Majalahdrise.com – Ngorol di dunia maya makins eru dengan kehadiran symbol. Ekspresi lawan bicara nggak cuman terlukis dalam rangkaian kata, tapi juga bisa ditunjukkan dalam bentuk visual. Gambar yang unik, lucu sekaligus ngegemesin. Inilah jasa dari emoticon bikin chatting online makin rame. Berikut 10 hal pernting yang patut kita ketahui tentang emoticon. Simak yuk!

 

Emoticon tertua. Emoticon pertama diterbitkan pada 30 Maret 1881 oleh (sekarang sudah tidak ada) majalah majalah Amerika Puck.

 

Abraham Lincoln Emoticon. Pada tahun 2004, tim dari arsip perusahaan digital Proquest stumbled across bisa menjadi contoh emoticon terlama yang di cetak di transkrip pidato Presiden Lincoln tahun 1862.

 

Emoticon Internet Pertama. Pada 19 September 1982, ilmuwan komputer Carnegie Mellon University Scott Fahlman memperkenalkan smiley pertama pada sebuah pesan untuk membedakan postingan serius dan lelucon.Sejak itu, Fahlman dikenal sebagai “ayah dari smiley.”

 

Western vs. Eastern Emoticons

Western-style         Eastern-style
smile/happy           🙂                            (^_^)
frown/sad               🙁                            (T_T)
wink                        😉                            (^_~)
shocked                  :-0                            (o_O)

Seperti hip hop, emoticon memiliki gaya geografis; ada emoticon barat dan ada emoticon timur . Barat dibaca menyamping (dari kiri ke kanan) sedangkan gaya emoticon timur dengan membaca tegak lurus

 

Statistik Emoticon.Pada tahun 2007, Yahoo! mensurvei 40.000 pengguna Yahoo! Messenger dan menemukan bahwa 82% di antaranya menggunakan emoticon dalam percakapan IM. 83% mengatakan bahwa “kebahagiaan” dan “flirting” adalah dua emosi (flirting adalah emosi?) Kebanyakan mereka menyatakannya dengan menggunakan emoticon. 57% mengatakan bahwa mereka lebih senang mengungkapkan perasaan sebenarnya dengan menggunakan emoticon daripada langsung dengan kata-kata. Pengguna Yahoo! Messenger sangat mendedikasikan pada emoticonnya: 66% dari mereka ingat 3 karakter emoticon atau lebih. 19% dari mereka ingat 10 karakter emoticon.

 

Evolusi Emoticon. Dikendarai oleh program-program pesan instan seperti Yahoo! Messenger, Windows Live Messenger, AIM dan ICQ, emoticon cepat berkembang dari teks smiley menjadi lebih kompleks, yakni animasi grafis.Yahoo! Messenger bahkan ada set “tersembunyi” emoticon yang tidak akan Anda temukan dalam menu, namun dapat “aktif” dengan mengetikkan shortcut keyboard tertentu. Bahkan Gmail dalam permainan – mereka menambahkan, “emoji” (grafis emoticon dalam bahasa Jepang). Jika Anda ingin mereka untuk account Gmail Anda, cukup masuk ke >Pengaturan Labs, kemudian mengaktifkan “Extra Emoji.”

 

Emoticon Sebagai Merek Dagang. Pada tahun 2000, Despair Inc, perusahaan yang datang dengan lucu “de-Motivational” produk, atau merek dagang 🙁 frowny emoticon.Menyatakan barang siapa yang menggunakan logo tersebut di e-mail atau internet akan didenda 7 juta dollar, kemudian perusahaan tersebut mendapatkan tekanan dari semua orang. Pengusaha Rusia Oleg Teterin menggunakan 😉 untuk merek dagang perusahaannya atau wink emoticon dalam Rusia. Dalam sebuah wawancara televisi, Oleg berkata:

“Saya ingin menekankan bahwa ini hanya diarahkan pada perusahaan, perusahaan yang mencoba untuk membuat keuntungan tanpa izin dari pemilik merek dagang,” katanya dalam komentar untuk NTV.Perusahaan akan memberikan hukum peringatan jika mereka menggunakan simbol-Nya tanpa izin, “ujarnya.

“Penggunaan yang legal setelah membeli lisensi tahunan dari kami,” seperti dikutip oleh Kommersant katanya. “Itu bukan biaya yang banyak hanya puluhan ribu dolar.”

 

Driving LED Emoticon. Berpikir bahwa Anda hanya dapat menggunakan emoticon dia Internet? coba pikir lagi! Kini ada baterai powered LED emoticon untuk mobil Anda, sehingga Anda dapat memberitahu orang-orang yang terjebak di belakang Anda bagaimana perasaan anda.

 

Manusia Emoticon. Jika emoticon adalah ungkapan emosi yang dimasukkan ke dalam format teks sederhana, apakah ada proses sebaliknya? seniman New Jersey berbasis multimedia Dan Wade mengambil emoticon dan menggantikan emosi mereka.

 

Driser, kebayang dong gimana garingnya ngobrol via YM, BBM, MSN, ICQ atau email tanpa adanya emoticons (simbol emosi/ perasaan yang biasa kita gunakan di messanger atau email). Wajah deh kalo kita kasih apresiasi kepada bapak yang satu ini. Sekitar 25 tahun yang lalu, Profesor Scott Fahlman dari Universitas Carnegie Mellon menemukan simbol yang pastinya sudah sangat kita kenalseperti “:-)”, “:-(“, ” ” dan lainnya. Pertama kali, Profesor Scott membuat emoticons di salah satu buletin elektronik (Electronic Bulletin) pada tanggal 19 September 1982 pada jam 11:44.Terima kasih profesor karena Anda udah bikin ramai dumay. [@Hafidz341]

di muat di Majalah Remaja Islam Drise Edisi #42