Assalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Sy bingung, apa potensi diri saya …Gimana cara mengetahuinya?

(Tia, Medan)

Wa’alaikumussalam Wr.Wb.

Dik Tia yang baik,

Potensi  merupakan  kekuatan  atau  kemampuan yang  ada dalam diri seseorang yang  sedang menunggu untuk dimanfaatkan.  Potensi  akan  berkembang  baik  pada  orang  yang  mengetahui kemampuannya dan berkeinginan  kuat  untuk  mengembangkannya.  Sebaliknya,  potensi akan terkubur jika  pemiliknya berdiam  diri  dan  tidak  perduli  dengan  potensi    yang  dimilikinya.  Setiap  orang  mempunyai  potensi.  Apakah berupa kecerdasan berpikir, fisik  yang  sehat,   pandai   berkomuni kasi ,   j i wa  kepemimpinan,  keuletan,  kesabaran  dan  lain  sebagainya.  Hanya  saja,  banyak  orang  belum  menyadari  potensinya  hingga  menjadikan  aktifitasnya berjalan tidak all out. Jika  potensi  tersembunyi seseorang sudah diketahui, tergali  dan  termanfaatkan  secara  maksimal,  maka  segala sesuatu yang dilakukannya akan berjalan  dengan lebih efektif. Usaha dan energi diarahkan  pada  sesuatu  yang  benar-benar  merupakan  kelebihannya.  Saat  melakukan  aktivitas  atau  pekerjaan tidak akan merasa berat atau malas,  melainkan  benar-benar  merasa  sedang  menjalani hidup. Hidup yang ringan, seimbang  dan menyenangkan.

Dik Tia yang baik

Agar mengetahui potensi kita, maka kita  harus  mengenal  siapakah  diri  kita.  Kita  bisa  menemukan potensi kita dengan mengenali apa  yang kita sukai atau mencari tahu dari orang lain.   Kenalilah aktivitas apa yang paling kita sukai.  Aktivitas yang selalu ingin  kita lakukan  dalam  keadaan lapang atau sempit. Kenalilah aktivitas  apa  yang  paling  membuat  kita  begitu  asyik.  Seolah tanpa bosan melakukan berlama-lama.  Begitu  enjoy  dan  tanpa  beban  ketika  sedang  mengerjakannya.  Kenalilah  aktivitas  apa  yang  paling mudah dan cemerlang yang biasa kita  lakukan. Biasanya jika kita melakukan aktivitas itu  akan bersemangat dan merasa tidak kesulitan.  Kenalilah  aktivitas  yang  menjadi  impian  sejak  lama.  Sebuah  potensi  terkadang  berasal  dari  impian  masa kecil yang mendorong seseorang  untuk mewujudkannya. Kenalilah aktivitas yang  paling cepat kita pelajari atau lakukan. Misal suatu  keterampilan yang mudah sekali kita mengerti  setel ah  di pel aj ari ,   kemudi an  ki ta  bi sa  menekuninya  sepenuh  hati.  Agar  penilaian  tentang diri kita lebih bersifat objektif, kita bisa  juga  bertanya pada orang lain  tentang  potensi  yang  sebenarnya  kita  miliki,  sebab  terkadang  orang  lain  atau  orang  terdekat  kita  lebih  mengetahui kemampuan kita ketimbang diri kita  sendiri.

Dik Tia yang baik,

Potensi  yang  telah  kita  temukan  harus  dikembangkan.  Pengembangan  potensi  diri  sebagai tanda syukur kepada Allah SWT yang telah  memberikan  potensi  yang  besar  kepada  Kita.  Sungguh tidak baik jika  kita mengabaikan dan  justru malah mengeluhkan kekurangan. Padahal  potensi diri kita sangat luar biasa, namun masih  terpendam  sebab  tidak  pernah  kita  gunakan.  Mengembangkan potensi diri sebagai salah satu  bentuk syukur atas nikmat yang Allah berikan.  Barangsiapa yang bersyukur maka Allah SWT akan  menambah nikmat padanya, dan barangsiapa yang  tidak bersyukur atas nikmat yang telah diberikan  Allah SWT, maka kemurkaan-Nya sangat pedih.

Dengan mengembangkan potensi diri, kita  akan  menggali  potensi  kita  sehingga  bisa  digunakan untuk kepentingan dan kemajuan diri  kita untuk melakukan  hal luar biasa, bukan saja  untuk diri sendiri tetapi memberikan manfaat  yang besar bagi banyak orang. Dik Tia yang baik,  semoga  segera  menemukan  potensi  diri  dan  mengembangkannya untuk menjadi pribadi yang  banyak menebarkan manfaat. Bukankah sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi  orang lain?(HR. Ahmad). Allahumma aamiin..[]

di muat di majalah remaja islam drise edisi 50