggih seperti Doraemon,  Astroboy, Gundam dan sebagainya. Hihi, itu mah anime dong. Di  dunia nyata, ASIMO, AIBO dan Wakamaru merupakan contoh  pencapaian Jepang di dunia robotika. Tapi tahukah kamu, ternyata  konsep robotika sudah ada sejak zaman baheula dan dipraktekkan  oleh para ilmuwan muslim sejak 1000 tahun yang lalu! Ciyus nih! Beberapa sumber menyatakan bahwa Leonardo da Vinci  yang hidup di abad 15 masehi sebagai pelopor robotika. Padahal  jauh sebelum da Vinci, telah ada...

Read More

KOPI OBAT KANTUK

Kalo anda ngantuk, obatnya pasti tidur. Tapi kalo ngantuk  sementara kerjaan masih numpuk, pastinya minum kopi buat  mengusir rasa kantuk. Tapi kalo udah nyeruput kopi tubruk,  kopi item, kopi luwak, dan suku bangsanya tapi mata masih ngantuk,  harus ada cara lain. Yup, kopi panasnya jangan diminum, tapi dipake  cuci muka, dijamin rasa kantuk hilang berganti lolongan yang  panjang. Heheheh…Don’t Try This At Home! Driser, bukannya kita mau ngajarin gak bener ya. Itu cuman  pariwara aja seputar kopi yang udah terkenal sebagai pengusir rasa  kantuk. Tahu dong rahasianya? Cedas! Jawabanya karna ada zat  kafein dalam kopi. Kafein atau kafeina adalah...

Read More

Fast Respond



Newsletter

Follow Us!

Ahza Bookstore