Majalahdrise.com – Idol group belakangan menjadi fenomena di  Indonesia, terutama dengan kesuksesan luar  biasa JKT48. Mereka membawa gebrakan baru  dalam industri musik yang menciptakan ikatan  batin sedemikian kuat dengan para fans.  Hebohnya lagi, fans berat kelompok cewek-cewek centil itu adalah kaum cowok sodara-sodara! Wah, kok bisa?

Jagat twitter awal Agustus kemarin heboh  dengan trending topik  #terimakasihAndela. Ada apa? Ternyata  member JKT48 Andela Yuwono  mengumumkan mundur per 10 Agustus.  Alasannya kesehatan, jadi doi nggak bisa  maksimal saat dance. Keputusan ini sontak  bikin para penggemar meratap. Fans JKT48  yang seabrek pun langsung rame-rame  ngetwit kasih dukungan buat Andela. JKT48  emang paling bisa bikin heboh.

Fans Fanatik

Kamu tahu nggak, idol grup berasal dari  budaya Jepang. Konsepnya begini: ada  sebuah manajemen yang mengumpulkan  remaja perempuan (belakangan juga ada idol  grup laki-laki) berpenampilan menarik  dengan rentang usia tertentu dan dibentuk  sebuah grup. Umumnya, remaja yang direkrut berusia  14-16, memiliki penampilan menarik dan  punya talenta. Jika sudah melewati usia  tertentu yang ditetapkan sebagai batas  dalam suatu idol group, maka anggota wajib  untuk meninggalkannya.  Nama grup ini dijadikan sebuah brand,  bukan sekadar girl band. Artinya, mereka

memang diekspose sebagai sebuah  komoditi untuk menjual produk-produknya, “mengikat” penggemar dan  menciptakan semacam “kecanduan”. Manajemen akan menyediakan  panggung khusus untuk grup ini,  dimana hampir tiap hari mereka unjuk  kebolehan bernyanyi sambil menari di  sana dengan penonton para fans  setianya. Hanya di sanalah fans bisa  berakrab ria dengan idolanya.  Istilahnya “fans service” dengan konsep “idola  yang dapat Anda temui setiap hari.” Bisa  jabat tangan, sharing hingga foto bersama  hanya di sana.

Makanya, member idol group  ini nggak boleh sembarangan foto dengan  penggemar di jalanan. Secara rutin pula  mereka akan diekspose melalui media  massa, baik sebagai penyanyi, artis,  pembawa acara atau model di majalah dan  iklan.  Nah, di Jepang ada idol gorup kesohor  AKB48 yang membuat sister-grup di Jakarta  bernama JKT48 itu. Para cewek yang gabung  di idol group ini rutin manggung di “Jakarta  JKT 48 Theater”. Di sanalah para fans  terpuaskan berakrab ria dengan para  member idol group yang mereka kagumi. Hasilnya luar biasa.

Gelombang para  fans fanatik pun terbentuk. Uniknya, fans  berat JKT48 ini adalah para cowok. Ya,  mereka terpesona dengan kecantikan dan  kecentilan para member JKT48 tentunya.  Nggak beda dengan cewek-cewek yang  histeris mengidolakan Coboy Junior misalnya  (sekarang CJR) atau One Direction. Cowok-cowok ini juga histeris kalo ngeliat  penampilan JKT48. Emang rada aneh ya,  cowok-cowok suka sama penampilan cewek-cewek centil. Rasanya gimanaaa…gitu. Kok  ke-macho-an cowok jadi hilang hehe…

Tapi itulah faktanya. Seperti fans yang  menyebut diri Genderuwota. Saking cintanya  pada JKT48, melalui Twitter @Genderuwota  dan blog Genderuwota48, mereka sangat  aktif membagikan informasi dan pengalaman  yang berhubungan dengan kelompok idola  tersebut.  Gilanya, followernya mencapai 32.500-an. Tiap hari kicauan diproduksi demi  berinteraksi dengan pengikut setianya.

Uwo,  begitu Genderuwota biasa disapa, pun mulai  menerangkan bagaimana awalnya  menggemari JKT48. Pada awal 2012, Uwo  termasuk dalam segelintir orang yang  menyaksikan penampilan perdana JKT48 di  teater sementara yang saat itu digelar di  Gedung Nyi Ageng Serang, Pasar Festival,  Kuningan, Jakarta. “Dulu tiket teater dikasih-kasih gratis, sekarang berebut dapetin tiket,”  ujar pemuda berusia 25 tahun ini.

di muat di majalah remaja islam drise edisi 49