Majalahdrise.com – Meski pakai cincin lagi tren, sebagai  remaja muslim kita nggak boleh  lupa dengan aturan mainnya.  Jangan sampai asyik pakai cincin, nggak  tahunya dibenci Allah swt. Lho, emang bisa  kaya gitu? Pastinya. Kalo kita nerobos aturan  main pakai cincin berikut:

  1. Haram hukumnya meyakini cincin mempunyai kekuatan-kekuatan  supranatural. Rasulullah SAW pernah  melihat seorang laki-laki memakai gelang  dari tembaga. Beliau menanyakan apa  yang dipakainya. “Ini adalah al-Wahinah  (penyembuh/ penangkal penyakit),”  jawabnya. Rasul pun bersabda,  “Tanggalkanlah segera, sesungguhnya dia  tidak menambahkan kepadamu,  melainkan kelemahan.” (HR Ahmad).
  2. Haram hukumnya memakai cincin yang terbuat dari emas. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra Nabi sholallohu ‘alaihi  wasallam, “Bahwasanya beliau melarang  memakai cincin dari emas,” (HR Bukhari  Muslim).
  3. Larangan Memakai Cincin di Jari Tengah dan Telunjuk. Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib ra berkata, “Rasulullah saw pernah berkata kepadaku, “Wahai Ali,  mintalah hidayah dan jalan yang yang  lurus kepada Allah.” Beliau juga bersabda  agar aku jangan memakai cincin di jari ini  dan ini.’ Lalu Ali mensyaratkan jari  telunjuk dan tengahnya,” (Shahih, HR  Ibnu Majah).
  4. Khusus untuk skull ring alias cincin tengkorak, kita sekedar mengingatkan aja. Kalo simbol tengkorak itu identik  dengan setan, iblis, dan sejenisnya.  Nggak dikenal dalam Islam. Makanya,  kalo dipake khawatir ngikut budaya  orang-orang kafir. Seperti diingatkan  Rasul saw, “Siapa yang meniru kebiasaan  satu kaum maka dia bagian dari kaum  itu.” (HR. Ahmad).

Driser, trend of the ring semoga gak bikin  keimanan kamu keriting. Jaga diri agar nggak  terhanyut mitos batu akik atau simbol cincin  tengkorak. Apapun yang melingkar di jari  kamu, tetep inget dan ngikutin aturan Allah  ya. Biar hidup lebih bahagia dunia akhirat.  Yuk! []

di muat di majalah remaja islam drise edisi 51