Majalahdrise.com – Buat kamu yang udah mulai beranjak gede, pastinya peduli banget dengan penampilan. Apalagi kalo lagi kasmaran. Sebisa mungkin, jangan sampe salah kostum dalam pergaulan. Bisa nurunin pamor dan tengsin. Termasuk sepatu. Buat nambah info kamu seputar sepatu, khususnya yang biasa dipake kaum adam, berikut beberapa jenis bisa kamu incer.

SEPATU FORMAL

Sepatu jenis ini biasa dipake untuk kegiatan formal alias protokoler gitu. Saat jadi petugas upacara, terima penghargaan dari Bapak walikota, atau saat duduk di pelaminan. Eeaaa…. Salah satu jenis sepatu formal adalah Oxford. Ciri utama sepatu yang namanya sama dengan salah satu perguruan tinggi di negeri Paman Sam ini adalah lidah sepatu (tongue) yang dijahit di bawah vamp. Sepatu jenis ini disebut dengan istilah closed-lacing, artinya lidah sepatu bagian atas tertutup seluruhnya oleh kulit luar tempat lubang tali sepatu. Selain Oxford, ada juga model sepatu Derby dan Monkstrap . Ketiga macam sepatu ini berbahan kulit. Tapi bukan kulit bawang apalagi kulit ari. Sebaiknya kamu punya satu jenis sepatu seperti ini untuk dipakai pada acara resmi. Dan jangan lupa, kamu juga mesti rajin menyemirnya biar selalu mengkilap saat dipakai dan penampilan makin aduhai. Silau men!

SEPATU CASUAL

Kalo jenis sepatu ini biasanya dipake dalam suasana santai. Seperti saat jalanjalan, travelling, kuliah, atau makan bareng di kafe. Sepatu casual yang biasa dipake remaja cowok salah satunya sneakers. Selain memiliki banyak model dan warna, sepatu ini juga biasanya berbahan ringan dan fleksibel. Ciri khasnya terletak pada sol datar dan lentur. Sepatu sneakers juga banyak diproduksi oleh merk popular seperti Nike, Adidas, atau convers. Ini yang bikin anak-anak cowok ngebet banget punya sepatu sneakers. Keren broh! Jenis sepatu casual lainnya adalah loafers. Ciri sepatu Loafers tidak menggunakan tali dan disebut juga slip-on. Loafers cukup populer belakangan ini, karena cocok untuk acara resmi maupun santai. Loafers juga gampang pakenya. Nggak perlu ribet dengan tali sepatu. Tinggal menyelipkan kakimu melalui lubangnya, dan kamu pun sudah siap bergaya.

SEPATU OLAHRAGA/SPORT

 Kalo sepatu ini, pastinya udah familier dengan dunia kamu. Malah bisa jadi kamu udah punya atau termasuk salah satu kolektor. Gimana nggak, jiwa muda yang selalu bergerak ke sana-sini kaya kutu loncat yang baru diganti baterenya, perlu dukungan sepatu yang lentur, kuat, dan nggak bikin kamu keseleo. Sepatu sport jawabannya. Nah, itulah beberapa jenis sepatu yang umum dipakai pria. Setiap pria wajib punya satu jenis sepatu seperti yang disebutkan di atas untuk dipakai dalam kegiatan-kegiatan yang sesuai. Kalau kamu belum punya, mulai menabung dari sekarang, ya. Yuk!

Bukan yang UTAMA

Driser, apapun sepatu yang kamu pakai jangan sampai bikin minder dalam bergaul. Santai aja. Karena buat kita sebagai remaja muslim, bukan penampilan yang dikejar. Tapi ridho Allah jangan sampe kelupaan. Tapi bukan berarti kita sembarangan dalam berpenampilan. Rasul mengingatkan, “Sesungguhnya Allah itu indah, dan menyukai keindahan.” (H.R. Muslim) Seperti dalam urusan sepatu minimal punya dua jenis untuk santai dan resmi. Urusan model dan merk, sesuaikan aja dengan budget sisa uang saku. Yang penting jangan sampai salah kostum. Kalo menjaga penampilan aja belum mampu, gimana menjaga pujaan hati. #eeaa…..! [@Hafidz341

Dimuat di majalah remaja islam drise edisi 54