Majalahdrise.com – Kalau inget sama cincin batu akik, yang langsung kebayang pastilah wajah Tessy. Pelawak bernama asli Kabul dan suka berperan jadi wanita jadi-jadian bernama Tessy ini selalu terlihat memakai cincin batu akik. Nggak ada jarinya yang kosong, semuanya dipasangin cincin batu akik segede-gede gaban. Kalau dipake nonjok preman bakal lumayan babak belur juga tu preman.

Cincin batu akik sering kelihatan menghiasi jemari para pria dewasa. Tapi beberapa waktu belakangan ini, cincin batu akik mulai kelihatan ngetren di kalangan remaja pria. Cincin batu akik yang dulunya identik banget dengan aki-aki, kini sudah bergeser ke tengah-tengah anak muda. Itulah dia yang namanya tren, selalu bergeser dan selalu berubah.

Dari jaman dulu, batu mulia memang sudah mendapat perhatian dari banyak orang. Keberadaan batu mulia memang melambangkan banyak hal. Menurut Sosiolog Universitas Gadjah Mada Derajad S. Widhyharto, batu mulia menyimpan banyak pesan dan makna sosial yang cukup beragam. Antara lain sebagai perhiasan, pemberi kekuatan, tingkatan spiritualitas, daya mistis, penolak bala, pemberi ketenangan jiwa, maupun identitas kehidupan sosial lainnya. Anak muda yang sekarang ini lagi gandrung sama batu akik bukan hanya menggandrungi keindahannya saja, tetapi juga pesan dan makna sosial yang terkandung di dalam batu akik tersebut.

Batu mulia ini memang memiliki jenis dan warna. Selain jenis dan warna, dipercaya juga memiliki khasiat lho. Khasiat? Iya, khasiat. Kayak jamu aja punya khasiat. Misalnya, batu jenis Amber punya khasiat memancarkan daya tarik. Jenis Aquamarin bisa menyejukkan batin dan keluarga. Jenis Badar Tolo berkhasiat menjaga kerukunan. Badar Besi Merah berkhasiat menangkal sial dan tolak bala. Masih banyak lagi jenis-jenis batu akik yang lain dengan beragam khasiatnya.

Sebagai seorang muslim tentunya kita nggak boleh sembarangan dong ketika hendak melakukan sesuatu. Termasuk ketika berhubungan dengan batu akik ini. Kita harus tahu dulu bagaimana pandangan syariat Islam yang berkaitan dengan dunia ‘perbatuan’ ini. Rasulullah melarang kaum pria mengenakan perhiasan emas. Dengan kata lain kaum pria haram hukumnya memakai perhiasan emas. Kalau berkaitan dengan cincin, dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa Rasulullah memakai cincin perak. Hanya saja, cincin itu tidak dipakai sebagai perhiasan, melainkan sebagai stempel kenegaraan. Cincin stempel Rasulullah ini bertuliskan kalimat “Muhammad Rasulullah” dalam tiga baris kata. Ketika mengirimkan surat dakwah kepada para raja dan kaisar, beliau mencap surat tersebut dengan cincin itu.

Tentang cincin stempel ini, Ibnu Qoyyim memberikan penjelasan. Tatkala Rasulullah saw. hendak menulis surat kepada raja Romawi maka dikatakan kepadanya, “Sesungguhnya mereka tidak akan membaca suatu surat kecuali apabila dibubuhi tanda (stempel).” Maka beliau menjadikan cincinnya yang terbuat dari perak yang di atasnya terdapat ukiran terdiri dari tiga baris, Muhammad pada satu baris, Rasul pada satu baris, dan Allah pada satu baris, sebagai stempelnya. Beliau pun menyetempel surat-surat ang dikirimkan kepada para raja dengannya serta mengutus 6 orang pada satu hari di bulan Ramadhan tahun 7 H. (Zaadul Ma’ad, juz 1, hal 119-120).

Perhiasan berupa batu akik ini pun memang lebih utama untuk dihindari, karena kita bisa jatuh ke dalam kemusyrikan. Lihat aja, ternyata batu-batu itu dipercaya memiliki kekuatan-kekuatan mistik, dan semua ini bisa membawa kepada kemusyrikan. Padahal kan Allah swt. yang mengatur dan mempengaruhi kehidupan kita, bukannya batu.Tapi kan kita nggak percaya sama yang mistis-mistisnya? Ya tetap saja harus kita hindari karena memang mengenakannya nggak membawa faedah apa-apa, dan malah bisa jadi menggiring kita kepada kemusyrikan. Kalau nggak musyrik besar, ya musyrik kecil. Padahal semua musyrik itu berbahaya lho. Hati-hati ah! []

 

BOX:

Dibawah ini adalah beberapa nama jenis batu dan klaim khasiatnya oleh para dukun/paranormal:

AMBER= pemancar daya tarik
AMARICAN STAR= pesona dan daya tarik
AQUAMARIN= penyejuk batin dan keluarga
BADAR BESI MERAH =penangkal sial dan tolak bala
BATU AIR =kerukunan keluarga dan rejeki
BULU MACAN =wibawa kuat dan karir
FOSIL PATI LELEH = mengembalikan ilmu jahat
FOSIL STEGI = sedot racun serangga
GARNET =perbanyak relasi
GINGGANG =terhindar marabahaya
GIOK = kesejukan batin dan relasi
KENDIT = keutuhan rumah tangga
KOL BUNTET =anti santet
KRISTAL ALAM =tenaga prana dan inspiraso
MALAKIT =penguras stess
NAGASUI =membuka rintangan
ONGKO WULU=kelancaran bisnis
PASIR EMAS =kecantikan dan kesuburan
RUBY =wibawa dan percaya diri
SAFIR =optimis dan inisiatif
SAFIR KUNING = pesona dan daya tarik
SINERET =memutuskan kesialan
YINYANG =keseimbangan batin dan waspada
ZAMRUD =kesejukan batin dan suasana
ZIRCON =kejernihan pikiran

Kebayang deh, apa jadinya kalo kita akhirnya mulai meyakini khasiat yang terkandung dalam batu akik. Tanpa sadar, kita akan mengkeramatkannya dan akan selalu menghubung-hubungkan kejadian sehari-hari dengan batu akik. Kalo lagi bete bin mumet, obatnya pake cincin batu ZIRCON atau karena tampang pas-pasan kemana-mana pake cincin batu safir kuning biar banyak cewek yang kecantol. Hadeuh…hati-hati tuh. Bisa kepeleset perilaku syirik dengan menjadikan batu sebagai benda-keramat/jimat. Ingat Allah cuy! Hanya DIA yang bisa bikin hidup kita tenang dunia akhirat. Bukan batu cincin ciin…![]

di Muat Di Majalah Remaja Islam Drise Edisi #42