1. Sebenernya Komunitas #YukNgaji ini apa sih?

Ust Felix di dunia maya memiliki netizen yang cukup besar, tetapi selama ini aktifitas mereka hanya dilakukan di dunia maya saja. Padahal keinginan para follower ini yang dari facebook, twitter, maupun instagram, justru ingin berlanjut sampai di kopi darat atau tatap muka. Nah dari situlah kemudian kami menginisiasi bagaimana para netizen ini, para followernya ust Felix ini bisa bertatap muka langsung dengan Ust Felix dan orang-orang yang menginspirasi Ust Felix atas prestasinya selama ini. Maka dibentuklah komunitas Yuk Ngaji.

Komunitas ini sebenernya secara kelembagaan hanya menyalurkan keinginan para netizen untuk belajar agama pada ustadz-ustadz yang dipandang berkompeten oleh @yukngajiID untuk menyelesaikan problem dahaga pemikiran itu. Jadi kita lebih seperti fasilitator. Di dalamnya juga ada sosok ustadz lain yang kemudian kita minta untuk bisa membantu netizen untuk memperdalam agama Islam.

  1. Siapa saja‘tim sukses’ #YukNgaji?

Kalau tim inti pertama ustadz Felix. Beliau sebagai founding father atau sosok utama dalam komunitas ini. Kedua, Mas Husein Assadi yang bisa dikatakan sebagai pimpinan produksi dari seluruh acara. Jadi segala ide dan masukan akan beliau olah dan beliau teruskan kepada kawan-kawan yang lain. Ketiga, Mas Cahyo Sutradalang. Beliau adalah spesial host di jagad #YukNgaji. Beliau bukan sekadar host tapi juga meramu event itu agar menjadi event yang renyah dan materi yang disampaikan bisa diterima dengan mudah walau pembahasannya bisa dikatakan berat dan monoton. Keempat, mas Ihsanul Muttaqin. Beliau adalah orang yang amat penting dalam sosial media, karena orang yang ingin kopi darat dengan ust Felix maka via mas Ihsan inilah aktifitas tadi bisa terwujud. Jadi praktis kita mengundang peserta hanya melalui media sosial saja. Hanya online saja, jadi memang tidak ada kirim surat. Lebih lanjut lagi nanti beliau yang mensupervisi bagaimana memaintain para netizen ini tentang follow up nya. Kajian-kajian yang sifatnya online dan seterusnya. Terakhir, saya sendiri, Abietya Sakti Narendra. Saya lebih tepatnya pesuruh ya, heahahaha… ya saya membawahi apa yang saya bawahi gitu ya. Dan itu banyak, kadang kala desain, utamanya dokumentasi dan post produksi. Jadi secara inti tim nya itu yang mengemas kegiatan dan acara.

  1. Kabarnya, #YukNgaji ada band nya juga ya?

Jadi kita juga membentuk yang namanya Ngakustik. Maksudnya ngaji akustik. Jadi bukan sekadar dialog, talkshow tanpa ada hiburan. Kita ingin menyajikan bagaimana talkshow itu juga bernuansa entertain tapi dengan pesan-pesan mendalam. Kita rekrut ada Mas Devi, gitaris. Ada mas Jimmy, beliau kajon. Lalu mas Cahyo, selain host juga sebagai vokalis, juga mas Husein, selain sebagai pimpro juga sebagai keyboardist. Saya selain sebagai pesuruh juga sebagai basist nya. Semua dilakukan karena riang saja. Maka kemudian terjadilah semua itu. Tapi perlu dicatat bahwa sebenarnya tim ini tidak berhenti sampai di sini saja dalam jumlah dan sosoknya. Kita ingin mengembangkan potensi temen2 netizen untuk berkontribusi dalam komunitas ini. Mungkin ada yang bisa desain, atau ada yang bisa ilustrasi.

  1. Acara kopdar #YukNgaji sudah diadakan di mana saja ya Mas?

Launching perdananya diadakan pada bulan puasa yang lalu di Bogor tanggal 4 Juli dan di Jakarta tanggal 5 Juli. Bogor di LIPI dan Jakarta di Asrama Haji Pondok Gede. Ke depannya akan dilaksanakan di Bandung tanggal 30 Agustus dan Surabaya tanggal 16 Agustus. Selain itu akan ke Yogya dan ke Solo. So, follow akun sosial media #YukNgaji untuk update jadwal acaranya ya..