Assalamu’alaikum…  Sobahul Khoir, ^^, Mbak Rina  gimana cara’y supaya qt  semangat kembali dalam  mengkaji islam? Syukron Qobla  Mbak, 😀 (Hilda_SMI)

Wa’alaikumussalam Wr.Wb

Dik Hilda yang baik  Mengembalikan atau merefresh  semangat memang harus selalu kita lakukan.  Dalam mengkaji Islam, kita terkadang sangat  bersemangat. Namun, tidak jarang pula suatu  saat semangat menurun. Semangat yang  melemah jika dibiarkan akan menyebabkan  futur berkelanjutan. Di bawah ini, cara yang  bisa dicoba untuk menumbuhkan semangat  mengkaji Islam.  Pertama, miliki motivasi kuat belajar  Islam.

Motivasi akan mendorong seseorang  semangat mengkaji Islam. Seseorang akan  termotivasi jika ia paham alasan kenapa  harus belajar Islam, tujuannya apa, serta apa  yang akan diperolehnya. Bagi seorang muslim  belajar Islam merupakan kewajiban yang  harus dilakukan. Ia akan mendapat pahala  jika melakukannya, sebaliknya dosa jika  sengaja meninggalkannya. Ilmu adalah  cahaya. Seseorang yang paham Islam akan  menjalani kehidupan ini menelusuri jalan  terang. Ia tidak akan tersesat, karena bisa  membedakan perbuatan benar dan salah,  halal dan haram dilandasi ilmu yang  dimilikinya. Ia tahu apa saja yang  mendatangkan keridhoan Allah, dan apa yang  mendatangkan kemurkaan Allah.

Kedua, pahami keutamaan orang  yang memiliki ilmu Islam, serta orang yang  senang mendatangi majelis ilmu. Allah akan  meninggikan orang-orang yang beriman di  antaramu dan orang-orang yang diberi  ilmu pengetahuan beberapa derajat ( TQS  58:11). Rasulullah juga menyatakan  “Barangsiapa menempuh jalan untuk  mendapatkan ilmu, Allah akan  memudahkan baginya jalan menuju surga”  (HR. Muslim). Majelis ilmu merupakan  taman-taman surga, Rasulullah menyuruh  kita berhenti jika melewatinya dan ikut  bergabung di dalamnya.

Jika kita berjalan  menuju majelis ilmu, maka seluruh  penduduk langit dan bumi termasuk ikan-ikan di lautan akan mendo’akan dan  memintakan ampunan bagi kita.  Subhanallah bukan dik, tentunya kita ingin  memperoleh derajat mulia, dido’akan  seluruh penghuni langit dan bumi, serta  masuk surga.  Ketiga, rasakan belajar Islam  sebagai sebuah kebutuhan untuk  memperbaiki diri. Sesegera mungkin  amalkan ilmu yang didapat.

Berusahalah  seiring bertambah ilmu, semakin menjadi  pribadi lebih baik. Selain itu, bagikan ilmu  kita ke orang lain dengan  menyampaikannya. Ilmu yang bermanfaat  yaitu ilmu yang diamalkan, serta dibagikan.  Dengan berbagi ilmu, dan berdiskusi  dengan orang lain akan mendorong kita  semakin semangat belajar Islam.  Keempat, jadikan belajar Islam  sebagai kebiasaan. Seseorang yang  terbiasa, ia akan merasa senang, dan  ringan belajar Islam.

Dalam membentuk  kebiasaan, di awal mungkin masih ada  rasa malas. Mintalah perlindungan Allah  dari rasa malas. Paksakan diri untuk  mengkaji Islam, insyaAllah nanti akan  menjadi kebiasaan jika berulang  dilakukan. Seringlah berkumpul dengan  para pencinta ilmu agar semangat  mereka mengalir kepada kita. Semoga dik Hilda selalu semangat  melakukan tafaqquh fiddin dengan tips  di atas.[]