q
Friday, September 22nd, 2017
Breaking News
You are here: Home >> Konsul Psikologi >> Dikejar Virus Merah Jambu

Dikejar Virus Merah Jambu




Assalamu ‘alaikum …mbak Rina, gmna ya mbak cara mengalihkan rasa suka kita ke org yg bukan muhrim? Cz ak ngerasa ak selalu di kejar dngn virus merah jambu (cinta) gmna ya mbak Rina? (Nazrin fiefie, tulungagung).

Wa ‘alaikumussalam Wr.Wb.

Dik Nazrin yang penyayang,

Virus cinta memang bisa mengejar setiap orang. Terasa membahagiakan bagi orang yang terkena panahnya. Hati selalu berbunga-bunga, dan dunia terasa indah. Keindahan itu jika tidak dibalut dengan keimanan maka akan menimbulkan duka dan kesedihan mendalam. Banyak orang falling in love, tapi karena tidak dilandasi keimanan akhirnya menabrak rambu-rambu Islam, semisal berpacaran yang merupakan pintu terjadinya perzinaan. Padahal Allah telah menyerukan agar kita tidak mendekati zina, sebab ia merupakan perbuatan keji dan jalan yang buruk (Al Isra’ : 32).

Dik Nazrin,

Rasa suka alami ada pada tiap manusia. Ia adalah perasaan lembut yang ditanamkan Allah dalam hati seseorang. Allah yang Penyayang telah menciptakan manusia, dan melengkapinya dengan memberikan naluri (perasaan) sayang dan cinta pada sesama manusia. Seseorang tidak berdosa jika memiliki rasa suka pada seseorang. Akan tetapi harus dilakukan menajemen cinta yaitu mengelola perasaan cinta agar berjalan sesuai ketentuan Allah, bukan berlandaskan pada nafsu.

Dik Nazrin,

Perasaan suka akan makin terdorong jika ada hal yang memicunya atau membangkitkannya.   Perasaan suka bisa muncul disebabkan pernah atau sering berinteraksi, misal sering bertemu, ngobrol bersama, SMSan, chatting, facebook-an. Perasaan juga bisa semakin kuat jika mendengarkan love song, menonton sinetron cinta, membaca novel bernuansa cinta, dll. Agar virus pinx  tidak semakin menyerang, maka yang harus kita lakukan adalah menghindarkan diri dari hal-hal tersebut, seperti membatasi intensitas bertemu dengan orang yang disukai, hanya berinteraksi jika benar-benar ada kepentingan yang diperbolehkan Islam. Menghindari  love song, novel cinta,  serta sinetron yang membangkitkan rasa cinta. Sibukkan diri dengan melakukan aktivitas-aktivitas positif, seperti mengikuti kajian keislaman, membaca buku ilmu pengetahuan, atau melakukan hoby menyenangkan yang bermanfaat. Alihkan perasaan dengan mengekspresikan rasa cinta yang kita miliki dengan semakin mencintai dan menyayangi kelurga, misal lebih memberi perhatian pada ortu/ saudara kandung, semakin menyayangi teman sesama muslimah jika kita akhwat, atau membantu saudara kita yang kurang beruntung, misal adik-adik yatim piatu, dll.

Dik Nazrin, silahkan dicoba tips ini dan semoga berhasil menghindari virus pinx dengan benteng  keimanan yang berbuah pahala kebaikan..[]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

one × 4 =