Menjadi Paus Alexander VI | Majalah Remaja Islam DRise
Friday, September 22nd, 2017
Breaking News
You are here: Home >> News >> Menjadi Paus Alexander VI

Menjadi Paus Alexander VI




majalahdrise.com – Sejak masa mudanya, Rodrigo Borgia gemar sekali berbuat maksiat. Dia memiliki banyak gundik dan melahirkan anak-anak tidak sah dari para gundik itu. Dia amat tamak kepada harta dan seringkali menjadikannya sebagai alat untuk memuaskan apa pun yang dia inginkan. Berbagai pesta maksiat bersama dengan para pelacur yang biasa disebut “Pesta Kebun” adalah kesukaan Rodrigo. Sudah banyak orang yang mengecam keras atas kegemaran Rodrigo ini, termasuk Paus Pius II yang mengatakan bahwa pesta-pesta orgi yang selalu digelar Rodrigo itu adalah ‘tidak pantas’, dan mendesaknya untuk mengurus kehormatannya dengan kebijaksanaan yang lebih besar.

Rodrigo harus menunggu hingga usianya 61 tahun, dan menunggu hingga empat kali pergantian Paus, ketika dia sendiri mendapat kesempatan untuk naik menjadi Paus. Sekaratnya Paus Inosensius VIII membuat berbagai kelompok yang mengincar takhta Kepausan pun mempersiapkan diri untuk memenangkan jagoan masing-masing. Para keluarga berpengaruh pun berseteru. Banyak yang memandang bahwa pemilihan Paus adalah kehendak Tuhan dan karya-karya Roh Kudus, tapi jika melihat perseteruan keluarga berpengaruh yang ada di sekitarnya, pemilihan ini didasari persaingan kekuatan, kelicikan, dan konspirasi. Kotor sekali.

Konklaf atau ritual pemilihan Paus yang baru sarat dengan suap dan kecurangan, sampai-sampai ada pandangan bahwa siapa yang banyak menyuap dan paling curang itulah yang akan menang. Raja Ferrante dari Napoli siap menggelontorkan sejumlah besar emas untuk memastikan terjaminnya orang-orang Napoli di Vatikan.

Berbagai propaganda untuk saling melemahkan pun diembuskan. Salahsatunya adalah isu bahwa orang-orang Milan hendak menggalang kekuatan untuk menaklukkan seluruh Italia, akibatnya kandidat Paus dari Milan kecil peluangnya untuk terpilih.

lanjut membaca




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

two × four =