Category: Writepreneur

Tips Menjadi Seorang Writer

D’Riser, kini saya mo berbagi tips, agar kita menjadi seorang  writer yang baik, sekaligus jadi  kolektor buku yang bijak: Pastikan dulu passion kamu ada dimana? kamu interest pada tema  apaan, jadi focus nulis disana  sekaligus ngoleksi buku dengan  tema yang sama; Kalo kamu interest juga dengan ragam tema yang laen, ga masalah  juga, take it, tapi tetep jangan salah  arah, ya! Kamu juga kudu tahu betul, buku apa saja yang layak dikoleksi,  sekaligus dimana kamu bisa  mendapatkannya? so, jangan ngasal,  ya: Inget juga, kamu harus pinter-pinter merawat buku dengan baik,  pokoknya jangan sampai lecek,  apalagi sampai jamuran dan  bulukan;...

Read More

Writer isn’t Bibliomania 2

Majalahdrise.com – Saat maen ke rumahnya yang juga  bergaya kolonial, saya dibuat takjub  menyaksikan sekian banyak koleksi bukunya  yang luar biasa, rata-ratakoleksi bukunya itu  berusia antara 60 s.d ratusan tahun! Artinya  buku-bukunya itu terbit taon 1950 ke bawah!  Bahkan, ada yang terbit sebelom taon 1800.  Waouw… harta karun, tuh! Kawan saya yang penggila buku itu  rela ngeluarin jutaan rupiah duitnya demi  mendapatkan semua buku klasik tersebut.  Dia ngaku gemar berburu buku buluk  (sebuah istilah yang ngetrend di kalangan  para kolektor dan kurator untuk menyebut  buku lama ato jadul) itu, setelah  menggandrungi kajian teosofi yang populer  di masa pemerintahan Hindia...

Read More

Writer isn’t Bibliomania

Majalahdrise.com – d’Riser, kali ini kita mo nerusin soal hobi  penulis, yaitu suka berkutat dengan  buku, dunia literasi dan penerbitan. Di  edisi sebelumnya, kan kita ngebahas soal  penulis sebagai seorang booklovers alias  pencinta buku. Nah, pada edisi kali ini, kita mo  ngangkat soal penulis yang terjebak jebakan  Betmen! Halah, bukan itu, ding! Maksudnya  adalah booklovers yang kejebak jadi seorang  bibliomania! Awas lho, seorang penulis juga  bisa jadi seorang bibliomania. Maksudnya  gimana, neh? Yok, kita jabanin bareng-bareng… Bibliomania itu sebenarnya apaan, seh?  Bibliomania itu berasal dari dua kata, yaitu  bibliotheque yang artinya perpustakaan dan  maniac yang artinya penggemar berat. Kalo...

Read More

WRITER IS BOOKLOVER

Majalahdrise.com – D’Riser setelah merampungkan habits penulis di edisi kemarin, kini kita mo ngulik soal hobi penulis, yaitu berkutat dengan buku, dunia literasi dan penerbitan. Pada edisi kali ini, kita mo ngangkat soal kegemaran penulis pada buku. Jujur aja neh, hobi yang satu ini pada diri seorang penulis udah jadi kebutuhan, bukan lagi satu kewajiban. Malah, seorang kawan di komunitas penulisan pernah berceloteh, kalo dia gak nyakuin buku di tasnya, dia ngerasa gak pake celana. Halah gawat banget, kan?! Tapi, emang bener juga kok, bagi seorang penulis, buku seperti aksesoris wajib yang kudu dia bawa kemana pun dia pergi....

Read More

HABITS PENULIS #5 Menjalin Komunitas

Majalahdrise.com – D’Riser, pada edisi kali ini, kita mo ngebahas habits penulis kelima alias yang terakhir, yaitu seorang penulis itu harus punya komunitas ato mampu menjalin komunitas. Sesungguhnya, seorang penulis yang baik tentu dia ingin selalu berbagi sekaligus mengembangkan karier kepenulisannya. Salah satu di antaranya dengan terlibat aktif dalam komunitas kepenulisan atau komunitas yang terkait erat dengan dunia literasi, baik komunitas buku, maupun komunitas baca. Dengan kita memiliki komunitas, selain bersilaturahmi, kita juga akan selalu terpacu untuk menjadi lebih baik karena saat kita terlibat aktif di komunitas, kita akan mendapatkan kawan-kawan yang memiliki habits yang sama, kreativitas yang sama,...

Read More

Fast Respond



Newsletter

Follow Us!

Ahza Bookstore