sekitar 2 atau 3 tahun yang lalu, istilah Khilafah masih terasa asing ditelinga  remaja. Saking asingnya, terkadang masih suka ketuker dengan istilah  Skhilafiyah (perbedaan). Padahal artinya jelas beda. Khilafah wajib, khilafiyah  boleh untuk masalah furu’ (cabang) dlm syariah.

Terlebih lagi remaja kaya kita,  jarang dikenalin dengan istilah khilafah yang dianggap terlalu tinggi bahasannya.  Walhasil, nggak ketemu deh kata Khilafah dalam database memori remaja. Entah  belum diinput atau terselip dalam rimbunan istilah gaul mereka. Yang pasti,  remaja lumayan gagap kalo ditanya tentang khilafah.

Tapi itu dulu. Sekarang,  seiring berjalannya waktu dan laju roda dakwah yang menyasar pasar remaja,  istilah Khilafah semakin dikenal luas oleh remaja. Jadi kalo hare gene masih ada  remaja Islam nggak tahu apa itu Khilafah, tandanya cupu dan nggak gaul. Hehe…

“Tapi kan aku emang belum tahu!” Oke, kalo emang masih ada yang  belum tahu, kalo gitu D’Rise kasih tahu ya. Khilafah adalah sebuah kepemimpinan  umum bagi kaum muslimin di seluruh dunia, dipimpin oleh seorang Khalifah yang  satu, untuk menerapkan syariat Islam dan menyebarkan Islam ke seluruh penjuru  dunia. Itulah dia definisi Khilafah yang kita kutip dari Syekh Taqiyuddin an  Nabhani, beliau adalah seorang ulama mujtahid dari Palestina. Dengan kata lain,  Khilafah adalah sebuah negara yang di dalamnya diterapkan syariat Islam secara  sempurna dan dipimpin oleh seorang Khalifah. Cuma sistem pemerintahan ini saja  yang diajarkan oleh Rasulullah saw.

kepada kita. Seorang muslim akan sangat membutuhkan Khilafah, karena hanya  dengan Khilafah sajalah Islam bisa diterapkan dengan sempurna dan kaum  muslimin bisa melaksanakan segala perintah Allah dengan baik dan total. Kalo  tanpa Khilafah, Islam hanya bisa dilaksanakan sepotong-sepotong aja, nggak  menyeluruh. Karena itulah kita sangat membutuhkan Khilafah.

Di jaman kita ini Khilafah nggak ada, akibatnya banyak kaum muslim  yang nggak melaksanakan aturan Islam lagi. Kaum muslim pun dianiaya dan  dibunuh di berbagai belahan dunia. Wilayah-wilayah kaum muslim pun dengan  bebas dikeruk dan dieksploitasi oleh kaum kafir penjajah. Karena itulah tugas  remaja Islam sekarang adalah mengembalikan Khilafah agar bisa ditegakkan  kembali. Dengan Khilafah itulah nantinya umat Islam akan kembali mulia dan  sejahtera. So, remaja muslim wajib melek khilafah. Yuk![Sayfh