Share your mind : SALAM | Majalah Remaja Islam DRise
Friday, September 22nd, 2017
Breaking News
You are here: Home >> Drise Online >> Share your mind : SALAM

Share your mind : SALAM




Majalahdrise.com – Kamu mau gak dapet kebaikan  yang besar?? Tapi amal yang kita  lakukan Cuma sedikit dan  gampang sekali. Gak perlu repot segala.  Mau gak?? Nah, diantara kalian pasti  seneng banget kan kalau ketemu  seseorang yang sudah lama tak  bertemu??

Ngaku deh.. aku juga kok,  rasanya bahagiaaa banget. Siapapun  orangnya. Apalagi kalau sobat sendiri.  Nah perasaan itu ada karena diantara  kita udah saling terikat, serasa sebagian  dari hidup. Jadi kalo hilang, pasti  perasaannya gak enak. Iya gak sihh?

Rindu. Itu adalah kata kuncinya.  Kalo udah rindu pasti pengen banget  ketemu kan? Pada akhirnya kalo udah  ketemu mancay daah. Entah yang keluar  air mata, air mancur yang keluar dari  mulut gara-gara ngomong mulu atau bisa  jadi pura-pura galiat. Iya kann?? Ngaku..  Tapi ketika pertamakali ketemu pasti kita  bakal nyapa kan, entah itu saling teriak  (kalo cewek biasanya gitu) atau sekedar  bilang ‘hai’ atau sok basa-basi. Tapi dari  sekian sapaan ketika bertemu dengan  siapapun jarang sekali yang  mengucapkan salam. Jujur, aku juga suka  lupa ko, hehee jangan diikuti yaa. Kamu mau kan dapet kebaikan  yang besar?!

Nah caranya gampang  banget. Cukup ucapin salam aja setiap  ketemu orang. Walaupun gak kenal,  salam aja… yaa itu juga kalo berani, hehee. Tapi beneran deh, jujur aku tuh  terinspirasi nyapa orang dengan  mengucapkan salam itu dari seseorang  yang gak biasa-biasa aja. Beliau ini udah  banyak memotivasi banyak orang hampir  diseluruh dunia.  Nah kali ini aku termotivasi bukan  dari omongon yang biasa disampaikan  beliau ketika training, melainkan dari  sikap beliau yang sudah lama aku  kagumi. Aku suka liat tuh kalau beliau  lagi ketemu orang (dimanapun) pasti  beliau sapa sambil menyodorkan jabatan  hangat. Alhasil, orang yang disapa itupun  menyapa kembali dan menerima jabatan  tangan itu dengan senang hati.

Misalnya,  pernah suatu ketika beliau ingin membeli  mangga, ketika keluar dari mobil lalu  bertemu, beliau menyapa dengan  sapaan salam sambal menyodorkan  tangan.  Selain ucapan salam itu adalah  tradisi kaum muslim, salam juga  menyimpan banyak do’a di dalamnya.  Setiap kali kita mengucapkan  “assalamu’alaikum..” secara sadar  maupun gak sadar, kita sedang  memberikan do’a terbaik kita kepada  orang yang kita sapa itu. Nah karena  hukum menjawab salam itu wajib, kita  dapet balesannya juga karna dibales  salamnya ples dido’ain balik.

Arti dari  salam juga gak sembarangan lhoo.. kalian tau kan arti dari salam itu apa?!  Kalo yang bener-bener muslim  pasti tau apa artinya.. tapi biar gak salah  atau melenceng aku ingetin lagi yaa.  Assalamu’alaikum itu artinya semoga  keselamatan, rahmat allah dan berkah-Nya  tercurah kepadamu. Wuiiiiiiihh mantep  banget tuh artinya. Ya kan?? Disatu sisi  kita dapet kebaikan yang nilainya gak ada  tandingannya dibanding barang apapun  termahal didunia, disatu sisi juga kita  salig mendoakan, dannn disisi yang lebih  penting lagi, ketika kita berjabatan  tangan secara gak sadar itu  menggugurkan dosa-dosa kita. Kalo mau dibeberin tuh maksud  do’anya bakal panjang banget deh, bisa-bisa kamu diomelin sama ortu gara-gara  bacanya kelamaan trus jadi lupa waktu.

Tapi aku bisa ngasih beberapa kata  supaya kita ga bloon-bloon amat. Malu  banget kan kalo nanti ada noni yang  minta dijelasin apa makna dari salam itu  trus kamu malah gabisa jawab. Hadeuuh  bisa-bisa tuh noni jadi males masuk  islam gara-gara orang isalamnya sendiri  aja gangerti islam, padahal  pertanyaannya dasar banget. Salam itu apa sihh?? Salam sendiri merupakan Bahasa  Arab yang digunakan oleh kultur muslim Salam ini hukumnya Sunnah namun  yang menjawabnya hukumnya wajib,  yang sebenarnya tujuannya untuk dapat  merekatkan Ukhuwah Islamiyah umat  muslim di seluruh dunia.  Dalam Surah Al-Hasyr ayat 23  “Dialah allah, tidak ada ilaah  (sesembahan) yang layak kecuali dia,  Maha Rajadiraja, Maha Suci, Maha  Sejahtera, …” dalam ayat ini disebutkan  As-Salaam (maha sejahtera) adalah  salahsatu sifat allah yang mulia ini.  Sangat jelas sekali bahwa salam  memberikan kesejahteraan kepada  setiap hambaNya yang sungguh-sungguh  memohon.

Dalam kitab Al-Ahkamul Qur’an  yang ditulis oleh Ibnu Al-Arabi  mengatakan bahwa salam juga  mendo’akan kita yang berarti semoga  Allah menjadi pelindungmu. Seneng gak  sih kalo kita selalu dilindungin Allah??  Kalo kita dilindungin sama ortu atau  abang atau teteh atau  pujaan hati, pasti  seneng kaan. Apalagi  kalo yng ngelindungin  kita itu yang jadi hidup  dan mati kita, kekasih  kita, rajanya kita.  Makanya, mulai  dari sekarang yuk kita  coba menyapa setiap  orang ( yaa minimal  yang dikenal dulu lahh)  dengan mengucapkan  salam. Siap??!! Good  luck![]

DI MUAT DI MAJALAH DRISE EDISI 52




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

fifteen − thirteen =