drise-online.com – Semenjak internet bisa diakses dengan mudah, banyak pekerjaan kantoran yang bisa diberesin tanpa harus keluar rumah. Kondisi ini melahirkan fenomena officeless yang makin populer. Bekerja tanpa harus ngantor setiap hari. Emang bisa? Pastinya!

Penelitian dari Regus Global Economic Indicator memperlihatkan 48% dari 26 ribu manajer di 90 negara berbeda mengaku sudah tak lagi bekerja di kantor. Berikut lima alasan mengapa kantor tak diperlukan lagi untuk bekerja:

1. Perusahaan lebih hemat

Selama ini, banyak perusahaan menghabiskan dana dalam jumlah besar untuk membeli properti untuk para pegawai. Perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Kanada, saat ini bermimpi untuk membuat para pekerjanya bisa bekerja darimana saja dan tak perlu pergi ke kantor.Perusahaan bisa berhemat, tidak lagi menghabiskan uang untuk keperluan kantor, internet, peralatan kantor dan lainnya.

2. Pegawai bisa menghemat waktu

OfficeLess Kerja Tanpa Ngantor - drise-online.com

Perjalanan ke kantor merupakan masalah besar bagi banyak pegawai di seluruh dunia. Menurut laporan dari Biro Sensus Amerika Serikat, sekitar 600 ribu pekerja di sana menghabiskan waktu 90 menit hanya untuk mencapai tempat kerjanya.Tanpa harus pergi ke kantor dan bekerja dari rumah, para pegawai dapat menghemat banyak waktu.

3. Pegawai lebih produktif

Terdapat sejumlah laporan yang membuktikan bahwa para pekerja yang bekerja dari rumah jauh lebih produktif dibandingkan mereka yang bekerja di kantor. Menurut Global Workplace Analytics, sekitar US$ 600 miliar terbuang percuma karena produktivitas pegawai terganggu akibat harus bepergian di kantor.

4. Meningkatkan kualitas hidup pegawai

Beberapa tahun lalu, para peneliti di Umea University di Swedia menemukan pasangan yang bercerai karena menghabiskan terlalu banyak waktu untuk bekerja ke kantor. Bekerja dan perjalanan ke kantor merupakan salah satu yang menyebabkan para pegawai merasa stres.

5. Banyak tempat kerja baru

Lokasi apapun bisa menjadi tempat kerja yang potensial termasuk kedai kopi, rumah, atau di mana saja melalui sambungan internet. Tanpa kantor, para pegawai dapat menyediakan banyak tempat dengan suasana baru.

Driser, kalo di negeri kita tampaknya alasan kuat untuk menerapkan konsep officeless bagi karyawan adalah kemacetan di kota-kota besar selain perkembangan teknologi informasi. Kebayang nggak, kalo udah kejebak macet di ibukota, bisa tua dijalan. Masuk kantor bisa kesiangan atau klien bisnis bisa kabur lantaran kita telat meeting. Kemacetan khususnya di ibukota disebabkan angka pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor yang terus membludak.

Tahun 2010, jumlah kendaraan bermotor di Jakarta sudah mencapai angka 6,7 juta unit, dengan komposisi kendaraan roda dua mencapai 4,3 juta unit dan kendaraan roda empat 2,4 juta unit. Kenaikan jumlah kendaraan bermotor mencapai 0,8 persen per bulan atau 11 persen per tahun. Berdasarkan data yang ada, rasio jumlah kendaraan pribadi dibandingkan dengan kendaraan umum adalah 98 persen berbanding 2 persen!

Dengan pertumbuhan kendaraan bermotor yang makin tinggi ini, kecepatan rata-rata lalu lintas di Jakarta hanya 20 kilometer per jam. Dengan kata lain, 60 persen waktu warga Jakarta dihabiskan di tengah kemacetan. Kerugian ekonomi akibat macet mencapai Rp27,76 triliun!

Nah driser, setelah tren paperless alias tanpa kertas dalam menyelesaikan banyak kerjaan administrasi dengan bantuan teknologi informasi, kini officeless mulai banyak dilirik. Karena yang penting adalah hasil kerjanya, bukan cuman kehadiran di kantor. Orang bule bilang, paid by result not paid by attendance. Paling ke kantor cuman buat meeting. Asyik kan. Mau? Dari sekarang, asah deh tuh skill dan ilmu yg berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi. Biar kelak bisa rasain indahnya kerja office less. Ingat ya, officeless not jobless. Watau! [@Hafidz341]

BOX

Kerja Tanpa Harus Ngantor…

Pembuatan website

Zaman serba online, maka kebutuhan akan sebuah situs pun terus mengalami peningkatan. Dari yang ecek-ecek sampai yang profesional, pasarnya nggak pernah abis. Apalagi dengan kehadiran CMS alias Content Management System, bikin website serasa bikin Mie. 3 menit jadi!

Content Writer

Penulis konten atau content writer yang bermodalkan kemampuan menulis dan membaca serta faktor pendukung berupa akses internet dan komputer banyak dicari lho. Banyak peluang menjadi ghost writer penulis beken atau freelance di penerbitan.

Admin Sosial Media

Kerjaan admin sosial media banyak dicarioleh perusahaan kecil ataupun besar yang ingin eksis di jejaring sosial. Nggak mesti ngantor, yang penting follower naik dan jumlah liker membludak.[]

di muat di Majalah Remaja Islam Drise Edisi #40