Fokus pada tujuan [DRise-#029] Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Mbak Rina, saya mau bertanya. Begini mbak, akhir-akhir ini saya sulit sekali berkonsentrasi dan fokus pada pekerjaan saya. Belum selesai satu pekerjaan, sudah beralih ke pekerjaan yang lain. Kira-kira apa yang harus saya lakukan ya mbak?

Wita, Bumi Allah

Wa’alaikumussalam Wr.Wb.

Dik Wita yang baik,

Konsentrasi berarti fokus pada satu  hal. Fokus penting dalam  segala aktifitas. Saat fokus, kita sungguh-sungguh memberikan perhatian  pada satu pekerjaan, sebaliknya jika tidak fokus, perhatian kita akan “ke sana kemari”. Fokus pada aktifitas akan menjadikan kita mampu menyelesaikan aktifitas tersebut dengan hasil optimal. Sebaliknya perhatian yang terbagi ketika melakukan aktifitas akan menjadikan pekerjaan tidak terselesaikan, atau terselesaikan dengan hasil kurang memuaskan dan tidak sesuai harapan.

Dik Wita yang baik,

Seseorang tidak konsentrasi dalam mengerjakan sesuatu bisa dikarenakan berbagai faktor. Salah satunya karena belum mempunyai perencanaan aktifitas yang bagus, sehingga sering menunda-nunda pekerjaan. Untuk itu perlu pengelolaan waktu yang efektif dengan menentukan prioritas aktifitas dan berkonsentrasi pada satu pekerjaan pada satu waktu.

Dik Wita,

Berikut langkah yang bisa dilakukan untuk membuat perencanaan aktifitas. Pertama, kenali dan pisah-pisahkan pekerjaan yang harus dilakukan sekarang, segera, dan yang bisa ditunda. Kedua, ambil keputusan mana pekerjaan yang harus dilakukan sekarang karena mendesak. Mana pekerjaan penting yang masih punya waktu cukup lama. Mana pekerjaan yang dapat ditunda dan dijadwalkan lagi di lain waktu, serta mana yang bukan pekerjaan, ia hanya aktifitas pengisi waktu luang tanpa ada banyak manfaat. Buat target berapa lama dan kapan waktu penyelesaikan masing-masing aktifitas tersebut.

Dik Wita,

Selanjutnya, laksanakan dan tepati perencanaan yang telat dibuat. Berusahalah  fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan. Ambil tindakan cepat untuk menyelesaikannya. Bersegeralah menunaikan amal-amal kebajikan (Al Hadist). Jika terbersit keinginan menunda pekerjaan, maka sadarkan diri lagi bahwa menunda pekerjaan sama artinya menumpuk kesusahan.  Selama mengerjakan satu aktifitas, lupakan pekerjaan yang lain.

Dik Wita, inilah cara fokus, yaitu kita konsentrasi pada apa yang memang sedang kita lakukan sesuai rencana aktifitas yang telah kita buat. Selamat mencoba, semoga berhasil….[]