Cowok Antitawuran | Majalah Remaja Islam DRise
Friday, September 22nd, 2017
Breaking News
You are here: Home >> Drise Online >> Cowok Antitawuran

Cowok Antitawuran




drise-online.com – tawuran Yang namanya remaja cowok pastinya seneng banget kalau kelihatan keren, gagah, dan macho. Ya iyalah, masa pengen keliatan gemulai bak putri solo. Emang cowok apaan. Karena ingin kelihatan keren, gagah, dan macho, anak cowok bakal melakukan apapun untuk mewujudkannya. Bagus sih kalo yang diperbuatnya tindakan yang positif dan prestatif. Bisa bermanfaat buat orang lain. Sayangnya, yang banyak dikerjain justru sifatnya desktruktif alias merusak dan merugikan orang lain. Hadeuh!

Salah satu ekspresi remaja cowok biar keliatan gagah adalah ikut tawuran. Nah lho! Kian hari, tawuran seolah jadi kegiatan ekstra kulikuler. Lantaran beberapa sekolah udah punya musuh bebuyutannya sendiri dari sekolah lain sebagai ‘lawan tanding’. Dan kalau kedua sekolah yang udah jadi musuh bebuyutan ini ketemu di tengah jalan, maka yang terjadi kemudian adalah pertempuran besar. Dan alasan dari semua kekacauan yang kerap berujung pada pertumpahan darah itu lebih sering karena hanya ingin terlihat keren, gagah, dan macho.

Data yang dikutip dari tribunnews.com menggambarkan bahwa remaja di negeri ini sudah darurat tawuran. Sepanjang tahun 2013 yang lalu terjadi 112 kasus tawuran yang menewaskan 12 siswa. Bahkan Ketua Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait, menyatakan bahwa tawuran ini sudah menjalar juga ke daerah. “Total kasus di seluruh Indonesia mencapai 255 kasus dengan total tewas 20 orang, terbanyak memang di Jakarta,” kata Arist. Jumlah ini meningkat sekitar 50 persen dibanding tahun 2012 yang hanya 128 kasus. “Karena itu, tahun ini merupakan tahun darurat terhadap kekerasan anak,” ujar Ketua Umum Komnas Anak,  Arist Merdeka Sirait.

Nah lho ngeri banget kan? Padahal sebab-sebab tawuran itu lebih sering karena hal-hal sepela duapele demi gengsi dan biar terlihat keren dan disegani. Gara-gara saling lirik kemudian bisa saling bunuh. Gara-gara rebutan cewek sampe bertaruh nyawa. Karena saling menyoraki kemudian saling menyakiti. Malah ada yang lantaran saling bully di sosial media, ujung-ujungnya memakan korban jiwa. Haduuhh geleng-geleng kepala.

Driser, ayo kita ingatkan diri kita dan teman-teman kita untuk berhenti dari rutinitas tawuran. Tawuran nggak bikin diri kita mulia dihadapan manusia, apalagi dihadapan Allah swt. Yang ada, justru diri kita jadi terhina karena dikalahkan oleh hawa nafsu. Tawuran juga nggak bikin persoalan tuntas. Yang ada, tambah runyam. So, daripada sibuk mikirin aksi balas dendam lebih baik salurkan gelora jiwa muda kita ke arah positif. Seperti dengan aktif mengenal Islam lebih dalam. Selain bisa membentengi diri dari godaan hawa nafsu, dengan mengaji juga membuat peran kita sebagai generasi harapan umat lebih maksimal. Ayo, tinggalkan tawuran dan aktif di pengajian! []

BOX

Tips dan Trik Menghindari Tawuran

Berikut ini beberapa tips dan trik untuk D’Riser untuk menjauh dari berbagai peristiwa tawuran yang ada di sekitar kita.

  1. Ketahuilah musuh bebuyutan sekolah kita, kalau ada. Dengan mengetahui hal ini kita akan lebih waspada jika bertemu dengan anak-anak dari sekolah yang jadi musuh bebuyutan kita itu.
  2. Usahakan untuk selalu melewati jalan yang ramai. Jangan suka lewat jalan yang sepi. Terutama tempat nongkrong sekolah yang didaulat jadi musuh bebuyutan.
  3. Siapkan kaos ganti untuk menghindari sweeping dalam angkutan umum oleh pelajar yang lagi cari masalah dengan sekolah lain.
  4. Jika mendengar suara ribut-ribut ada yang tawuran, segeralah menghindar. Jangan malah penasaran. Apalagi sampe ikut ambil bagian.
  5. Kalo ada masalah dengan teman sekolah sendiri, atau sekolah lain upayakan jalan damai. Pake otak, bukan pake otot.
  6. Jauhi teman-teman sekolah yang jadi aktifis tawuran. Terutama saat mereka tengah bersiap-siap melakukan peperangan. Dekati mereka saat suasana lagi kalem bin adem. Ingatkan tentang bahaya tawuran dan kerugiannya di dunia akhirat.
  7. Ajak para aktifis tawuran untuk gabung di pengajian bersama kita. Salurkan kreatifitas dan jiwa muda mereka untuk menyuarakan kebenaran.

 

di muat Di Majalah Remaja Islam Drise Edisi #37




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

nine − three =