Category: Amazing Islam

LENTERA ILMU

Majalahdrise.com – ilmu adalah cahaya kehidupan, tanpanya  dunia akan menjadi gulita. Ya iyalah  gulita, secara, cahayanya gak ada . Nah,  karena ilmu adalah sumber cahaya, maka  wajar dong kalau menjaga dan mencari  ilmu adalah sesuatu yang kudu bin penting  untuk dilakukan. Kalau kita malas nyari  ilmu, udah jelas alamat gulita yang bakal  kita dapat. Kalau gak mau kita terus-terusan  bergelap-gelapan,maka alaminya, kita kudu  nyari lentera buat nerangin kehidupan. Dan  lentera itu adalah : ilmu. Inget sob, ILMU.  Catet! Adalah Ibnu Abbas (anak paman  Rasulullah yakni Abbas). ibnu Abbas  merupakan sosok yang sangat banyak  menimba ilmu dari para sahabat yang...

Read More

Kisah Indah Ibnu Hajar dengan Seorang Yahudi

Majalahdrise.com – Nama lengkapnya Ahmad bin  Ali bin Muhammad bin  Muhammad bin Ali bin  Mahmud bin Ahmad binHajar Al Kinani  Al Asqalani. Ia lahir, tinggal dan  meninggal dunia di Mesir. Ia adalah  penganut madzhab Syafi’I yang dikenal  sebagai seorang hakim agung (Qadhi  Qudhat) dan ulama besar Islam. Murid beliau, Syaikh Ibnu Taghri  Burdi mengatakan, bahwa Ibnu Hajar  adalah orang yang memiliki dedikasi  tinggi, berwibawa, bersahaja, cerdas,  bijaksana, dan pandai bergaul. ” Syaikh  Al Biqa’i -muridnya juga- berkata, “Ibnu Hajar adalah orang yang memiliki  pemahaman dan hafalan yang luar  biasa, sehingga memungkinkan untuk  mencapai derajat kasyaf, yang dapat  menyingkap sesuatu...

Read More

Idul Fitri ala Rasulullah

Majalahdrise.com – Siapa sih yang nggak seneng sama Idul Fitri? Hari besar yang dirayakan setiap tanggal 1 Syawal ini emang ditunggu-tunggu banget. Secara karena ini adalah hari kemenangan bagi kita semua yang udah berjuang menunaikan ibadah shaum Ramadhan selama sebulan, ada banyak makanan, kue, dan hal-hal seru lainnya. Satu hal yang juga ditunggu adalah bagi-bagi duitnya. Pasti ini nih yang juga kamu tunggu-tunggu, hayo ngaku! Hehehe. Buat kita yang masih usia sekolah tentunya bakalan punya banyak duit karena biasanya sodara-sodara bakal bagi-bagi duit. Hanya saja tradisi bagi-bagi duit ini nggak bisa disamakan dengan angpao dan nggak boleh juga disebut...

Read More

Musailamah Si Nabi Palsu

Majalahdrise.com – Beberapa nabi memiliki mukjizat untuk membuktikan kebenaran kenabiannya. Mukjizat inilah yang nantinya akan ia tunjukkan kepada umatnya. Mukjizat ini akan melemahkan setiap argumentasi yang menyerangnya dan akan mengalahkan semuanya. Karena mukjizat itu asalnya murni dari Allah swt., pastinya akan menakjubkan dan mengguncang banget. Nabi Musa punya mukjizat membelah Laut Merah, tongkatnya jadi ular, dan tangannya bisa mengeluarkan cahaya putih yang menyilaukan. Nabi Isa bisa menghidupkan orang mati, menyembuhkan penyakit lepra, bikin orang buta jadi melek lagi, dan bisa bikin burung dari tanah liat berubah jadi burung beneran. Nabi Sulaiman bisa menundukkan jin dan angin, kekayaannya juga luar...

Read More

Islam Agama Barbar? No Way!

Majalahdrise.com – Ada orang-orang yang nuduh Islam sebagai agama yang barbar, nggak beradab, dan nggak berperikemanusiaan. Mereka nuduh kayak gitu karena –katanya- Islam disebarkan dengan pedang dan peperangan. Katanya lagi, Islam nggak kenal kompromi, siapa yang nggak mau masuk Islam pasti bakal langsung ditebas pake pedang. Apakah tuduhan-tuduhan ini benar? Yuk kita lihat apa yang terjadi pada peristiwa Perang Salib. Perang Salib berawal dari sebuah khutbah dari Paus Urbanus II pada tanggal 25 November 1095 di Konsili Clermont. Pada pertemuan itu, di hadapan para kesatria, pendeta, dan orang-orang miskin, Paus menyerukan perang suci untuk melawan kaum Muslim. Paus mengatakan...

Read More

Fast Respond