Category: Writepreneur

HABITS PENULIS #4 Mencintai Bahasa Memperkaya Karya

MajalahDrise.com – D’Riser, pada edisi kali ini, kita mau ngebahas habits penulis yang keempat, yaitu seorang penulis itu adalah sosok yang mencintai bahasa.Malah, seorang kawan jurnalis pernah bilang bahwa penulis itu mencintai bahasa sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri. Maksudnya gini, seorang penulis yang baik, tentu memiliki kreativitas lebih dalam bertutur dan bernarasi, ia tidak hanya luas ilmu pengetahuan dan wawasannya, namun juga kaya dalam diksi dan kosa katanya. Ia terampil dalam mengolah informasi dengan kekayaan berbahasanya. Artinya, seorang penulis yang baik ditunjang oleh kemampuannya untuk menguasai ragam bahasa yang ada. Bahasa yang dikuasainya akan menunjukkan bagaimana kualitas dirinya, sekaligus...

Read More

HABITS PENULIS #3 Si Peneliti Bak Sosok Politisi

Majalahdrise.com  – D’Riser,  edisi kali ini kita mo ngebahas habits penulis yang ketiga, yaitu seorang penulis itu adalah sosok yang gemar meneliti. Catet ya, penulis itu hobi meneliti, menyelidiki, sekaligus mendetili sebuah persoalan hingga ia menemukan simpulan, bahkan mendapatkan jawaban atas persoalan yang ia selidiki itu. Jadi, ia meneliti sekaligus memberi solusi, bukan meneliti untuknyari masalah, apalagi kalo sampai bikin masalah baru!Gawat banget kalo gitu! Seorang kawan di komunitas kepenulisan pernah berseloroh, bahwa penulis yang baik layaknya seorang detektif, ia adalah seorang yang peka dan peduli, ia sanggup mendeteksi gejala sosial di sekelilingnya, ia selalu tergerak untuk mencari, meneliti...

Read More

HABITS PENULIS #2 Dari Hobi Diskusi Jadi Penulis Ahli

Majalahdrise.com – D’Riser, pada edisi kali ini, kita mo ngelanjutin bahasan soal habits penulis yang kedua, yaitu seorang penulis itu adalah sosok yang senang berdiskusi. Inget, lho, penulis itu senang diskusi, bukan ngobrol ngalor ngidul, apalagi sampai ngegosip gada ujung! Seorang penulis yang baik adalah sosok yang haus akan ilmu pengetahuan, lapar akan informasi, sekaligus gundah akan ketidaksinkronan antara idealita yang dia punya dengan realita yang dia hadapi.Dia selalu kebelet untuk “menuangkan” apa yang dia lihat, dia dengar dan yang dia rasakan. Oleh karena itu, dia suka berupaya untuk mengetahui fakta, data dan berita yang ada di sekelilingnya. Apalagi,...

Read More

HABITS PENULIS

MajalahDrise.com – Salam kreatif kembali para D’Riser, dalam rubrik writepreneur kali ini, kita akan ngulik bareng soal habits penulis agar kamu semua dapat tetap kreatif dan eksis terus di dunia penuh kreativitas ini.FYI neh, habits penulis ini juga bisa disebut sebagai kebiasaan, tabiat ataupun hal yang emang kudu ada pada tiap penulis, apalagi bagi kamu-kamu yang ngaku masih pemula. Oke, deh, Bro and Sist, soal habits penulis ini emang hal alamiah yang bakal dialami oleh setiap penulis. Artinya, habits penulis ini didasarkan pada fakta empirik  yang lazim dilalui dan dirasakan oleh para penulis. Yuk, kita bocorin satu demi satu...

Read More

MITOS PENULIS #2 Menepis Stigma Penulis Fiksi Tukang Boong

Majalahdrise.com – Salam kreatif bagi fans rubrik writerpreneur. To the by point aja ya, pada edisi kali ini, kita mo ngebahas mitos keempat penulis, yaitu para penulis (fiksi) tuh tukang ngibul bin tukang bo’ong alias suka ngadalin para pembacanya, nyambung juga sama mitos ketiga sebelumnya, yaitu penulis tuh tukang ngarang bin tukang ngedongeng! Hehehe… kita ulik bareng-bareng, yuk?! Sebenernya, kalo penulis fiksi dianggap sebagai tukang bo’ong seh, ada benernya juga, kalo yang baca karya fiksinya itu adalah orang yang nggak berpendidikan ataunggak nyadar bahwa karya yang dibacanya adalah kisah rekaan, hasil imajinasi seorang penulis. Namun, kalo Si Pembaca itu...

Read More

Fast Respond



Newsletter

Follow Us!

Ahza Bookstore