PACAR, KESENANGAN SEMU | Majalah Remaja Islam DRise
Monday, September 25th, 2017
Breaking News
You are here: Home >> Konsul Syarie >> PACAR, KESENANGAN SEMU
PACAR, KESENANGAN SEMU

PACAR, KESENANGAN SEMU




Majalahdrise.com – Assalamu “alaikum Wr.Wb. Kak, sejak kecil sy tidak pernah merasakan kasih sayang ayah dan mama, karena mereka telah bercerai. Sejak kecil sy tinggal dengan nenek dan tante. Saya merasa mereka tidak sayang ke sy. Sekarang sy tinggal dan sekolah di Malang. Beberapa hari lalu sy kenal dengan seorang kakak kelas laki-laki yang memberi perhatian lebih pada sy. Ia bilang sy cantik dan menarik (teman-teman sy juga bilang begitu). Saya ingin pacaran agar sy mendapatkan kasih sayang yang lama sy rindukan. Tapi, teman kos sy selalu menghalangi, katanya pacaran dosa. Memang sy beberapa kali ikut juga mentoring diajak teman kos, tapi ngak pa-pa kan hanya sebatas pacaran yang tidak macam – macam. Saya tidak bisa jika disuruh meninggalkan cowok ini…(YN, Bima)

Wa’alaikumussalam Wr.Wb. Dik YN yang baik, Gimana kabar adik? Semoga sehat dan selalu dalam kebaikan. Alhamdulillah, senang bisa bersua meski hanya lewat kata. Dik YN yang baik, setiap orang pasti mengharapkan kasih sayang, terutama dari keluarga. Hanya terkadang tidak semua orang bisa memperolehnya karena beberapa kondisi dalam keluarga. Ketika keinginan tidak seperti yang diharapkan, bukan berarti kenikmatan Allah tidak diberikan pada kita.

Mari merenung atas kenikmatan Allah yang tanpa disadari sangat banyak sekali. Allah senantiasa menyayangi Adik sejak awal di rahim bunda hingga sekarang menginjak remaja. Adik diberi bentuk fisik yang sempurna, bisa bersekolah, diberi kemampuan melalui masamasa sulit tanpa perhatian orang tua dengan menghadirkan nenek dan tante yang juga menyayangi adik, diberi teman yang shalehah yang menyanyangi Adik dan mengajak pada kebaikan, dan insyaAllah masih banyak nikmat Allah lainnya jika kita mau merenungkan lebih dalam.

Seorang muslim akan selalu merasa ada kebaikan dalam setiap kejadian yang menimpanya, jika ia mendapatkan nikmat ia bersyukur dan jika mendapat ujian maka ia bersabar. Dik YN yang baik, Seorang muslim yang baik akan memahami bahwa ia hidup di dunia dengan misi besar yang telah Allah SWT tetapkan, yaitu beribadah kepada Allah dengan mentaati seluruh perintah-Nya dan menjauhi seluruh larangan-Nya, sebab ia meyakini bahwa ia akan dimintai pertanggungjawaban atas seluruh perbuatannya selama di muka bumi.

Dan janganlah kamu mendekati zina, (zina) itu sungguh suatu perbuatan yang keji, dan suatu jalan yang buruk” (QS Al-Isra’: 32).

Pacaran adalah aktivitas yang mendekati zina, dan Allah SWT melarang kita mendekatinya. Ketika seorang muslim mentaati seruan Allah SWT maka ia akan mendapatkan pahala dan kebaikan, termasuk mendapatkan cinta-Nya. Sebaliknya, jika seorang muslim tidak taat terhadap apa yang Allah SWT serukan, maka ia akan mendapatkan kerugian berupa kesempitan hidup, dosa dan kemurkaan-Nya. Dik YN yang baik, Rasa cinta adalah naluri yang dimiliki setiap manusia. Islam memberi panduan bagaimana mengatur naluri ini agar tidak menghantarkan pada perbuatan yang tidak disukai Allah SWT jika memang seorang muslim belum siap menikah.

Jauhilah hal –hal yang bisa memunculkan rasa ini (sinetron, lagu-lagu, bacaan bertema cinta), jangan berinteraksi dengan teman laki-laki tanpa keperluan yang diperbolehkan oleh Islam dan berinteraksilah dengan cara yang syar’i, serta sibukanlah diri dengan aktivitas positif yang berisi kebaikan. Seseorang yang mengajak berpacaran sejatinya ia hanya mengikuti hawa nafsunya, bukan ekspresi cinta sejati. Cinta sejati adalah cinta karena Allah SWT yaitu mencintai seseorang karena keimanannya kepada Allah dan ketaatannya kepada Allah. Mencintai seseorang karena keimanan dan ketakwaannya pada Allah SWT sangat besar pahalanya.

Jika seseorang cinta sejati ke orang lain, maka ia tidak akan mengajaknya untuk bermaksiat (baca pacaran), sebaliknya menginginkan kebaikan pada orang tersebut. Dik YN yang baik, jangan sampai terjerumus pada cinta semu yang akan menjauhkan kita dari cinta Allah SWT kepada kita. Bukankah cinta Allah yang kita harapkan untuk kebaikan dan kabahagiaan kita di dunia dan akhirat? []

Di maut di majalah remaja islam drise edisi 53




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

2 × one =