Agar tidak tomboy | Majalah Remaja Islam DRise
Monday, September 25th, 2017
Breaking News
You are here: Home >> Drise Online >> Agar tidak tomboy

Agar tidak tomboy




drise-online.com – Assalamu ‘alaikum Wr.Wb. Mbak, teman-teman bilang kalau sy anak tomboy coz kemana-mana sy selalu pakai celana seperti laki-laki. Kan sy pakai celana agar bisa bergerak cepat dan bisa ikut banyak aktifitas . Gimana ya Mbak?

(Dian, Pamekasan)

Wa’alaikumussalam Wr.Wb.

Dik Dian yang baik,

Allah SWT telah menciptakan manusia dengan sebaik-baik penciptaan. Dia menjadikan manusia berjenis laki-laki dan wanita berdasarkan kehendak-Nya. Tomboy adalah sebuah sikap anak perempuan yang bersifat seperti anak lelaki. Ciri-ciri anak tomboy diantaranya suka permainan yang biasa dimainkan oleh laki-laki, lebih suka berteman dengan laki-laki daripada wanita, dan biasa memakai pakaian kelaki-lakian.

Dik Dian yang baik,

Penyebab utama yang menjadikan seseorang tomboy adalah lingkungan dan pergaulan yang kurang memperhatikan kodrat awal penciptaannya. Misal, wanita yang sering bergaul dengan lelaki, atau seorang anak perempuan yang hidup di tengah-tengah keluarga yang mayoritas laki-laki. Ada juga yang lebih suka jadi tomboy dengan anggapan menjadi lelaki lebih enak daripada wanita. Innaa lillahi wa innaa ilaihi raaji’uun.

Dik Dian yang baik,

Islam melarang seseorang bersikap tomboy, karena ini usaha mengubah ciptaan Allah SWT. Rasulullah membenci orang-orang yang menyalahi kodrat penciptaannya “Rasulullah SAW melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR. al-Bukhari). Dalam hal berpakaian, Allah SWT telah menetapkan pakaian khusus bagi wanita muslimah yang berbeda dengan pakaian laki-laki. Pakaian wanita muslimah ketika keluar rumah adalah kerudung (QS An Nuur : 31) dan jilbab (QS Al Ahzab : 59). Kerudung merupakan kain penutup kepala, sedangkan jilbab adalah baju terusan yang longgar (sejenis jubah/gamis) yang dipakai di atas baju kesehariannya di rumah.

Dik Dian yang baik,

Meskipun Kita mengenakan jilbab dan kerudung, Kita tetap bisa bergerak cepat dan melakukan banyak aktifitas. Menggunakan jilbab dan kerudung bukan berarti akan membuat Kita menjadi lamban beraktifitas, sebab Allah SWT senantiasa memerintahkan Kita untuk bersegera dalam kebaikan. So, menjadi muslimah sejati dengan berjuta aktifitas bukan berarti menjadi tomboy kan? []

di muat di Majalah Remaja Islam Drise Edisi #40




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

fifteen − nine =