Majalahdrise.com – Driser, kalo lagi jalan-jalan ke luar kota yang belum kita hafal rutenya, tanya warga sekitar jadi andalan biar nggak kesasar. Biar kata peta dan kompas sudah di tangan, belum tentu kita bisa sampai tujuan. Tapi itu dulu. Saat smartphone jadi barang langka selangka fosil dinosaurus.

Kini, gara-gara kecanggihan smartphone android yang dipasangi GPS (Global Positioning System), nggak ada lagi cerita kesasar sampe ke hutan. Penjelajahan rute perjalanan jauh lebih mudah meski kita baru pertama kali menginjakkan kaki. Kerennya lagi, keunggulan dari GPS/Peta Online ini kita bisa mencari dan menemukan jalan alternatif tercepat menuju tempat yang kita tuju. Asyik banget kan?

Dalam smartphone Android, kita disodorkan berbagai aplikasi GPS untuk membantu perjalanan dengan mudah bin praktis. Berikut beberapa aplikasi GPS android terbaik, lengkap dan akurat yang banyak dipake traveler.

 

Maps

Aplikasi Maps merupakan besutan Google.inc. Siapa yang tak kenal Raksasa Dunia Internet ini? Sudah beragam aplikasi karya terbaik Google diluncurkan, dan kini ia merambah ke duniaGPS dengan berbagai keunggulan seperti; Informasi lengkap di lebih dari 100 juta tempat; menyediakan peta navigasi yang akurat di lebih dari 220 negara termasuk Indonesia (khususnya perkotaan); Panduan navigasi suara saat kita mengemudikan kendaraan; Menentukan peta arah transit di lebih dari 15.000 kota; yang lebih asyik secara otomatis menginformasikan laju dan kondisi lalu lintas yang akan kita lalui, bila jalur tersebut macet maka kita akan otomatis di arahkan ke jalur yang lebih lancar. Yang lebih keren yakni fiture terbarunya Street View di dalam suatu tempat, ruangan seperti restoran, museum, tempat wisata dll.

Waze Social GPS Maps & Trafic

Dengan menggunakan aplikasi GPS android ini memungkinkan kita menemukan sebuah tempat/lokasi dengan mudah dan praktis, menghemat waktu dan bensin tentunya. Berkendara ditemani waze akan menginformasikan dan memandu kita dengan voice pada jalan/jalur yang lebih dekat dan lancar secara akurat. Selain itu kita pun dapat berkontribusi menginformasikan bila ada kecelakaan dan bahaya lainnya. Mencari lokasi dengan cepat seperti pom bensin, restoran, hotel dll Uniknya kita bisa menambahkan kontak teman sehingga kita akan mengetahui dimana teman kita berada beserta rute / jalur yang ia lalui.

MapFactor: GPS Navigation

Merupakan GPS navigation yang menggunakan data OpenStreetMaps yang terintegrasi di seluruh benua seperti Benua Eropa, Amerika, Asia termasuk Indonesia, Australia dan Africa. Seperti layaknya Maps dari Google.inc, MapFactor juga menyediakan panduan navigasi GPS menggunakan suara sehingga saat kita berkendara akan lebih praktis hanya mendengarkan intruksi dari Navigasi aplikasi GPS ini. Tersedia 2 satelit 2D dan 3D yang memungkinkan menampilkan tempat/lokasi lebih realistis dan akurat lengkap dengan navigasi arah tujuan yang lebih dekat dan lancar. Kita bisa mencari daerah tertentu dengan hanya meng-input kode pos, Selain itu kita bisa menambakan lokasi favorit, mencari berdasarkan mode routing misal menggunakan mobil, jalan kaki dan truk. Kita pun bisa menandai rute yang tidak ingin kita lewati untuk kemudian secara otomatis akan diberikan alternatif jalan yang lain.

Sygic Talk And Drive

Aplikasi Sygic memberikan informasi lokasi dan navigasi melalui panduan suara. Suatu alat navigasi yang canggih yang mana aplikasi sygic ini menggunakan sistem navigasi turn by turn yang diperbarui secara berkesinambungan. Kita bisa menentukan suatu tempat misal “Warung Steak And Shake Bogor” maka aplikasi ini secara otomati akan memnginformasikan pada kita alamat lengkap dari warung tersebut. Kita bisa menandai nya sebagai tempat favorite bila di kemudian hari kita ingin pergi kesana lagi serta kita bisa share ke saudara, teman, kerabat dll melalui media sosial seperti FB, Twitter, WhatsApp, BBM, G+ dll dengan sangat mudah. Dan yang paling hebatnya lagi aplikasi ini bisa Kita download secara gratis. Aplikasi ini didukung oleh banyak navigasi diantaranya: Waze, Igo, Google Maps, VZ Navigator dan masih banyak lagi.

 

Dengan beragam fitur di dalam masing-masing aplikasi di atas, terkadang tidak semua fasilitas bisa kita nikmati, tergantung lokasi kita / lokasi yang kita tuju apakah sudah tercover oleh satelit GPS dari masing-masing aplikasi tersebut ataukah tidak, jadi silahkan coba dan bandingkan mana yang menurut kamu yang terbaik.

Driser, meski aplikasi GPS yang tertanam di gadget memudahkan kita menemukan rute perjalanan, jangan sampai lupakan kondisi kita sebagai makhluk sosial. Bertanya ke masyarakat sekitar, melatih bahasa verbal dan menjalin kedekatan emosional. Bisa nambah kenalan, pengalaman, plus bahan cerita perjalanan. Jangan sampai gara-gara GPS kita jadi egois dan sungkan berkenalan. Jadi, tetaplah bersosialisasi walau dunia ada dalam genggaman. Yuk! [@Hafidz341]

di muat di Majalah Remaja Islam Drise Edisi 46