Category: Amazing Islam

Shalahudin Yang Welas Asih

Cerita kita berawal di prancis pada abad pertengahan tepatnya pada tahun 1095. Pada bulan November 1095, Paus Urbanus II menyampaikan khotbahnya di Konsili Clermont, di harapan para kesatria, petani, dan pendeta. Paus berkata bahwa nggak sepantasnya tanah suci Jerusalem itu dikuasai oleh orang Islam. Yesus hidup dan disalib di sana, terdapat banyak situs bersejarah dan suci bagi orang Kristen di kota itu, tetapi kenapa Jerusalem berada di bawah kontrol orang Islam? Karena itulah Paus menyerukan agar semua raja, kesatria, dan pangeran di seluruh Eropa menghentikan seluruh perselisihan di antara mereka dan menyatukan kekuatan untuk merebut kembali tanah suci Jerusalem...

Read More

IBNU KHALDUN : bapak sosiologi tulen

dalam buku pelajaran Sosiologi kita  akan sangat akrab degan nama  DAgust Comte dia adalah bapak  sosiologi. Salah satu ilmu yang membahas  tentang ke masyarakatan. Tapi tunggu  dulu, tahukah Driser bahwa ada tokoh  islam yang lebih layak di pangil bapak  sosiologi? Karena karyanya lebih awal  tentang teori sosiologi. Beliau adalahh  Ibnu Khaldum.  Nama lengkapnya Abdurahman Bin  Muhammad yang secara umum di kenal  sebagai Ibnu Khaldun. Karena hubungan  famili sedikit. Orang tuanya, sebenarnya  orang Arab keturunan Yaman, telah tinggal  lama di Spayol, tetapi setelah kejatuhan  Sevilla, ia pindah ke Tunisia. Ia di lahirkan  di Tunisia pada tahun 1332 M. Ketika  masih...

Read More

INDAHNYA PERSAHABATAN

Majalahdrise.com – Ada begitu banyak kisah persahabatan di dunia ini, namun kisah persahabatan antara Rasulullaah dan Abu BakarAsh-Siddiq, tak pernah lekang oleh waktu. Persahabatan yang dibangun karena Allaah, satu dan yang lainnya saling mempercayai dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Diceritakan bahwa saat hijrah tiba, Rasulullah segera mendatangi Abu Bakar dan mengabarkan bahwa waktu hijrah telah tiba untuk mereka. Aisyah RA yang saat itu berada di rumah Abu Bakar mengatakan “saat kami sedang berada di rumah Abu Bakar, ada seorang yang mengabarkan kepada Abu Bakar kedatangan Rasulullah dengan menggunakan cadar (penutup muka), beliau datang pada waktu yang tak biasa. Kemudian...

Read More

Ketika Aib Dikomersilkan

Majalahdrise.com – Pada zaman Nabi Musa ‘alaihis salam, bani Israel ditimpa musim kemarau yang berkepanjangan. Mereka pun berkumpul mendatangi Nabi Musa. Mereka berkata, “Ya Kaliimallah, berdoalah kepada Rabbmu agar Dia menurunkan hujan kepada kami”.Maka berangkatlah Musa AS bersama kaumnya menuju padang pasir yang luas. Waktu itu mereka berjumlah lebih dari 70 ribu orang. Mulailah mereka berdoa dengan keadaan yang lusuh dan kumuh penuh debu, haus dan lapar. Nabi Musa berdoa, “Ilaahi! Asqinaa ghaitsak…. Wansyur ‘alaina rahmatak… warhamnaa bil athfaal ar rudhdha’… wal bahaaim ar rutta’… wal masyaayikh ar rukka’…..” Setelah itu langit tetap saja terang benderang… matahari pun bersinar...

Read More

PEMIMPIN DAMBAAN

Majalahdrise.com – Harapan kita sebagai rakyat emang  gak muluk-muluk lho ya. Asal  pemimpin bisa melindungi kita2,  hidup sejahtera aman sentosah, itu udah  lebih dari cukup. Tapi, Biar kata orangnya  merakyat, kalau sistemnya gak kondusif, ya  tetep aja kesejahteraan rakyat cuman   mimpi di siang bolong.  Tapi kalo pemimpin yang satu ini,  insya Allah nggak bikin penonton eh  penduduknya kecewa. Adalah Sulthan  Abdul Hamid II namanya. Beliau  mengemban amanah dengan memimpin  sebuah negara adidaya yang luasnya  membentang dari timur dan barat. Di  tengah situasi negara yang genting dan  kritis. Termasuk upaya  kaum Yahudi untuk  mendapatkan tempat permanen di tanah  Palestina yang...

Read More