Kalo anda ngantuk, obatnya pasti tidur. Tapi kalo ngantuk  sementara kerjaan masih numpuk, pastinya minum kopi buat  mengusir rasa kantuk. Tapi kalo udah nyeruput kopi tubruk,  kopi item, kopi luwak, dan suku bangsanya tapi mata masih ngantuk,  harus ada cara lain.

Yup, kopi panasnya jangan diminum, tapi dipake  cuci muka, dijamin rasa kantuk hilang berganti lolongan yang  panjang. Heheheh…Don’t Try This At Home! Driser, bukannya kita mau ngajarin gak bener ya. Itu cuman  pariwara aja seputar kopi yang udah terkenal sebagai pengusir rasa  kantuk.

Tahu dong rahasianya? Cedas! Jawabanya karna ada zat  kafein dalam kopi. Kafein atau kafeina adalah zat yang banyak terkandung dalam  kopi, teh dan minuman ringan. Kafein merupakan senyawa alkaloid  xantina berbentuk kristal dan berasa pahit. Zat ini biasanya di  gunakan sebagai obat perangsang system pusat saraf dan dapat  mengusir rasa kantuk sementara.

Catet tuh, sementara! Selain obat ngantuk, kafein juga di gunakan di dunia tentara  dan olahraga seperti atletik dan binaraga untuk meningkatkan  performa tubuh. Bagi binaragawan, satu cangkir kopi sebelum  latihan bisa meminimalkan rasa sakit pada otot selama latihan. Jadi  kalo badan kita sakit, boleh deh tuh dicoba bikin secangkir kopi. Lalu  sajikan ke tukang urut yang mijitin badan kita yang sakit. Hehehe…. Tahu gak, ternyata istilah kopi berasal dari bahasa Arab    ﺓﻭﻬﻗ (qahwah) yang berarti kekuatan. 

Karena pada awalnya, kopi  digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah   mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa  Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa  Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa  Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.  Walaupun kopi memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi jika  dikonsumsi secara berlebihan bisa bikin keteteran. Karena dapat  menyebabkan jantung berdebar, hipertensi, insomnia, dan masalah  kesehatan lainnya. Selain itu, kafein dalam kopi juga dapat  meningkatkan resiko keguguran pada wanita hamil.

Makanya wanita  hamil disaranin dokter untuk meminimalkan asupan kafein atau  berhenti mengkonsumsinya. Driser, buat kamu yang doyan ngopi silahkan konsumsi dan  hati-hati jangan sampe kebablasan. Mentang-mentang mau  begadang semalaman, bikin kopi satu panci. Mau nyeruput kopi  atau mandi kopi? Dan bagi yang nggak doyan, gak usah  memaksakan diri. Enjoy aja dengan minuman pengusir kantuk yang  kamu suka. Ok?! [Ridwan]  

MANFAAT MINUM KOPI  

Berikut adalah khasiat minum kopi yang baik untuk kesehatan  tubuh kita:

  1. Dapat melindungi jantung dan mencegah penyakit stroke. Karena kopi mengandung antioksidan yang dapat membantu menahan efek buruk peradangan pada arteri.  
  2. Dapat meningkatkan kinerja otak. Apabila meminum kopi dengan gula dapat mendongkrak efisiensi kinerja otak dan membantu memperpanjang daya tahan perhatian dan  fokus pada seseorang.
  3. Dapat mencegah batu empedu. Berdasarkan peneliti Harvard di tahun 2002, apabila meminum kopi setidaknya empat cangkir kopi sehari mempunyai resiko 25 persen  lebih rendah terserang batu empedu.  
  4. Dapat mengurangi resiko terserang kanker kulit. Akibat kandungan kafein yang tinggi dalam kopi yang diminum seseorang, maka pengembangan sel basal karsinoma pun  lebih rendah, sel ini adalah sel yang menyebabkan kanker  kulit.
  5. Dapat membantu menekan resiko penyakit parkinson. Kafein yang terkandung didalam kopi dapat membantu menekan resiko terserang penyakit parkinson.
  6. Dapat mencegah penyakit diabetes. Karena kopi mengandung asam klorogenik yang sangat berperan aktif dalam memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan.  Asam klorogenik juga berfungsi untuk merangsang  pembentukan GLP-1, zat kimia yang dapat meningkatkan  hormon insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula  ke dalam sel-sel). Zat lain yang terdapat dalam kopi adalah  trigobelin (pro vitamin B3), zat ini dapat membantu  memperlambat penyerapan glukosa.
  7. Dapat mengurangi resiko terserang kanker kolon. Kopi bersifat menekan tumor proximal yang identik dengan kanker kolon.
  8. Dapat mempercepat pemulihan setelah berolahraga. Satu cangkir kopi sebelum berolahraga, tidak hanya memberikan  energi ke dalam tubuh kita, tetapi juga membunuh  beberapa penyakit atletik yang biasa dialami saat berolah  raga.
  9. Dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. Meminum kopi dapat menunda atau bahkan menghindarkan seseorang dari penyakit alzheimer.  
  10. Dapat meningkatkan metabolisme. Karena kopi mengandung kafein yang dapat merangsang metabolisme dan membantu untuk mempertahankan berat badan.
  11. Sangat baik untuk merawat kecantikan khususnya bagi kaum wanita. Khasiat minum kopi dapat mentralkan kulit yang teriritasi, memberi nutrisi dalam kulit, menghilangkan  bekas jerawat, mengangkat sel kulit mati ataupun  menghilangkan bau badan.[]