Assalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Mbak, skrg usia sy 19 thn, sy bingung ke depan sy mau menjadi apa?
Bgmn cara mempersiapkan masa depan terutama memilih pekerjaan… (Irfan, Batam)

 

Wa’alaikumussalam Wr.Wb.

Dik Irfan yang baik,

Masa remaja sebagaimana Adik saat ini, adalah masa yang penting untuk merencanakan masa depan. Apa yang Adikrencanakan dan lakukan di masa remaja akan menentukan bagaimana masa depan nantinya. Keberhasilan di masa depan merupakan hasil dari usaha yang dilakukan saat ini. “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri “(QS. Ar Ra’d : 11)

Dik Irfan yang baik,

Siapa yang tidak merencanakan masa depannya, niscaya ia merencanakan kegagalannya. Janganlah Adik menatap masa depan dengan pikiran bingung, tapi rencanakanlah sebaik mungkin “planning your future”Seorang musafir yang paham arah tujuannya tentu berbeda dengan musafir yang tidak mengetahui arah yang ditujunya. Maka, rencanakanlah perjalanan hidup Adik. Kebiasaan orang sukses adalah melatih dirinya untuk hidup dengan sebuah arah yang jelas. Ia tidak akan membiarkan hidupnya mengalir menuju kegagalan.

Dik Irfan yang baik,

Salah satu tugas perkembangan remaja adalah memilih dan menyiapkan pekerjaan untuk masa depan. Termasuk berusaha memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk menjadi seorang muslim yang punya kompetensi. Coba lihat apa yang menjadi minat Adik, dan potensi yang dimiliki. Minat bisa berkaitan dengan bidang akademik atau non akademik. Adik bisa memilih dan merencanakan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang diminati, selama tidak bertentangan dengan Islam, misal jika menyukai bidang medis bisa masuk kedokteran, dsb. Yang pasti rencanakan masa depan Adik dengan baik, tetapkan target dan langkah – langkah untuk mencapainya dengan detail, serta laksanakan rencana tersebut sebaik mungkin. InsyaAllah Adik akan berhasil dengan kesungguhan usaha dan senantiasa memanjatkan do’a pada Allah SWT. Allahumma aamiin…[]

di Muat Di Majalah Remaja Islam Drise Edisi 46