KITAB PALING OTENTIK | Majalah Remaja Islam DRise
Friday, September 22nd, 2017
Breaking News
You are here: Home >> Drise Online >> KITAB PALING OTENTIK
KITAB PALING OTENTIK

KITAB PALING OTENTIK




Majalahdrise.com – Beberapa waktu yang lalu dunia  sempat dihebohkan dengan  ditemukannya salinan Al-Qur’an  tertua di universitas Birmingham, Inggris.  Berdasarkan penelitian radiokarbon,  perkamen tersebut diperkirakan berusia  1370 tahun. Menurut peneliti, boleh jadi  salinan ini ditulis tak jauh dari masa Nabi Muhammad Saw hidup. Wih.

Buat kalangan akademisi, orang-orang skeptis, orientalis, ataupun non  muslim yang sekedar penasaran,  penemuan ini pastinya menarik banget,  apalagi ketika manuskrip itu dibandingkan  dengan mushaf Al-Qur’an yang kita pegang  sekarang. Tapi, bagi orang beriman seperti  kita-kita ini, ciee, penemuan manuskrip ini  pastinya nggak akan menambah ataupun  mengurangi keyakinan kita terhadap  keotentikan  Al-Qur’an dong.

Yup, bukan berarti keimanan kita ini  dogmatis alias doktrin alias “udah, yakini  ajah!”, tapi justru keimanan kita bahwa Al-Qur’an adalah firman Allah itu bersifat  rasional, alias bisa dibuktikan dengan akal  sehat.  Semua orang juga tahu, bahwa Al-Qur’an itu berbahasa Arab. Kalau ada yang  berpendapat berbeda, kayaknya orang itu  perlu dipinjami kamus bahasa arab deh.

Bahkan, Al-Qur’an sendiri pun menegaskan  bahwa kitab ini berbahasa Arab yang terang  benderang (QS An-Nahl:103). Namun  hebatnya, Al-Qur’an mempunyai  keunikan  dalam gaya pengungkapan dan susunan  katanya, yang tak didapati dalam kitab lain,  bahkan yang sekedar mendekatinya pun  nggak ada.

Lebih jauh lagi, Allah kemudian  menantang semua manusia, bahkan berikut jin dan kawan-kawannya sekalian,  untuk membuat satu surat saja yang  serupa dengan Al-Qur’an (QS Al-Baqarah:23), tapi sampai sekarang pun gak  ada yang bisa. Al-Qur’an diturunkan di  tengah-tengah bangsa yang gandrung  dengan puisi dan syair. Tapi, tak ada satu  pun dari penyair Arab yang paling handal  sekalipun, yang mampu membuat karya  seperti al-Qur’an. Inilah mukjizat Al-Qur’an. bersambung……

di muat di majalah remaja islam drise edisi 49




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

15 + two =