Assalamualaikum.

Sya mau bertanya. bagaiman sih cara kita untuk lebih berani mengingatkan teman2 kita atw org lain agar tidk lari atw melanggar dri syariat islam. soalnya kalo kita ngingatin teman biasanya dibilngin sok jdi ustad. trus klo ngingatin tman yg lbih tua sperti kk kelas pasti dibilangin sok menggurui.mohon solusinya. (Risaldy, kendari)

Wa’alaikumussalam Wr.Wb Dik Risaldy, Subhanallah, saya bangga atas kepedulian Adik mengingatkan teman yang melakukan kesalahan. Mengajak pada kebaikan menjadi bukti bahwa Kita benar-benar mencintai teman-teman Kita. Yang hakekatnya mereka adalah saudara Kita sesama muslim. Saat mengajak pada kebenaran berbagai respon akan Kita dapatkan. Diterima atau ditolak, bahkan bisa jadi diejek dan diledek.

Interaksi menyampaikan kebaikan lebih baik daripada keterdiaman Kita saat melihat kemaksiatan di depan mata. Pengemban dakwah yang berinteraksi dengan umat dan dakwah yang diam dan tidak melakukan interaksi (Al Hadist).

Dik Risaldy, Keberanian berdakwah mengajak kepada kebenaran Islam harus senantiasa dijaga. Memperjuangkan kebenaran akan berhadapan dengan hambatan, dan tantangan. Niat baik dibalas sikap sinis. Hal pertama yang harus selalu ada pada Kita sejak awal adalah meniatkan semata karena Allah ketika mengingatkan teman-teman, dan berlandaskan rasa sayang Kita yang tidak rela jika temanteman Kita bermaksiat. Kedua, cari waktu yang tepat untuk mengingatkan, serta sampaikan dengan cara yang baik. Pakailah kata-kata yang halus tanpa terkesan menggurui.

Ajak mereka berpikir untuk memahami apa yang Kita sampaikan. Sentuh perasaannya, tunjukkan bahwa Kita mengingatkan karena mencintainya. Ketiga, menyerahkan semuanya pada Allah atas hasilnya. Apakah teman Kita menerima dengan baik, atau sebaliknya. Selalulah berpikir positif, jadikan respon negatif teman sebagai ladang pahala bagi Kita. Karena tiada ucapan yang lebih baik daripada ucapan seseorang yang mendakwahkan Islam (QS Fushshilat : 33).

Sering-seringlah mengingat balasan Allah bagi siapa saja yang berdakwah. Siapa saja yang menyeru (manusia) pada petunjuk baginya pahala yang sama dengan pahala orang yang dia tunjukki itu (HR Muslim). Tidak lupa, iringi dengan do’a, semoga Allah melembutkan hati seseorang yang Kita ajak pada kebaikan.

Dik Risaldy, itu beberapa tips yang bisa dicoba. Tetap semangat dakwah. Semoga Allah SWT memudahkan. Allahumma amiin…