Konsultasi Menghilangkan ketakutan berdakwah | Majalah Remaja Islam DRise
Monday, September 25th, 2017
Breaking News
You are here: Home >> Drise Online >> Konsultasi Menghilangkan ketakutan berdakwah
Konsultasi Menghilangkan ketakutan berdakwah

Konsultasi Menghilangkan ketakutan berdakwah




Assalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Sy takut berdakwah. Ilmu Islam  sy masih sangat sedikit dan saya takut dengan resiko ditolak dan dicap fanatik.  (Citra, Surabaya)

Wa’alaikumussalam Wr.Wb.

Dik Citra yang baik,

Rasa takut adalah perasaan yang fitrah  dalam diri manusia. Setiap orang memiliki  rasa takut karena ia termasuk potensi  manusia, yaitu naluri.  Menghilangkan rasa  takut dari diri manusia adalah hal yang tidak  mungkin, yang mungkin dilakukan adalah  menyalurkannya atau meminimalisir rasa  takut, serta menempatkannya secara tepat.   Malu dan takut itu harusnya muncul ketika  kita melanggar hukum-hukum  Allah SWT  yaitu ketika kita sedang mengerjakan  kemaksiatan.

Dalam mengerjakan perintah  Allah SWT harusnya tidak boleh merasa malu  atau takut, karena kita melaksanakan  perintah pencipta kita, pencipta segala yang  ada di alam semesta dan segala  keteraturannya. Dik Citra yang baik,  Aktifitas dakwah adalah aktifitas yang  mulia. Mengajak kebaikan adalah sebaik-baik  perkataan. Melalui dakwah kebenaran akan  tersampaikan. Kebatilan akan terkalahkan.  Melakukan amar ma’ruf nahi mungkar  (dakwah)  merupakan kewajiban yang  diperintahkan Allah SWT pada semua hamba-Nya sesuai dengan kemampuannya.

Jika kita  baru sedikit tahu akan Islam, maka apa yang  kita ketahui itulah yang kita sampaikan.   Sampaikanlah walaupun hanya satu ayat (HR  Bukhari).  Dengan menyampaikan apa yang  telah kita ketahui, insyaAllah akan  mendorong kita untuk semakin menambah  ilmu Islam yang kita miliki. Keberkahan Ilmu  kita jika apa yang kita ketahui, kita  laksanakan sekaligus kita sampaikan pada  orang lain agar menjadi ladang amal yang  mengalirkan pahala tidak terkita.

Barangsiapa  memberi petunjuk kebaikan pada seseorang,  maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengikuti ajakannya tanpa  mengurangi pahala mereka sedikit pun juga (HR  Muslim).

Dik Citra yang baik, Setiap orang yang ingin melakukan amar  ma’ruf nahi mungkar pastilah mendapat  rintangan. Kesabaran adalah kunci dalam  menghadapi rintangan yang muncul dalam  melakukan aktifitas dakwah. “Dan suruhlah  (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah  (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan  bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu.  Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal  yang diwajibkan (oleh Allah) .” (QS. Luqman :17).

Lawanlah rasa takut terhadap rintangan yang  akan muncul di jalan dakwah, baik celaan atau  cap negatif lainnya dengan membulatkan  keyakinan bahwa Islam pasti benar dan  kebenaran hanyalah milik Islam semata.  Pahami sungguh-sungguh bahwa dakwah  adalah kewajiban dari Allah SWT, dan aktifitas  yang mulia.  Niatkanlah melakukan aktifitas  dakwah ikhlas karena Allah SWT, bukan karena  yang lain. Jadikan ridho Allah SWT sebagai  tujuannya.  Yakinlah, segala macam usaha kita,  asal niat dan caranya benar, berhasil atau tidak  aktivitas itu, sukses atau gagalnya akan  mendapatkan nilai di mata Allah SWT.

Dan  tidak lupa, senantiasa berdo’a memohon  kepada Allah SWT dijauhkan dari rasa takut  dalam berdakwah dan meminta agar lisan kita  dimudahkan dalam meyampaikan kebaikan.  Robbisy rohlii shodri wa yassyirlii amrii wahlul  uqdatammilisaanii yafqohuu qoulii. Ya Tuhan,

lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala  urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku,  agar mereka mengerti perkataanku. Semoga  dengan aktifitas dakwah yang kita lakukan akan  menjadi salah satu pembuka pintu surga bagi  kita. Allahumma aamiin…[]

di muat di majalah remaja islam drise edisi 51




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

five + 14 =