datang bulanAnak cowok gak usah ngiri ya ngeliat remaja putri absen sholat 5 waktu atau nggak puasa Ramadhan. Meski keliatannya enak, padahal mereka lagi kurang nyaman. Lantaran kedatangan tamu bulanan yang nggak bisa dihindari tapi terkadang memancing emosi. Tahu dong siapa tamnya? Yup, mestruasi alias haid yang datang setiap bulan menyambangi remaji.

Akar kata haid dari kalimat (ﺤﺎﺾ ﻴﺤﺾ) yang menurut bahasa artinya mengalir. Menurut hukum Islam, pengertian haid adalah darah yang keluar dari kemaluan seorang wanita, dari dalam rahimnya secara sehat bukan dalam keadaan sakit dan juga bukan karena melahirkan. Sedang Menurut medis: terlepasnya jaringan epitel endometrium akibat pengaruh perubahan siklus keseimbangan hormonal reproduksi wanita. Atau pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan dan terjadi setiap bulannya kecuali pada saat kehamilan.

Fase terjadinya Menstruasi:

  1. Fase Menstruasi
    Pada fase ini dinding rahim akan mengalami peluruhan dan keluar melalui vagina dalam bentuk darah dengan kadar kekentalan yang berbeda-beda. Terkadang terdapat juga gumpalan-gumpalan darah dalam proses tersebut. Fase ini berlangsung selama 3 sampai dengan 4 hari.
  2. Fase Pasca Menstruasi
    Selama kurang lebih 4 hari luka akibat peluruhan dinding rahim tersebut akan sembuh secara perlahan.
  3. Fase Poliferasi atau pra-ovulasi
    Fase ini terjadi setelah penyembuhan berhasil. Pada fase ini dinding rahim mengalami penebalan dengan tebal kurang lebih 3.5 mm. Fase ini berlangsung dari hari 5 sampai dengan hari ke 14. Pada fase ini leher rahim akan mengeluarkan lender yang bersifat basa untuk menetralkan sifat asam yang di hasilkan oleh vagina. Penetralan ini terjadi untuk memperpanjang hidup sperma sehingga pembuahan lebih mudah terjadi.
  4. Fase Sekresi atau ovulasi
    Fase ini terjadi pada hari ke 14 atau yang di kenal dengan masa subur. Pada fase ini sel endometrium mengeluarkan glikogen dan kapur yang nantinya digunakan sebagai bahan makanan untuk telur yang sudah di buahi. Pada fase ini ovum di matangkan dan siap untuk di buahi.
  5. Fase Pascaovulasi
    Jika ovum tidak dibuahi maka hormone progesterone dan hormon estrogen mengalami kemunduran sehingga fase menstuasi terjadi kembali.

Berapa lama siklus ini berlangsung ? Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.

Saat menstruasi, remaji dalam keadaan tidak suci sehingga nggak boleh jalanin ibadah seperti shalat, puasa, atau ibadah haji. Jika darah haid berhenti, segera bersuci dengan mandi besar agar bisa ibadah kembali. Patut di ketahui, di jaman jahiliah dahulu wanita yang sedang menstruasi dijauhi dan diasingkan karena dianggap najis. Namun dengan datangnya islam, wanita di mulyakan dan diangkat derajatnya walau sedang datang bulan. Yup, hanya Islam yang mampu meninggikan kedudukan wanita. [Ridwan]

 

BOX:

Manfaat Haid

Ada 4 manfaat yang bisa didapatkan perempuan jika ia menstruasi setiap bulannya, yaitu:
1. Tubuh mengalami sinkronisasi
Dr Cheryl Pagel, dokter keluarga dari Banner Good Samaritan Medical Center mengungkapkan perempuan yang mendapatkan menstruasi setiap bulannya merupakan bukti bahwa tubuhnya berada dalam kondisi sinkron dan merupakan salah satu indikator kesehatan yang baik.
2. Tubuh mengalami hal yang positif
Menstruasi setiap bulan merupakan cara alami untuk mengatakan bahwa seseorang tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus. Hal ini karena, jika seseorang memiliki tubuh yang gemuk akan menyebabkan menstruasi tidak teratur, kondisi ini akibat adanya lemak yang terakumulasi. Selain itu tubuh yang terlalu kurus juga bisa membuat menstruasi tidak teratur.
3. Proses pembersihan tubuh
Menstruasi yang datang setiap sebulan sekali bisa membantu melepaskan bakteri dari sistem reproduksi dan memungkinkan tubuh untuk menghilangkan kelebihan zat besi, sehingga dapat menurunkan risiko alzheimer, penyakit jantung dan stroke.
4. Membuat penampilan lebih baik dan nyaman
Sebagian besar perempuan tahu bahwa haid bisa mendatangkan efek buruk seperti kembung, jerawat, kelelahan atau payudara yang sakit. Tapi biasanya setelah menstruasi datang dan berakhir, maka seseorang akan merasa lebih baik dan nyaman. Perubahan hormonal yang terjadi akan memberikan efek yang signifikan setelah menstruasi berlangsung sekitar 3-4 hari.[]