Category: Tafakoor

Komet Tanda Kiamat?

drise-online.com – Di jaman kiwari (jaman dulu) kemunculan komet sering dianggap sebagai penyampaian pesan dari langit sehingga dijadikan sebuah mitos. Bangsa Babilonia mentafsirkan komet adalah objek langit yang kehadirannya menyebarkan rasa takut seperti dalam film ‘Epic of Gilgamesh’ yang di dalamnya mendeskripsikan kehadiran api dan banjir yang menyertai kehadiran komet di angkasa Bumi. Bangsa Mongolia kuno juga menyebut komet sebagai “saudara perempuan iblis” yang memberi peringatan tentang kehancuran, badai, dan musim dingin yang membeku ketika objek ini mendekati Bumi. Padahal secara ilmiah, komet adalah ‘hanyalah’ benda tata surya kecil yang mengelilingi matahari. Pada saat mendekati matahari, komet menghasilkan atmosfir...

Read More

MERAPI Dan MITOS Religi

drise-online.com – Indonesia di gemparkan dengan letusan Gunung Merapi. Gunung yang terletak di tengah pulau Jawa ini adalah gunung teraktif yang menurut catatan modern erupsi (puncak keaktifan) keaktifannya bisa dua sampai lima tahun sekali. Walaupun pernah meletus 68 kali sejak tahun 1548 tapi letusan di bulan Oktober 2010 kemarin termasuk yang banyak menelan korban terutama akibat terkena wedhus gembel. Wedhus gembel secara harfiah berarti kambing berbulu lebat. Tapi, bukan berarti letusan gunung merapi ngeluarin kambing-kambing berbulu lebat lho. Tepatnya, wedhus gembel yang dimaksud adalah awan panas dengan suhu bisa mencapai 600 hingga 1.100 derajat celcius yang menyertai letusan gunung...

Read More

Datang Bulan Bikin Gak Nyaman

Anak cowok gak usah ngiri ya ngeliat remaja putri absen sholat 5 waktu atau nggak puasa Ramadhan. Meski keliatannya enak, padahal mereka lagi kurang nyaman. Lantaran kedatangan tamu bulanan yang nggak bisa dihindari tapi terkadang memancing emosi. Tahu dong siapa tamnya? Yup, mestruasi alias haid yang datang setiap bulan menyambangi remaji. Akar kata haid dari kalimat (ﺤﺎﺾ ﻴﺤﺾ) yang menurut bahasa artinya mengalir. Menurut hukum Islam, pengertian haid adalah darah yang keluar dari kemaluan seorang wanita, dari dalam rahimnya secara sehat bukan dalam keadaan sakit dan juga bukan karena melahirkan. Sedang Menurut medis: terlepasnya jaringan epitel endometrium akibat pengaruh...

Read More

Badai Matahari, Hati-Hati!

[DRise-#029] Isu badai matahari pada awal Januari 2012 silam cukup menyita perhatian publik. Ini bukan persoalan sepele. Karena bercermin pada kejadian dulu, tak ayal dampak badai matahari sampai ke bumi dan mengganggu jaringan interkoneksi. Dari sambungan telegraph tahun 1859 (peristiwa Carrington Event) hingga gangguan navigasi penerbangan pesawat. Menurut peneliti matahari, dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Bandung, Clara Yono Yatini, badai matahari yang terjadi Senin sore, 23 Januari 2012, termasuk tipe II. “Tipe itu menandakan adanya gelombang kejut karena ada partikel matahari yang meloncat,” katanya, Rabu, 25 Januari 2012. Dari hasil pengamatan Lapan, dampak badai itu sudah sampai...

Read More

Hormon: Silent Employee

[Drise-#029] Driser, ketika saat kamu membaca tulisan ini, ternyata ada jutaan kegiatan yang berlangsung di dalam tubuh kaumu. Beneran lho. Kita bisa terawang dengan kekuatan supranatural. Wkwkwkwk… bohong ding. Yang bener, emang selagi kita masiih hidup ada perhitungan kebutuhan setiap sel di setiap bagian tubuh dan penentuan fungsi yang harus dijalankan tiap-tiap sel. Yup, setiap sel dalam tubuh kita saling berkomunikasi apa yang mereka butuhkkan dan apa yang harus mereka kerjakan. Emang sih kita gak bisa bayangin gimana tuh sel berkomunikasi. Yang pasti, setiap detik sel-sel dalam tubuh kita bekerja tanpa jeda. Misalnya, yang membuat Anda dapat membaca tulisan...

Read More

Fast Respond



Newsletter

Follow Us!