Category: The Most

PIRI REIS, THE GENIUS CARTOGRAPHIST

Majalahdrise.com – Piri Reis adalah seorang admiral,  sekaligus geografer dan kartografer  (pembuat peta) yang hidup di abad  16 Masehi, pada masa pemerintahan Sultan  Salim I dan Sulaiman al-Qanuni dari  Khilafah Utsmaniyah. Piri Reis dikenal  berkat buku panduan navigasi (Kitab-i  Bahriye) dan peta dunia buatannya, yang  tergolong detail dan dianggap paling akurat  pada zamannya. Saking akurat dan  miripnya dengan peta modern, ada peneliti  yang berspekulasi bahwa pembuatan peta  tersebut dibantu oleh alien! Weleh weleh,  ada-ada aja deh. Nama lengkapnya adalah Hadji  Ahmad Muhiddin Piri bin Hadji Mehmed  Piri, sedangkan embel-embel Reis  merupakan gelar atau jabatannya di  angkatan laut yang setara...

Read More

The First chemists

majalahdrise.com – Alkimia (alchemy) diperkirakan lahir di  daerah Cina, pada abad ke 4  sebelum Masehi, yang tujuan  utamanya yaitu membuat ramuan yang  bisa memperpanjang usia. Nggak heran,  praktek kimia kuno ini diliputi dengan sihir  dan takhayul. Pada periode awal ini, ide-ide  dan resep-resep alkimia terinspirasi dari  sains Yunani kuno, agama-agama pagan,  dongeng-dongeng, serta berhubungan  dengan astrologi dan  klenik. Teori-teori yang menjadi landasan  alkimia kuno diantaranya adalah beberapa  kepercayaan seperti bahwa segala materi  terdiri dari 4 elemen: air, api, bumi dan  udara. Yup, kepercayaan yang kembali  populer gara-gara serial Avatar Aang ini  ternyata pertama kali dikemukakan oleh  Aristoteles (384 –...

Read More

KITAB PALING OTENTIK 2

Majalahdrise.com – Imam Jalaluddin al-Sayuti menjelaskan  bahwa mukjizat itu adalah “Suatu hal atau  peristiwa luar biasa yang disertai  tantangan dan selamat (tidak ada yang  sanggup) menjawab tantangan tersebut”.   Walid bin al-Mughirah, dedengkot  kafir Quraisy pun mengakui keindahan Al-Qur’an; “Demi Allah, sungguh aku baru saja  mendengar dari Muhammad suatu  perkataan yang bukan merupakan  perkataan manusia maupun jin. Sungguh ia  berasa manis dan penuh pesona, bagian  atasnya berbuah dan bagian bawahnya  subur. Ia tinggi dan tidak ada yang lebih  tinggi darinya”. Al-Qur’an juga jelas bukan  karangan Nabi Muhammad, biar gimana  pun juga, beliau kan tetap orang Arab,  apalagi beliau nggak dikenal...

Read More

KITAB PALING OTENTIK

Majalahdrise.com – Beberapa waktu yang lalu dunia  sempat dihebohkan dengan  ditemukannya salinan Al-Qur’an  tertua di universitas Birmingham, Inggris.  Berdasarkan penelitian radiokarbon,  perkamen tersebut diperkirakan berusia  1370 tahun. Menurut peneliti, boleh jadi  salinan ini ditulis tak jauh dari masa Nabi Muhammad Saw hidup. Wih. Buat kalangan akademisi, orang-orang skeptis, orientalis, ataupun non  muslim yang sekedar penasaran,  penemuan ini pastinya menarik banget,  apalagi ketika manuskrip itu dibandingkan  dengan mushaf Al-Qur’an yang kita pegang  sekarang. Tapi, bagi orang beriman seperti  kita-kita ini, ciee, penemuan manuskrip ini  pastinya nggak akan menambah ataupun  mengurangi keyakinan kita terhadap  keotentikan  Al-Qur’an dong. Yup, bukan berarti keimanan...

Read More

Kopi pertama

Majalahdrise.com – Bagi para begadangers alias orang-orang yang harus tetap melek sampai larut malam, pastinya segelas kopi is a must, alias kudu banget! Secara, kandungan kafein dalam kopi bisa mengurangi keletihan tubuh dan mengembalikan kewaspadaan ketika rasa kantuk menyerang. Selain membuat mata kita melek, kafein juga dapat meningkatkan fokus, mempercepat proses berpikir, serta membuat koordinasi tubuh lebih baik. Tapi tetep hati-hati ya. Kopi juga punya beberapa efek samping negatif bila dikonsumsi berlebihan seperti masalah pencernaan dan pengurangan kepadatan mineral pada tulang. Makanya minum kopi sewajarnya aja ya. Kata coffee berasal dari bahasa Belanda koffie, yang dipinjam dari bahasa Turki,...

Read More

Fast Respond