Kicauan burung tak hanya ramai  menyambut sang mentari di pagi hari.  KKini, kicauan burung juga terdengar di  dunia maya. Hebatnya, kicauan burung di  dunia maya nggak cuman kedengaran pagi-pagi aja. Tapi setiap detik. Yups, itulah  fenomena twitter yang kian santer.

Twitter adalah sebuah situs web yang  dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc.,  yang menawarkan jejaring sosial berupa  mikroblog sehingga memungkinkan  penggunanya untuk mengirim dan membaca  pesan yang disebut kicauan (tweets).

Kicauan  adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang  ditampilkan pada halaman profil pengguna.  Situs ini berbasis di San Bruno, California  dekat San Francisco, di mana situs ini  pertama kali dibuat. Sejak dibentuk pada  tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah  mendapatkan popularitas di seluruh dunia  dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta  pengguna. Twitter berawal dari sebuah diskusi  yang diselenggarakan oleh anggota dewan  dari Podcasting perusahaan Odeo.

Dalam  pertemuan tersebut, Jack Dorsey  memperkenalkan ide twitter dimana individu  bisa menggunakan SMS layanan untuk  berkomunikasi dengan sebuah kelompok  kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21  secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.  Twitter menjadi perusahaan sendiri pada  bulan April 2007. Pada tanggal 14 September  2010, Twitter mengganti logo dan  meluncurkan desain baru. Popularitas Twitter mulai meningkat  pada tahun 2007 ketika terdapat festival  South by Southwest (SXSW).

Selama acara  tersebut berlangsung, penggunaan Twitter  meningkat dari 20.000 kicauan per hari  menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat  positif. Sudah lebih dari 400.000  kicauan dikirim-tampil (post) per  kuartal pada tahun 2007. Kemudian  berkembang menjad 100 juta kicauan  dikirim-tampil per kuartal pada 2008.  Pada akhir tahun 2009, 2 miliar per  kuartal kicauan sudah dikirim-tampil.  Pada kuartal pertama tahun 2010, 4  miliar kicauan yang dikirim-tampil.  Pada bulan Februari 2010 pengguna  Twitter mengirimkan 50 juta per hari.

Pada Juni 2010, sekitar 65 juta kicauan  yang dikirim-tampil setiap hari, setara  dengan sekitar 750 kicauan dikirim  setiap detik, menurut Twitter. Pengguna Twitter akan menjadi  lebih aktif ketika ada kejadian  menonjol. Sebagai contoh, rekor  diciptakan pada Piala Dunia  2010, ketika penggemar menulis  2940 kicauan per detik di kedua  periode 30 setelah Jepang mencetak  gol melawan Kamerun pada tanggal 14  Juni 2010. Rekor dipatahkan lagi ketika  3085 kicauan per detik yang dikirim-tampil setelah kemenangan Los  Angeles Lakers di Final NBA 2010 pada  tanggal 17 Juni 2010.

Hal ini pun terjadi  ketika penyanyi Michael Jackson  meninggal dunia pada tanggal 25 Juni  2009, server Twitter turun karena  pengguna memperbarui status mereka  untuk memasukkan kata-kata “Michael  Jackson” pada tingkat 100.000 kicauan  per jam. Driser, kehadiran twitter nggak  cuman sebatas tempat curcol (curhat  colongan) para tweeple galau.

Twitter  juga banyak dipakai untuk naikin brand  (merk) public figure atau perusahaan.  Popularitas twiiter pastinya juga layak  dijadikan salah satu media dakwah  online. Sehingga jangkauan dakwah le  bih luas. So, kasih deh tuh konten  dakwah dalam setiap kicauan kita di  twitter. Biar #dakwahonline selalu jadi  trending topic. Mancab! [341]

Biar nggak gaptek saat ngobrolin twitter, penting banget kenal ama istilah-istilah  dalam kamus twitter. Cekidot!

  1. Trending Topic, adalah topik yang sedang banyak dibicarakan oleh para pemakai Twitter pada saat ini (real time).
  2. Tweet, adalah sebutan untuk updates status Twitter.
  3. Tweeple, sebutan untuk penguna Twitter
  4. Followers, adalah user Twitter yang mengikuti kita. Atau yang menfollow Anda. Dalam artian, user tersebut telam menambahkan (add) Anda sebagai teman dan akan menerima updates status Twitter Anda
  5. Following, kebalikan dari point nomor dua, adalah user Twitter yang kita ikuti. Dan Anda akan menerima updates status dari dia.
  6. Replay, adalah balasan yang ditujukan pada seseorang secara spesifik. Polanya harus selalu gunakan tanda “@” di depan “username” untuk replay atau  bertanya atau menyapa namun ke user yang lebih spesifik. Maka tweets Anda  akan masuk ke replay (mention) mereka.
  7. ReTweet, adalah pengulangan tweet. RT biasanya digunakan apabila, tweet yang akan di RT dirasa penting, menarik atau pantas untuk di RT.
  8. Favorites, adalah Tweet yang disimpan karena disukai atau merasa Tweet tersebut penting
  9. Direct Message atau DM, semacam kayak email namun dengan ala Twitter. Pesan langsung secara personal ke tweeple yang bersangkutan

10.Hash Tags (#), ditambahkan di depan topik  tweets supaya pengguna twitter lainnya dapat  mencari topik yang serupa.

11.Overhead (OH), adalah menuliskan tweet  kepunyaan user lain tanpa ingin  mencantumkan siapa pemiliknya. Polanya  adalah, “OH” + “tweet”

12.Heardtrough (HT), adalah tweet yang dituliskan  berdasarkan perihal yang terjadi sesungguhnya di  dunia nyata. Polanya “HT” + “tweet”