Islamic Book Fair terbesar di Jakarta kembali menyapa para  pecinta buku. Tahun 2013 menjadi agenda penyelengaraan ke-I12 pesta buku tahunan yang selalu penuh kejutan. Gimana  nggak, IBF kali ini pun menyemarakkan semangat dunia  perbukuan dengan membanting harga dengan diskon hingga 70%!   Belum lagi kehadiran banyak penulis dan pembicara yang sudah  malang melintang di dunia perbukuan dan pastinya tak lagi  diragukan kemampuannya. Wajar kalo IBF 2013 bikin ngiler  redaksi D’Rise tuk mampir.

Go! IBF 2013 yang bertempat di Stadion Gelora Bung Karno,  Istora Senayan Jakarta lebih besar dari IBF yang terjadi di kota-kota lain. Waw oh waw, ramainya ampun-ampunan deh. Saat  melewati pintu masuk saja, kerumunan orang membuat  pengunjung begitu susah untuk berjalan. Di kanan kiri stand-stand  menyambut, mengiring langkah dan pemandangan pengunjung  hingga memasuki panggung utama.

How crowded, SubhanALLAH! Lebih Semarak Dari Konser Tak ada suara musik yang berarti. Entah panitianya  perhatian terhadap hal itu atau tidak, tapi yang jelas, panggung  utama digilai para pengunjung saat Ustadz Felix Siauw menguasai  acara bedah buku terbarunya, “#UdahPutusinAja! (UPA)” pada  pukul 11 tepat. Menarik. Karena beberapa menit sebelum beliau  naik panggung, banyak sekali pengunjung yang sudah bersiap  duduk manis untuk mendengar penuturan beliau tentang segala  hal kontroversial tentang dunia pacaran. Canggih benar memang  Ustadz bermata sipit yang satu ini.

Mungkin sedari rumah  sebelum berangkat, sarapan magnet dulu kali ya, hehehe.. Joudan  desu (just joke), peace! Satu per satu baik ikhwan mau pun  akhwat yang baru datang dan kecewa tak kebagian tempat duduk  rela ngampar, bersila di depan panggung. Sungguh antusiasme yang patut disyukuri. Biar lebih afdhol,  redaksi sempat nodong salah satu pengunjung yang ngetem  depan panggung. Mahasiswi Psikologi UIN Jakarta, Nisaul-begitu ia  biasa dipanggil-cewek manis berkacamata ini mengaku memang  sudah meniatkan diri untuk hadir di acara bedah buku Ustadz  Felix,

“Mizan ngasih tau Ahad lalu (tanggal 3,) pas aku mau beli  buku UPA. Katanya hari ini akan ada bedah buku UPA. Makanya  aku bela-belain datang sekarang cuma mau lihat ini. Ngena  bangeeet bedah bukunya. Penyampaian materinya enak. Cocok  buat semua kalangan!”

 tuturnya dengan sipu dan gebu yang tak  bisa disembunyikan. Bukan hanya ramai. Kualitas bedah buku Ustadz Felix Siauw  memang lain dari yang lain. Entah sudah berapa banyak orang  yang memutuskan pacarnya setelah membaca buku beliau,  barakALLAH! Beliau bilang, beliau begitu prihatin dengan  banyaknya perempuan yang menggadaikan dirinya demi seorang  lelaki yang sebenarnya secara mental dan pemikiran sangat  menyedihkan. Data yang Ustadz Felix sampaikan, 94% orang  pacaran pasti putus. 6%nya? Nikah karena kecelakaan (hamil di  luar nikah). Miris kan? Istighfar.

Ustadz Felix bilang, “Makanya  kenapa buku saya ini berjudul Udah Putusin Aja!, bukannya Udah  Nikahin Aja. Karena memang dimana-mana orang pacaran itu  nggak ada kesiapan dan persiapan untuk menikah. Karena kalau  orang yang siap pasti bukan pacaran tetapi menikah. Jadi  mending, putusin, pantaskan diri dulu, ketahui hal yang benar  dalam Islam seperti apa, bagaimana menjadi seorang pemimpin  yang baik di dalam Islam, yang perempuan juga belajar masak  dulu, kalau siap, baru menikah.”

Yosh! Ini memang bedah buku spektakuler. Lebih ranggi dari  konser deh! Karena selain provokasi untuk putus, Ustadz Felix juga  menjernihkan paradigma tentang sebuah pernikahan. Ada sebuah  konsep yang beliau namakan, unreasonable fear (ketakutan yang  belum pasti di masa depan) pada orang yang ingin menikah.  Contoh, takut miskin sebelum nikah, padahal itu belum terjadi.  Padahal harusnya yang paling ditakutkan adalah saat berpacaran  kemudian kehilangan segala-galanya (kehormatan dan kemuliaan).  Jadi, jika memang bertekad mau menikah, jangan takutkan apa  pun. Wuih, merinding deh. JLEB abis! Menurut catatan, selama seminggu penjualan buku UPA  mencapai 10.000 copy.

D’Rise ikut mendo’akan, semoga buku UPA  benar-benar sangat menginspirasi dan penuh dengan keberkahan.  Sungguh apresiatif juga dengan tampilan yang disajikan secara  menarik oleh designer ideologis sekaligus Ibu Rumah Tangga,  Emeralda Noor Achni. Untuk ketahui ulasan buku UPA, D’Riser  silahkan lihat rubrik recommended ya, untuk lebih mengenal lebih  dalam?! So, salam JOSH, ah! JOmblo Sampai Halal! Hehehe.  Karena, seperti kata Ustadz Felix Siauw, kita harus jaga diri kita  dengan ta’at pada ALLAH. Menyendirinya kita saat ini karena ta’at  pada ALLAH, bukan karena tidak laku. Percayalah, orang baik pasti  akan berjodoh dengan orang baik juga. Sholehkan diri. Hmm! []

 “Bukan tidak adanya jodoh yang harus kita  takutkan. Melainkan kehilangan kehormatan  dan kemuliaan diri yang seharusnya kita  takutkan.” [Felix Siauw]