Category: Tafakoor

Hormon Silent Employee

Driser, ketika saat kamu  membaca tulisan ini, ternyata  ada jutaan kegiatan yang  D berlangsung di dalam tubuh kamu.  Beneran lho. Kita bisa terawang dengan  kekuatan supranatural. Wkwkwkwk…  bohong ding. Yang bener, emang selagi  kita masiih hidup ada perhitungan  kebutuhan setiap sel di setiap bagian  tubuh dan penentuan fungsi yang harus  dijalankan tiap-tiap sel. Yup, setiap sel dalam tubuh kita saling  berkomunikasi apa yang mereka butuhkkan dan apa yang harus  mereka kerjakan.  Emang sih kita gak bisa bayangin gimana tuh sel  berkomunikasi. Yang pasti, setiap detik sel-sel dalam tubuh kita  bekerja tanpa jeda. Misalnya, yang membuat Anda dapat  membaca tulisan...

Read More

Badai Matahari

Isu badai matahari pada awal Januari 2012 silam cukup menyita  perhatian publik. Ini bukan persoalan sepele. Karena  bercermin pada kejadian dulu, tak ayal dampak badai matahari  I sampai ke bumi dan mengganggu jaringan interkoneksi. Dari  sambungan telegraph tahun 1859 (peristiwa Carrington Event)  hingga gangguan navigasi penerbangan pesawat.  Menurut peneliti matahari, dari Lembaga Penerbangan dan  Antariksa Nasional (Lapan) Bandung, Clara Yono Yatini, badai  matahari yang terjadi Senin sore, 23 Januari 2012, termasuk tipe  II. “Tipe itu menandakan adanya gelombang kejut karena ada  partikel matahari yang meloncat,” katanya, Rabu, 25 Januari 2012.   Dari hasil pengamatan Lapan, dampak badai itu sudah...

Read More

BATU HITAM BERCAHAYA

hajar Aswad kayanya bagian Ka’bah yang paling populer dan  menyedot banyak perhatian, khususnya pada puncak ibadah haji.  Bayangin aja, jamaah haji yang berduyun-duyun tawaf di sekeliling  H ka’bah berlomba-lomba agar bis mendekati Hajar Aswad dan menciumnya.   Ada yang berhasil, tapi tak sedikit yang tersingkir. Untung-untungan gitu  deh. Ampe segitunya jamaah haji rebutan mencium Hajar Aswad alias batu  hitam. Emang apa keistimewaannya?  Dari Ibnu Abbas ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, Hajar Aswad  turun dari surga berwarna lebih putih dari susu lalu berubah warnanya jadi  hitam akibat dosa-dosa bani Adam. Dan konon cahayanya bisa menerangi  seluruh zajirah Arab. Subhanallah! Hajar...

Read More

KATAK SI PERAMAL HUJAN

Kodok (bahasa Inggris: frog) dan katak alias bangkong (b. Inggris:  toad) adalah hewan amfibia yang dikenal sebagai salah satu  Khewan yang bisa meramalkan datangnya hujan. Kodok dan katak  kawin pada waktu-waktu tertentu, misalnya pada saat bulan mati atau  ketika menjelang hujan. Saat itu kodok-kodok jantan akan bersuara  nyaring untuk memanggil betinanya, dari tepian atau tengah perairan.  Beberapa jenisnya, seperti kodok tegalan (Fejervarya limnocharis) dan  kintel lekat alias belentung (Kaloula baleata), kerap membentuk ‘grup  nyanyi’, (bukan berarti membentuk boyband lho!). Beberapa katak  jantan berkumpul berdekatan dan berbunyi bersahut-sahutan. Suara  keras kodok dihasilkan oleh kantung suara yang terletak di sekitar  lehernya,...

Read More

Keliling Dunia Bersama Ibnu Batutah

ada yang pernah nonton film Jackie chan yang judulnya  Around the World in 80 days? Film yang diambil dari buku  karangan Jules Verne tahun 1873 ini menceritakan  A seorang Phileas Fogg yang bertaruh uang sebesar £20.000  dengan kawan-kawannya di Klub Reform, London. Doi bilang ia  bisa mengelilingi dunia dalam tempo 80 hari! Dan ternyata, bisa!  Seru ya bisa keliling dunia kaya Phileas Fogg. Tapi lebih asyik lagi  kalo kita keliling dunianya dengan Ibnu Batutah. Eits, siapa nih? Nama lengkapnya adalah Abu Abdullah Muhammad bin  Abdullah Al-Lawati Al-Tanji adalah seorang pengembara  (traveler), petualang (adventurer), dan pengamat (observer) yang  membuat catatan...

Read More

Fast Respond



Newsletter

Follow Us!