What it is muslimah 3 C ? Muslimah 3 C adalah segala  sosok yang di definisikan sangat indah dan menjadi  Wsebuah perbincangan di tengah-tengah komunitas  perempuan yang merindu. Muslimah 3 C adalah sesuatu yang dapat dirasakan seripan-seripan kerenyahannya, bermuara pada satu rasa dan perasaan  tentang perempuan muslim.

 

Muslimah 3 C adalah sebuah tempat persinggahan,  himpunan tiap bait-bait yang tertata rapi namun tak ada dusta,  tidak banyak rahasia, namun simpan sejuta makna. Jika muslimah tidak istimewa, buat apa ia memiliki 3 C. Jika  muslimah tidaklah 3 C, kelamlah dunia, maka punahlah dunia. Mungkin sudah menjadi sebuah pertanyaan besar bagi kalian  semua.

 

Dari tadi udah ngomogin muslimah 3 C, tapi maksudnya  apa? Muslimah 3 C (di baca : Tree Shi), terdiri dari 3 sifat yang  harus di miliki oleh seorang perempuan muslim agar bisa menjadi  muslimah yang amazing hingga bergelar muslimah 3 C.. sesuatu  yang mampu membuat perempuan muslim menjadi istimewa,  bahkan menjadi sosok yang elegan, penuh pesona, dihargai dan  dihormati. Bukan di lecehkan dan akhirnya dicampakkan. Untuk  menjadi muslimah 3 C sangatlah mudah, tak membutuhkan biaya  mahal, hanya cukup dengan memahami hakikat dari 3 C dan mau  mengaplikasikan serta menjadikan 3 C sebagai acuan dalam  melakoni peran sebagai perempuan muslim.

 

Muslimah 3 C :  C pertama, C dari kata Cerdas..

Muslimah yang cerdas adalah  muslimah yang dia mengambil Islam sebagai jalan hidupnya,  menjadikan Allah, Rasulullah, dan dakwah sebagai cinta  tertingginya. Karena baginya dunia hanyalah tempat persinggahan  dan melenakan, sementara dan terbatas.  “Kehidupan dunia itu  tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan (ghurur)”  (TQS. Ali Imran : 185) Dia cerdas dalam mengambil setiap keputusan di dalam  hidupnya, yang selalu ia sandarkan pada halal dan haram. Karena  baginya hitam adalah hitam, putih adalah putih tak ada daerah  abu-abu kecuali yang ingin mengaburkannya.. dan ia tidak akan  lakukan hal itu karena mengaburkan sesuatu maka murka Allah  yang akan di dapat jadi ia akan berpikir cerdas.

 

Dia menutup  auratnya secara kaffah menggenakan jilbab dan kerudung,  menundukkan pandangannya, bahkan dia memberikan lebel pada  dirinya “anti pacaran”, dialah muslimah cerdas yang mengambil  Islam secara kaffah. Memenuhi seruan Allah :   “Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam  Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu”.  (TQS. Al Baqarah : 208)

 

C kedua, C dari kata Cantik.. Berbicara tentang kecantikan,  cantik itu relatif tergantung dari sudut pandang orang yang  bersangkutan. Tapi hakikatnya, muslimah yang Cantik adalah  muslimah yang dia menghiasi dirinya dengan kepribadian Islam. Ia  bagai bidadari bumi yang membuat para bidadari di Surga cemburu  padanya atas kepribadiannya yang luar biasa.  Rasulullah bersabda : “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik- baiknya perhiasan adalah wanita sholehah” (HR. Muslim).  Dialah qudlah, taulan bagi orang disekitarnya..  Kecantikan yang berasal dari kepribadiannya, menjaga  kehormatannya sebagai seorang istri, anak dan perempuan  muslim, berakhlak baik cermin atas segala ketaatan dan  ketundukkannya pada syariat Allah. C ketiga, C dari kata Ceria.. Muslimah yang ceria adalah  muslimah yang ia senantiasa bersyukur atas apa yang telah  diberikan oleh Allah swt. Wajahnya selalu dihiasi oleh senyum  manis meski ia merasakan sakit dan derita. Ia bersabar dalam  hal itu.

 

Ia selalu menarik bibirnya 2 cm ke kiri dan 2 cm ke  kanan.. Ia senantiasa tersenyum setiap bertemu dengan  saudaranya, meski ia punya segudang masalah, namun ia  sadari bahwa itu adalah sesuatu yang membuat hidupnya  berwarna dan mendewasakannya. Hingga Ia menikmati itu  semua dan bersyukur atas itu semua karena ia sadari ia punya  Allah. Muslimah 3 C menjadi lebih istimewa ketika ia  mengaplikasikan hal itu dalam setiap aktivitas kehidupannya,  dan menyadari bahwa hanya satu motivasi yang ada, yaitu  Allah.

 

Adapun motivasi lainnya harus dalam rangka “karena  dan untuk” meraih ridho ALLAH hingga ia benar-benar  menjadi muslimah 3 C. Yuq qt sama-sama berupaya menjadi  lebih baik.. Keep our spirit !!! [ch]

Di muat di majalah drise edisi 20