Category: Writepreneur

MELAHIRKAN SEBUAH KARYA

Majalahdrise.com – Bagi seorang penulis, karya yang harus ia buat tentunya dalam bentuk tulisan. Bisa berupa artikel maupun buku. Bisa dalam bentuk fiksi maupun nonfiksi. Menulis adalah sebuah proses yang cukup rumit dan panjang, dan untuk menempuhnya dibutuhkan, konsistensi, kesabaran, dan ketekunan. Jika tidak ada hal-hal tadi, maka karyakarya itu tidak akan selesai. Kalaupun kita bisa memulai sebuah tulisan, jika tanpa konsistensi, kesabaran, dan ketekunan, maka tulisan itu tidak akan bisa kita tuntaskan. Padahal penulis yang baik itu bukan hanya bisa memulai sebuah tulisan, tetapi juga mesti bisa mengakhirinya. Tulisan ini ingin memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana proses terbentuknya...

Read More

ANTARA PENULIS DAN PENERBIT

Majalahdrise.com – Kini, saya mo berbagi tips agar kita ngerti soal penerbitan ini, sekaligus kita mafhum kedudukan kita sebagai penulis yang dibutuhkan penerbit, istilah dari sononya adalah simbiosis mutualisme alias saling membutuhkan gitu, lho: 1 kamu biasa nulis apaan? tema apaan? siapa pembaca yang kamu bidik? kalo dah segmented, ayo cari tau penerbit yang sesuai. So, jangan nyari penerbit soal peternakan en perkebunan kalo kamu nulis soal teknologi en strategi militer; 2 kalo dah nemu penerbit yang sesuai, ayo bergaol ria and sok akrab sama redaksinya, sapatau dapet jodoh! Eit’s jangan ge-er duluan, maksudnya adalah… kamu berjodoh sama penerbit...

Read More

Mengenal dunia penerbitan

Majalahdrise.com – sesungguhnya, seorang penulis baru diakui eksistensinya sebagai penulis kalau dia sudah menghasilkan karya, tapi bukan sekadar karya kayak nulis di mabok (majalah tembok maksudnya), di buletin sekolah, nulis di blog, medsos atau di situs pribadi, tapi memang karya yang dipublish di media nasional atau lebih kerennya nerbitin buku! Jadi, rasanya gak seru banget ngaku penulis tapi kagak pernah nerbitin buku! Nah, kalo dah ngomongin nerbitin buku, kamu kudu tau daleman penerbitan dunk?! Sebelumnya, kamu mesti paham dulu ya perbedaan penerbitan dengan percetakan. Biar nggak salah kamar. Secara sederhana, penerbit adalah pihak yang bertanggungjawab mengelola naskah dari penulis...

Read More

JUST WRITE..!

Majalahdrise.com – Bikin tulisan itu gampang-gampang  susah. Gampangnya, tinggal tuangkan  aja perbendaharaan kosakata di  benak kita dalam bentuk susunan huruf  bermakna. Susahnya, memulai untuk  pertama kali. Yup, bener banget. Dari sharing  kawan-kawan yang mau belajar nulis,  tantangan terbesarnya bukan dari seabrek  teori kepenulisan yang mesti dihafal atau  cekaknya ilmu seputar EYD. Justru tantangan  terbesarnya, datang dari diri sendiri. Coretan  pertama! Berikut beberapa kalimat dahsyat  dari Mbak Asri Supatmiati yang barangkali  bisa menjadi pelecut semangat untuk terus  menulis. Karena konon kabarnya,  keterampilan menulis itu sesuai jam terbang.  Semakin sering menulis, semakin piawai  merangkai kata. So, just write! Menulis apapun itu…bagus...

Read More

Writer Betwen Bookaholic And Biblioholic

Majalahdrise.com – D’Riser, edisi kali ini kita masih mo  ngebahas soal penulis dan buku  juga. Kita mo ngebahas soal penulis  di antara bookaholic dan biblioholic.  Cekidot….! Kita mulai dari definisi dulu ya.  Bookaholic itu berasal dari dua kata, “book”  yang artinya buku ato kitab, and kata “holic”,  kata itu pun berasal dari kata “alcoholic” yang  maknanya pecandu alkohol alias pemabuk  berat. Waduh! Eits, jangan paranoid dulu ya.  Ternyata dari asal dua kata tadi, bookaholic  maknanya adalah pecandu buku alias  penggemar berat buku, dia seperti ga bisa  hidup tanpa buku. Waouw! Trus, kalo biblioholic itu berasal dari  kata “bibliotheque” yang...

Read More

Fast Respond