Assalamu ‘alaikum Wr. Wb. Mbk Rina, saya mau bertanya.  Saya kalau mengajak teman-teman  akhwat mengaji, saya dibilang sok  alim. Menurut pandangan Mbk apa  yang harus saya lakukan dan  gimana solusi biar gak dicemooh  oleh teman-teman saya yang salah  kaprah (Ferina, Meda)

Wa’alaikumussalam Wr.Wb Dik Ferina yang sholehah  Alhamdulillah, saya senang  mengetahui masih ada remaja Islam  seperti Dik Ferina. Remaja sholehah dan  berusaha mengajak saudarinya sesama  muslim juga menjadi sholehah. Dakwah  adalah ibadah mulia. Aktifitas mengajak  pada kebaikan dan melarang berbuat  dosa. Dik Ferina, dakwah sebagai seruan  Allah yang memang sudah seharusnya kita  lakukan. Sebaik-baik perkataan yaitu  perkataan yang mengajak taat kepada Allah  SWT.

Barangsiapa mengajak pada kebaikan,  maka ia akan mendapatkan pahala yang sama  dengan  pahala kebaikan orang yang  mengikutinya tanpa dikurangi sedikitpun. Luar  biasa, begitu besarnya keistimewaan dan  kemuliaan bagi seseorang yang melakukan  aktifitas dakwah.  

Dik Ferina yang sholehah  Menyeru pada kebaikan memang tidaklah  mudah. Akan ada berbagai macam ujian, dan  tantangan. Ini suatu hal yang sunnatullah.  Sebagaimana Rasulullah pun juga menghadapi  tantangan dakwah. Beliau dikatakan sebagai  orang gila, penyair, penyihir, diludahi, dilempari  kotoran unta, diboikot, termasuk menghadapi  rencana jahat upaya pembunuhan orang  Qurays Mekah atas Rasululllah. Apakah beliau  mundur dari dakwah?.

Sekali-kali tidak. Beliau  tidak pernah menghentikan dakwahnya, meski  berbagai tantangan dakwah tidak pernah  surut. Hingga akhirnya Allah memberikan  kemenangan beliau dan umat Islam dengan  tegaknya Islam di Madinah.  Dik Ferina yang sholehah  Agar kita tetap tegar berdakwah ; Pertama,  senantiasa hiasi aktifitas dakwah dengan  keikhlasan niat. Kita mengajak mengaji karena  rasa cinta dan sayang kita yang tulus.   

InsyaAllah dengan niat tulus akan mampu  menyentuh hati teman-teman.  Jangan malu  menyampaikan bahwa kita mengajak mereka  mengaji karena kita menyayangi mereka.  Teman yang baik bukan yang selalu  membenarkan temannya, tapi yang selalu  mengajak temannya berada dalam kebaikan.  Berikan pemahaman itu pada mereka.  Termasuk pemahaman pentingnya  mengaji Islam, serta balasan Allah pada  para pencinta majelis ilmu.     

Dik Ferina yang sholehah  Kedua, miliki sikap mental yang  kuat. Terimalah respon teman-teman  sebagai ujian untuk menjadikan kita  pribadi mulia. Jika teman-teman  memberi predikat “sok alim, sok ahli  Surga”,  Aminkan saja.

Semoga menjadi  do’a yang dikabulkan Allah.  Kita   menjadi seorang yang benar-benar  alim, dan menjadi penghuni surga.  Ketiga,  berupayalah menjadikan kata-kata seruan dakwah kita selaras dengan  perbuatan. Ini akan menjadi energi  positif saat kita mengajak teman  mengkaji Islam. Hingga tidak ada celah  teman mengatakan “Sok Alim, dll”.  

Sebab kita memang sungguh-sungguh  berupaya menjadi orang alim. Ketiga,  peliharalah kesabaran. Dengan  kesabaran, kita tidak mudah putus asa.   Perkuat keimanan dengan  memperbanyak aktifitas ibadah. Tidak  lupa sebutlah nama teman-teman kita  dalam do’a agar Allah membuka hati-hati mereka.  Itu dik Ferina, beberapa tips yang  bisa dicoba. Semoga Allah SWT  memberikan kemudahan Adik untuk  mengajak teman-teman menjadi  generasi Islam yang sholehah.  Allahumma amiin…..  []