SENI BERGAUL | Majalah Remaja Islam DRise
Monday, September 25th, 2017
Breaking News
You are here: Home >> Drise Online >> SENI BERGAUL

SENI BERGAUL




Assalamu ‘alaikum Wr.Wb.

 Gimana cara agar mudah diterima dlm pergaulan? (Dito, NTB)

 Wa’alaikumussalam Wr.Wb.

Dik Dito yang baik,

Setiap orang butuh bergaul dengan orang lain. Sebab kita makhluk sosial, danAllah SWT menciptakan kita berbangsa-bangsa dan bersuku-suku untuk saling mengenal. Pergaulan akan menjadikan kita merasakan indahnya kebersamaan.Dalam pergaulan, ada pribadi yang mudah diterima, serta ada yang sebaliknya (dikucilkan/ditolak). Tapi, jangan khawatir, kemampuan bergaul adalah keterampilan yang bisa dilatih, dan ditingkatkan.

Dik Dito yang baik,

Miliki niat tulus, ikhlas karena Allah SWT dalam menjalin pergaulan. Pergaulan dari hati ke hati yang penuh keikhlasan, insyaAllah akan terasa sangat indah, menyenangkan, serta berpahala. Sedang pergaulan yang penuh rekayasa dan demi kepentingan tidak akan pernah langgeng dan cenderung menjadi masalah.Selain mengawali dengan niat tulus, dalam bergaul perhatikan penampilan. Salah satu yang membuat orang senang bergaul dengan kita adalah penampilan. Gunakan pakaian rapi, bersih, harum. Jangan berbaju kucel, kotor dan BB. Berwajahlah ceria, murah senyum. Senyuman sangat menyenangkan bagi siapapun yang melihatnya. Senyum adalah sedekah, senyuman mampu menyentuh hati seseorang untuk memberikan respon yang baik.

Dik Dito yang baik,

Upayakan jadi orang yang paling dulu menyapa dan mengucapkan salam. Berjabat tanganlahpenuh persahabatan dan persaudaraan.Jika berbicara dengan orang, dengarkanlah dengan penuh perhatian. Ikut tersenyum jika ia melucu, dan ikut takjub ketika ia mengisahkan hal mempesona, sehingga ia merasa dihargai. Pilihlah kata-kata sopan, sampaikan dengan cara lembut sehingga terbangun suasana menyenangkan. Hindari kata-kata kasar, menyakitkan, merendahkan, mempermalukan. Pujilah dengan tulus dan tepat terhadap sesuatu yang layak dipuji sambil kita kaitkan dengan kebesaran Allah SWT, sehingga yang dipuji teringat asal nikmat yang diraihnya. Ucapkan terima kasih dan do’akan atas kebaikan yang diberikannya pada kita. Mintalah maaf jika melakukan suatu kesalahan, dan jadilah pemaaf yang tulus terhadap kekurangan dan kesalahan orang lain, karena hal ini akan membuat bahagia dan senang siapapun yang pernah melakukan kekhilafan pada kita.

Dik Dito yang baik,

Selamat mencoba tips tsb, dan jangan lupa jadilah orang yang bermanfaat bagi orang lain, senang membantu, berbagi pengalaman, pengetahuan, dll. Orang bermanfaat akan banyak sahabat….[]

di muat di Majalah Remaja Islam Drise Edisi 47




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

one × five =