Mulianya Muharram | Majalah Remaja Islam DRise
Monday, September 25th, 2017
Breaking News
You are here: Home >> Drise Online >> Mulianya Muharram

Mulianya Muharram




Majalahdrise.com – Bulan nopember ini kita memasuki awal tahun Hijriyah. Bulan Muharram sebagai permulaan tahun Islam termasuk salah satu dari empat bulan yang dimuliakan. Dari Abu Bakroh, Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,”Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya’ban.”

Al Qodhi Abu Ya’la rahimahullah mengatakan, ”Dinamakan bulan haram karena dua makna.Pertama, pada bulan tersebut diharamkan berbagai pembunuhan. Orang-orang Jahiliyyah pun meyakini demikian.Kedua, pada bulan tersebut larangan untuk melakukan perbuatan haram lebih ditekankan daripada bulan yang lainnya karena mulianya bulan tersebut. Demikian pula pada saat itu sangatlah baik untuk melakukan amalan ketaatan.”

Makanya, jangan sampe deh awal tahun kita nambah tabungan dosa. Harusnya, kita instrospeksi diri. Bisa jadi malaikan Ijroil bakal ngecengin kita nggak lama lagi. Setiap hari yang kita lewati, semakin dekat kita pada akhir kehidupan di dunia ini.

Mungpung masih dikasih umur, segera bertobat dari maksiat. Ubah orientasi hidup kita menjadi penggiat pahala dan pribadi taat. Jangan tunggu ajal mendekat. Lantaran kita nggak akan pernah tahu kapan maut menjemput. Mari jadikan awal tahun ini sebagai tonggak perubahan untuk kebaikan dunia akhirat. Selamat tahun baru Islam 1436 H. Yuk move on! [@Hafidz341]

di muat di Majalah Drise Edisi #41

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

2 × 4 =