Majalahdrise.com – Jika kamu ingin mengenal dunia, membacalah.  Jika kamu ingin dikenal dunia, maka  menulislah. Nah, mungkin kita pernah dengar  kata-kata bijak tersebut. Salah satu aksi kreatif di  muka bumi ini ialah menuliskan sebuah karya  yang membangkitkan peradaban dan  menginspirasi orang untuk terus maju. Buku di  rubrik rekomendit kali ini akan mengangkat tema  seputar dunia tulis-menulis. Siap-siap melahap  banyak tips di dalamnya ya! Buku berukuran sedang ini diberi judul  “Melawan Dengan Pena”, yang ditulis dengan  gaya tulisan khas dari penulisnya, Abay Abu  Hamzah. Mungkin dari kita sudah pernah  membaca beberapa karya ustadz Abay ini ya.  Alhamdulillah, sekarang muncul gebrakan buku  ini yang memberikan inspirasi dan konsep untuk  menjadi penulis yang mendobrak peradaban. Di bagian pendahuluan buku, kita coba  digugah dengan sebuah kutipan pesan dan  narasi berikut ini :

“Kakekku, jangan salahkan cucumu jika  hanya mengenalmu sebatas nama dan  statusmu sebagai kakekku. Tidak lebih dari  itu. Maafkan aku jika lebih mengenal Karl  Marx, Lenin dan Stalin daripada kakekku  sendiri. Bukan karena aku tidak ingin  mengenalmu, tapi karena tidak ada tulisan  yang bisa kubaca tentangmu” Kebayang ya, jadi cucu bisa tidak mengenal kakeknya sendiri lantara semasa hidup kakeknya  tidak pernah menulisnya karya nyata maupun  karya tulis. Jadi, upaya kita untuk menulis bukan  hanya untuk dikenal dan naik pamor.

Namun  menjaga kelestarian umat manusia dan melukis  sejarah dengan sebaik-baiknya. Lalu pertanyaannya, apa menulis itu  sembarang nulis? Tentu tidak ya. Ngga semua  tulisan enak dibaca, belum tentu sarat makna  dan padat informasi. Walau kita memiliki banyak  ilmu, tapi tidak menguasai teknik menulis dengan  benar, bisa-bisa informasi yang diberikan tidak  membekas di hati para pembaca. Nah, sayang  banget tuh !

Buku ini terdiri dari 5 bab  utama, mulai  dari motivasi menulis hingga upaya menerbitkan  buku atau karya yang telah kita tulis tersebut. Isi  yang full energy terdapat pada bab 3, yaitu ENAM  TAHAPAN MENULIS. Buat yang selama ini merasa  berat dalam memulai dan menuntaskan tulisan,  insyaallah pada bab ini akan dibimbing supaya  masalah itu tidak lagi jadi penghalang. Mulai dari  tips-tips mendapatkan inspirasi, menuangkan  dalam bentuk tulisan, mempercantik dan  menajamkan isinya. Wah, panjang juga ya  prosesnya. Iya dong, kan kita ingin tulisannya  berkualitas.

Tak ketinggalan yaitu bagaimana  mendapatkan gaya bahasa yang ngga  menjemukan. Karena konsep menulis tidak sama  dengan cara berbicara. Butuh memilih kata dan  susunan. Di buku ini pun diberi tips yang  memudahkan kita mendapatkan gaya menulis  secara alami maupun buatan. Nah, menarik ya  kisi-kisi buku ini. Semoga seperti judul bukunya, yaitu  melawan dengan pena.

Semoga abis baca buku  ini, kita punya tambahan bentuk perlawanan  baru terhadapa kebodohan dan kekufuran. Yaitu  melalui tulisan yang membangun spirit, dan  insyaallah menjadi amal jariyah yang kelak kita  bawa ke akhirat. Yuk nulis ! [Alga Biru]

PROFIL BUKU

Judul  : Melawan Dengan Pena

Penulis  : Abay Abu Hamzah

Penerbit  : Mabda

Harga  : Rp.46.000