Majalahdrise.com – Notifikasi alias pemberitahuan udah jadi bagian yang tak terpisahkan di dunia sosial media seperti facebook. Facebooker dengan sangat mudah mengetahui kalo ada pengguna lain yang ngasih komentar, nge-like, nge-tag gambar atau video. Banyaknya notifikasi, serasa jadi selebriti. Tapi apa jadinya kalo ternyata notifikasi malah memancing emosi. Masa sih?

Yoi cuy. Notifikasi itu ada yang natural ada juga yang otomatis. Notifikasi natural, berarti ada pemberitahuan friend request, komentar, atau jempol dari facebooker real human atas postingan kita. Ini wajar. Nah yang otomatis, biasanya kerjaan para spammer alias tukang nyampah di wall orang. Dengan bantuan software, para spammer ini menyebar komentar, auto tag, auto like, dan jualan sembarangan di timeline orang lain. Notifikasi model gini yang bikin bete.

Selain spammer, ada juga malware yang mendompleng notifikasi di facebook. Malware (berasal dari kata malicious dan software) adalah perangkat lunak yang di ciptakan untuk atau merusak sistem komputer atau jaringan komputer tanpa izin dari pemilik. Malware ini selain bisa menyedot koneksi internet (bikin lemot), juga bisa membajak data pribadi. Makanya harus hati-hati.

Belakangan ini, lagi rame beredar wabah malware video gadis mabuk yang bikin tengsin para facebooker. Secara gitu lho, itu preview video yang menampilkan gadis mabuk dengan posisi menggoda secara otomatis nongol di timeline kita. Bagi facebooker yang kepo, langsung aja diklik tautan video vulgar gadis mabuk yang direkomendasikan temannya. Selanjutnya, dia akan masuk ke website youtube kw dan ada pesan harus menginstall plugin untuk menjalankan video. Kalo pesan itu di klik ok, otomatis kena jebakan betmen. Browser google chrome atau mozilla firefox terinfeksi ekstension malware ini.

Extension yang digunakan dalam malware ini bernama “Atas Berita“ di Google Chrome dan “Full Screen” pada Mozilla Firefox.Kehebatan extension tersebut adalah mampu melakukan posting otomatis atau tag ke akun Facebook yang lain karena memiliki hak akses untuk membaca dan mengubah semua data pada situs yang dikunjungi.Tak lama, ini malware bakal bikin ulah dengan mengauto tag ke teman-teman kita yang isinya status video vulgar gadis mabuk tadi. Waduh… tengsin banget kan!

Makanya kita mesti hati-hati dalam mensikapi notifikasi. Cukup diliat aja dulu, jangan langsung dieksekusi. Terutama postingan yang ada tautan/link-nya. Walaupun infonya menggoda, kita harus tetap waspada. Bisa jadi itu serigala berbulu domba alias malware yang mengundang bahaya.

Biasakan cek en ricek setiap notifikasi sosial media yang kita terima. Kalo ada friend request, liat dulu profilnya. Statusnya bisa nambah kita taat apa justru memenuhi timeline kita dengan info minim manfaat. Jadikan pegangan kalo tujuan kita terjun di sosial media biar nambah ilmu, nambah harta dan pastinya nambah pahala. Kalo tiga tujuan itu nggak ada dari setiap notifikasi, abaikan saja. Setuju? Yuk! [@Hafidz341]

 

BOX:

Enyah Kau ‘Gadis Mabuk’! ^_^

  1. Cara paling mudah untuk terhindar dari masalah malware ‘gadis mabuk’:
  • Tidak mengklik tautan “Gadis Mabuk” di Facebook.
  • Cara lainnya, adalah dengan menghapus ekstensi ‘Atas Berita’ di Google Chrome.
  • Sementara untuk menghapusnya, Anda dapat klik ‘Laporkan/Hapus Tanda’ pada postingan ‘Gadis Mabuk’.
  • Jika sudah maka akan muncul pilihan menu, Pilihlah Menu bertuliskan ‘Ini Spam’.
  • Selanjutnya dari pihak Facebook memberitahukan jika proses Anda sudah selesai dan untuk selanjutnya pihak Facebook akan melakukan pengecekan.
  1. Namun, Jika sudah menjadi korban, Facebook menyarankan untuk melakukan langkah-langkah ini:
  • Buka peramban browser Anda (misal Mozilla Firefox).
  • Akses Tools -> Add-ons -> Ekstensi.
  • Setelah Anda menuju ke halaman ekstensi, tinjau daftar plug-in dan menghapus apapun yang terlihat mencurigakan di sana.
  • Klik gambar tempat sampah di sebelah kanan dan klik tombol Hapus pada kotak ‘Konfirmasi Penghapusan’.
  • Restart browser Anda
  1. Langkah lainnya, Anda juga dapat menggunakan aplikasi CCleaner, sebuah aplikasi yang dapat membersihkan browser Anda.

Setelah menjalankan langkah-langkah di atas, disarankan bagi para ‘korban’ untuk segera mengganti password akun Facebook. Ok. Selamat Mencoba! []

di muat di Majalah remaja Islam Drise Edisi #43