Era sistem operasi jendela alias windows kini kehadiran versi terbarunya. Setelah sukses denga versi Windows 7, lalu Windows 8, perhatian penggian teknologi informasi dibetot dengan launching Window 10. Lho, kok langsung 10. Windows 9-nya manna?

Itu dia yang belum ketahuan rimbanya. Konon kabarnya, memang tidak ada windows 9. Jadi setelah versi 8 langsung loncat ke 10. Eh, gak bisa gitu dong. Kan harus berurutan! Sabar bang, bosnya windows kan bukan kita. Kita cuman pengguna. Jadi, terima aja kalo windows gak ngeluarin versi 9-nya. Gitu aja kok repot!

Tapi…kalo mau pengen tahu misteri ketidakhadiran windows 9, berikut jawaban resmi yang dirilis oleh microsoft. Jawaban ini di utarakan oleh wakil presiden pemasaran dari pihak Windows yakni Tony Propet perihal kenapa tidak ada windows 9. Berikut pengakuan Tony Propet.

“Sudah ada dan telah pergi” tutur Tony, saat dalam acara Dreamforce Conference di San Francisco seperti di kutip dari winpoin.com. Maksudnyadalam masa pemakaian sistem operasi windows 8 yang lalu, kemudian dalam pemakaian tersebut terjadi update. Nah, update itu sudah masuk sebagai windows 9. Gitchu!

Buat kamu yang doyan coba-coba install windows terbaru, ada baiknya kenali dulu daleman windows 10. Biar nggak ngabisin waktu buat install ulang kalo ternyata gak cocok. Berikut kelebihan yang tersemat pada Windows 10. Cekidot!

  • Teknologi pratinjau pada Start Menu.Yang pernah pake windows 8 pasti ngerasain betenya gak ada start menu kaya windows 7. Nah, kini Microsoft tak mau lagi kecolongan, dengan menyematkan start menu dengan menampilkan pratinjau (preview)yang lebih canggih dan tentu akan sangat membantu pengguna Windows 10 nantinya.
  • Tambahan aplikasi Commands(Perintah).Aplikasi tersebut ditampilkan dalam format yang sama dengan aplikasi pada desktop, selain itu tampilan yang dinamis dengan kemampuan untuk diubah ukurannya dan dapat bergerak.
  • Kemampuan untuk menampilkan beberapa aplikasi dalam 1 layar (Snap enchancement).Kelebihan ini dapat memudahkan anda dalam memantau dan melihat aplikasi yang berjalan pada saat menjalankan beberapa (multi) aplikasi pada Windows 10.
  • Penambahan teknologi Virtual Desktop. Kemampuan untuk membuat beberapa desktopuntuk tujuan ataupun tema yang berbeda, sekaligus kemudahan untuk berpindah desktopdengan lebih mudah dan cepat. Selain itu kemudahan yang anda akan dapatkan dengan menggunakan Windows 10 nantinya adalah, dapat dengan cepat dalam melakukan pencarian
  • Satu Os Semua Perangkat.Pengguna bisa menginstal Windows 10 tidak hanya di PC maupun notebook, tetapi juga di tablet PC dan smartphone. Untuk sinronisasi datanya, bisa memanfaatkan teknologi cloud yang tersemat pada windows 10.

Biar infonya lengkap, berikut kekurangan yang ada pada windows 10.

  • Windows 10 Ditujukan Untuk Pc Expert dan EnthusiastWindows Technical Preview sebenarnya dibuat untuk para expert dan enthusiast yang sudah familiar dengan berbagai troubleshooting Windows. Hal ini karena Windows 10 Preview ini bukan software final yang siap pakai, jadi masih mungkin ada bug disana-sini. Kalo kamu paling bete nemu masalah dengan windows, sebaiknya mikir ulang untuk pakai windows 10.
  • Tidak Untuk Keperluan Sehari – hari. Windows Technical Preview ini bukanlah OS Final yang sudah matang dan siap digunakan untuk kegiatan sehari-hari (meskipun bisa). Versi Preview ini lebih ditujukan untuk keperluan testing dan feedback.
  • Belum Final Secara Desain, Fitur dan Performa. Windows Technical Preview masih dalam proses pengerjaan. Jadi bisa dibilang ini masih scracth dari segala planning yang ingin ditanamkan Microsoft di Windows 10 Final. Jadi jangan heran jika kamu mendapati performa yang belum optimal, desain yang masih mirip dengan Windows 8.x, dan fitur yang belum lengkap. Seperti yang sudah kita beritakan sebelumnya, Cortana dan IE 12 bahkan belum disertakan di versi technical preview ini.
  • Masih Ada Banyak Fitur dan Perubahan. fitur dan tampilan Windows 10 tidak berarti sama persis dengan Windows Technical Preview. Masih ada banyak beberapa fitur baru yang ditambahkan dan diperbaiki, serta tampilan yang dipercantik sebelum Windows 10 Final dirilis pertengahan tahun depan.

 

Satu hal lagi yang mesti driser inget, windows 10 ini teknologinya udah lekat dengan dunia maya. Itu artinya, kalo gak koneksi internet kinerja windows 10 nggak kerasa canggihnya. Tanpa internet, windows 10 tak bisa update windows sewaktu-waktu, tak bisa sinkronisasi data setiap saat dengan device lainnya, security lemah lantaran updatenya barengan windows, tak bisa backup data ke cloud, dan tak bisa download berbagai aplikasi keren dari windows store.

Nah, sebelum coba-coba install windows 10, pelajari dulu kelebihan dan kekurangan di atas ya. Kecuali, kamu termasuk petualangan yang doyan ngoprek sistem operasi, window 10 cocok banget. Karena bermain dengan Windows Technical Preview sangat menyenangkan. Apalagi ada bahan obrolan bersama dengan teman-teman lainnya. Dijamin seru![@Hafidz341]

di muat di Majalah remaja Islam Drise Edisi 48