MAJALAHDRISE.COM – Assalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Mbak, sy sering terbawa sikap org pada sy, misal saat beli penjualnya melayani dengan muka cemberut, tidak ramah, saya jadi ikut bersikap seperti itu ke penjualnya. Gimana cara agar sy tetap bersikap baik, meski orang tidak baik ke saya? Terima kasih (Rafa, bumi Allah)

Wa’alaikumussalam Wr.Wb.

Dik Rafa yang baik,

Memang tidak dipungkiri, terkadang sikap, dan tindakan Kita dipengaruhi oleh orang lain. Jika mereka bersikap baik, kita pun akan bersikap baik. Sebaliknya, jika mereka melakukan hal yang buruk, kita akan cenderung membalas dengan hal yang sama-sama buruk. Dik Rafa, Islam telah mengajarkan bagaimana kita bersikap pada orang lain. Allah SWT memerintahkan kita selalu berbuat baik pada orang lain ikhlas semata-mata karena mengharap ridho –Nya, bukan mengharap balasan dari orang lain. Yakinlah jika kita berbuat baik, tentunya kebaikan pula balasan yang akan diberikan Allah SWT, baik di dunia ataupun di akhirat nanti. “Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan pula.” (QS. Ar-Rahman [55]: 60). Ketulusan niat saat kita melakukan kebaikan akan menjadikan kita tidak kecewa jika sikap baik kita dibalas keburukanoleh orang lain.

Dik Rafa yang baik,

Marilah coba merenung, mengapa sikap dan tindakan kita harus dipengaruhi orang lain. Mengapa untuk berbuat baik saja, kita harus menunggu diperlakukan dengan baik oleh orang lain dulu. Jika kita sampai terpengaruh, berarti Kita membiarkan orang lain mengatur danmengendalikan hidup Kita. Padahal Kitalah yang bertanggungjawab atas diri sendiri. Jagalah suasana hati. Jangan biarkan sikap buruk orang lain kepada kita menentukan cara kita bertindak. Pilih tetap berbuat baik, sekalipun menerima hal yang tidak baik. Jika mereka bersikap tidak baik, dan kita membalasnya, ya berarti kita sama saja dengan mereka. Berusahalah membalas keburukan mereka dengan kebaikan. . Allah SWT memerintahkan untuk membalas perbuatan buruk dengan yang lebih baik (Q.S. Al-Mu’minun [23]: 96).

Dik Rafa yang baik,

Tetap berbuat baiklah kepada siapapun, bahkan kepada orang yang telah bersikap buruk kepada kita. Sebab pahala kebaikan kita akan dilipatgandakan  “Mereka itu diberi pahala dua kali lipat disebabkan kesabaran mereka dan mereka menolak kejahatan dengan kebaikan.”(QS. Al-Qashash [28]:54). Dik Rafa, semoga Adik mampu menjadi pribadi mulia dengan berbuat baik pada siapa saja. Allahumma aamiin…[]

di muat di Majalah Remaja Islam Drise Edisi #42