0858.11477.1511 The Most Archives - MajalahDrise.Com
Monday, September 25th, 2017
Breaking News
You are here: Home >> The Most

Category Archives: The Most

BLACK DEATH: THE GREATEST PLAGUE

Majalahdrise.com – Pada abad ke 14 Masehi, dunia dihantam suatu wabah penyakit terbesar dalam sejarah peradaban manusia. Wabah mengerikan itu menyebar di sebagian wilayah Asia termasuk di Timur Tengah, namun, wilayah yang menderita paling parah adalah di Eropa. Puncak wabah terjadi tahun 1347-1351 yang memusnahkan 2/3 penduduk Eropa, dan terus berulang selama puluhan tahun hingga korban wabah ini mencapai 100 ... Read More »

KARPET PALING JETSET

Majalahdrise.com – Pernah dengan kisah Aladin dan Karpet Terbang? Ini kejadiannya di Timur Tengah. Makanya yang dipake karpet. Kalo ceritanya di Indonesia, mungkin diganti tiker atau spanduk terbang. Hehehe… Dari dulu, karpet sudah menjadi ikon Timur Tengah. Karpet memang eksotik dan artistik! Walaupun bukan berasal dari Islam, tapi peradaban berperan besar dalam mengembangkan dan mempopulerkan penggunaan karpet, sehingga furniture yang ... Read More »

DIRTIEST PEOPLE (Tahukah D’Riser zat berbahaya yang dimaksud?)

Majalahdrise.com – Pada abad  16 sampai  18 Masehi,  di tengah-tengah  masyarakat benua  Eropa menyebar ketakutan terhadap suatu  zat yang konon sangat berbahaya bagi  tubuh. Ambroise Pare, tabib raja-raja  Perancis, pada tahun 1568 memperingatkan  masyarakat akan bahaya zat tersebut, yaitu  “bisa membuat badan jadi lembek dan  membuka pori-pori kulit, sehingga bisa  menyebabkan berbagai uap yang berbahaya  memasuki tubuh, yang bisa mengakibatkan ... Read More »

PIRI REIS, THE GENIUS CARTOGRAPHIST

Majalahdrise.com – Piri Reis adalah seorang admiral,  sekaligus geografer dan kartografer  (pembuat peta) yang hidup di abad  16 Masehi, pada masa pemerintahan Sultan  Salim I dan Sulaiman al-Qanuni dari  Khilafah Utsmaniyah. Piri Reis dikenal  berkat buku panduan navigasi (Kitab-i  Bahriye) dan peta dunia buatannya, yang  tergolong detail dan dianggap paling akurat  pada zamannya. Saking akurat dan  miripnya dengan peta modern, ... Read More »

The First chemists

majalahdrise.com – Alkimia (alchemy) diperkirakan lahir di  daerah Cina, pada abad ke 4  sebelum Masehi, yang tujuan  utamanya yaitu membuat ramuan yang  bisa memperpanjang usia. Nggak heran,  praktek kimia kuno ini diliputi dengan sihir  dan takhayul. Pada periode awal ini, ide-ide  dan resep-resep alkimia terinspirasi dari  sains Yunani kuno, agama-agama pagan,  dongeng-dongeng, serta berhubungan  dengan astrologi dan  klenik. Teori-teori yang ... Read More »

KITAB PALING OTENTIK 2

Majalahdrise.com – Imam Jalaluddin al-Sayuti menjelaskan  bahwa mukjizat itu adalah “Suatu hal atau  peristiwa luar biasa yang disertai  tantangan dan selamat (tidak ada yang  sanggup) menjawab tantangan tersebut”.   Walid bin al-Mughirah, dedengkot  kafir Quraisy pun mengakui keindahan Al-Qur’an; “Demi Allah, sungguh aku baru saja  mendengar dari Muhammad suatu  perkataan yang bukan merupakan  perkataan manusia maupun jin. Sungguh ia  berasa manis ... Read More »

KITAB PALING OTENTIK

Majalahdrise.com – Beberapa waktu yang lalu dunia  sempat dihebohkan dengan  ditemukannya salinan Al-Qur’an  tertua di universitas Birmingham, Inggris.  Berdasarkan penelitian radiokarbon,  perkamen tersebut diperkirakan berusia  1370 tahun. Menurut peneliti, boleh jadi  salinan ini ditulis tak jauh dari masa Nabi Muhammad Saw hidup. Wih. Buat kalangan akademisi, orang-orang skeptis, orientalis, ataupun non  muslim yang sekedar penasaran,  penemuan ini pastinya menarik banget,  ... Read More »

Kopi pertama

Majalahdrise.com – Bagi para begadangers alias orang-orang yang harus tetap melek sampai larut malam, pastinya segelas kopi is a must, alias kudu banget! Secara, kandungan kafein dalam kopi bisa mengurangi keletihan tubuh dan mengembalikan kewaspadaan ketika rasa kantuk menyerang. Selain membuat mata kita melek, kafein juga dapat meningkatkan fokus, mempercepat proses berpikir, serta membuat koordinasi tubuh lebih baik. Tapi tetep ... Read More »

Perawi Hadits Terbanyak

Majalahdrise.com – D’Riser pasti sudah pada familiar deh dengan nama Abu Hurairah. Secara, banyak hadits yang kita baca, diawali dengan “diriwayatkan dari Abu Hurairah.. dst”. Wajar aja sob, soalnya, Abu Hurairah ini merupakan sahabat Rasulullah Saw yang paling banyak meriwayatkan hadits. Jumlah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Ra. sebanyak 5374 hadits lho! Tau nggak sih, sebenarnya Abu Hurairah bukanlah ... Read More »

Traveler Terhebat

MAJALAH REMAJA ISLAM DRISE - MAJALAHDRISE.COM - Traveler Terhebat

Majalahdrise.com – Kalau bicara tentang petualang terhebat di dunia, mungkin nama yang langsung “klik” bagi sebagian orang adalah Marco Polo atau jangan-jangan Dora the Explorer. Padahal, di abad yang sama Islam punya tokoh yang jauh lebih hebat lho daripada Marco Polo. Siapa dia? Yup, dialah Ibnu Battutah. Pada abad 14 M Ibnu Battutah mengembara sejauh 75.000 mil atau sekitar 120.000 ... Read More »