drise-online.com – Assalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Mbk, sy tahu malas itu buruk. Tapi sy sulit menghilangkannya.Bagaimana cara agar terlepas dari sifat malas?(Tio, Madiun)

Wa’alaikumussalam Wr.Wb.

 

Dik Tio yang baik,

Setiap orang tidak menyukai sifat malas. Tetapi banyak yang tidak sadar telah terjangkiti sifat ini. Berleha-leha, tidak menyegerakan menyelesaikan aktivitas. Awalnya terasa enak, santai, menyenangkan saat tidak melakukan pekerjaan. Namun pada akhirnya menimbulkan penyesalan, karena malas menjauhkan kita dari keberhasilan.Rasulullahmenyeru kita menjauhkan diri dari sifat malas danmenjadi orang yang bersemangat.Semangatlah untuk meraih apa yang bermanfaat bagimu dan mohonlah pertolongan kepada Allah serta janganlah kamu lemah.” (HR Muslim).

Dik Tio yang baik,

Agar terlepas dari sifat malas, Kita harus sungguh-sungguh berniat dan berusaha menepis sifat ini. Usaha yang bisa Kita lakukan yaitu;

Pertama, sadarilah akibat buruk sifat malas dan sadarilahpentingnya waktu.Waktu adalah nikmat berharga dari Allah SWT.Ladang menuai kebaikan. Waktu yang berlalu tidak akan pernah bisa kembali lagi. Pribadi cerdas akan menggunakan waktu sebaik mungkin dengan melakukan aktivitas bermanfaat, bukan bermalas-malasan.

Kedua, bergaulah dengan teman yang baik. Teman punya pengaruh sangat besar. Teman yang baik adalah teman yang bisamengajak kebaikan danmendorong ketaatan. Berteman dengan teman rajin akan mendorong diri kita untuk meniru dan ikut sepertinya.

Ketiga, bacalah kisah-kisah semangat para salaf. Mereka adalah generasi istimewa yang senantiasa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Bersemangat dalam belajar, beribadah, berdakwahdan aktivitas lainnya.

Keempat, selalukerjakan amal shalih. Amalan yang paling dicintai Allah SWT adalah yang kontinu meskipun sedikit.“Amalan yang paling dicintai Allah Ta’ala adalah yang dikerjakan terus-menerus meskipun sedikit.” (HR Bukhari-Muslim). Orang yang senantiasa menghiasi hari-harinya dengan amal shalih, hatinya akan berpaling dari sifat malas, dirinya akan senantiasa semangat.

Kelima,Isilah dengan kegiatan bermanfaat. Bila rasa malas menghampiri maka bersegeralah untuk menepisnya dengan mengerjakan kegiatan yang bermanfaat.

Keenam, Jangan lupa berdo’a.Do’a adalah kekuatan seorang muslim untuk menangkal virus malas dan godaan setan. Mintalah selalu kepada Allah SWT agar tetap semangat dan jauh dari sifat malas.“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa lemah dan malas; dari rasa takut, tua, dan bakhil. Dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur dan fitnah hidup dan kematian.”[HR Bukhari-Muslim).

Dik Tio yang baik, semoga dengan usaha tersebut Kita terhindar dari sifat malas. Allahumma amiin..[]

di muat di Majalah Remaja Islam Drise edisi #39