Assalamu’alaikm.wr.wb..slm knal bwt driser  smua. sy mo nNya tntg akhwat,sbnar.a bleh  tdk ktka brenang memakai krudung??krna  ad yg blng bleh,ad jg blng tdk bleh..mhon  pnjelsan sngkt.a  y..syukron.!n,n  _hamba  ALLAH dr SMKN 2 sukabumi

Saudaraku yang yang taat kepada  Allah,  Kolam renang saat ini dan pemandian  umum faktanya adalah sama. Maka hukum  keduanyapun dianggap sama. Rasulullah  saw. Pernah bersabda: “Siapa yang beriman kepada Allah dan  hari akhir, janganlah ia masuk ke kamar  mandi (umum) kecuali dengan mengenakan  kain penutup tubuh.” Diriwayatkan oleh An-Nasa`i dan Al-Hakim, ia menshahihkannya di  atas syarat Muslim, dan hadits ini memiliki  syawahid (pendukung).

Para wanita juga terlarang masuk ke  tempat pemandian umum. Ummul  Mukminin Aisyah radhiyallahu ‘anha pernah  berkata kepada para wanita yang biasa  masuk ke tempat pemandian umum: “Apakah kalian ini yang biasa  membiarkan wanita-wanita kalian  masuk ke tempat pemandian (umum)?  Aku pernah mendengar Rasulullah  Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:  ‘Tidak ada seorang wanita pun yang  melepas pakaiannya (tanpa busana) di  selain rumah suaminya melainkan ia  telah mengoyak penutup antara dia  dan Rabbnya.”

Diriwayatkan oleh  Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu  Majah, Al-Hakim, dan ia  menshahihkannya di atas syarat  Syaikhain (Al-Bukhari dan Muslim) dan  Adz-Dzahabi menyepakatinya. Dalam Musnad Al-Imam Ahmad yang  dihasankan sanadnya oleh Al-Hafizh Ibnu Katsir  rahimahullahu disebutkan bahwa ‘Umar ibnul  Khaththab radhiyallahu ‘anhu berkata, “Wahai  sekalian manusia, sungguh aku pernah mendengar  Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:  “Siapa yang beriman kepada Allah dan hari  akhir, janganlah dia duduk di meja hidangan yang  diedarkan di atasnya khamr. Siapa yang beriman  kepada Allah dan hari akhir, janganlah ia masuk ke  kamar mandi (tempat pemandian umum) kecuali  dengan memakai kain penutup tubuh. Siapa (di  antara kaum wanita) yang beriman kepada Allah  dan hari akhir maka janganlah ia masuk ke kamar  mandi (tempat pemandian umum).”

Dari nash-nash di atas dapat difahami bahwa  wanita yang masuk kolam renang harus menutup  auratnya termasuk di dalamnya harus menggunakan  kerudung. Berbeda halnya jika kolam renangnya  milik sendiri, maka berlaku pula hukum seperti  kamar mandi sendiri yang membolehkannya untuk  tidak menggunakan kerudung. Wallahu a’lam[]