Siapa sih yang tidak senang  melihat wanita cantik? Karena itu  Sbanyak diantara kita termasuk  teman- teman remaja yang berlomba-  lomba mempercantik diri. Bahkan demi  kecantikan mereka rela memakai  produk yang mengandung bahan-  bahan kimia berbahaya. Sebenarnya cantik itu apa sih?  Ternyata tidak ada standar baku  seseorang dikatakan cantik.

Ya, cantik  itu relatif. Ga percaya?  Di Jepang seseorang dikatakan  cantik apabila memiliki kulit lembut,  halus dan rambut lurus. Di Burma dan Thailand, anggota  dari suku Kayan memakai gelang  berbentuk melingkar disekitar  lehernya sejak umur lima tahun.  Gelang leher tersebut terus  ditambahkan seiring dengan  pertumbuhan mereka hingga membuat  leher mereka semakin panjang kaya  jerapah. Semua itu hanya untuk  sebuah predikat cantik. Semakin  panjang lehernya, ia dianggap semakin  cantik. Berat gelang itu bisa mencapai  10,5 kg.

Kebayang ga beratnya? Di Iran, cantik adalah memiliki  hidung mancung dan mungil.  Kebanyakan cewek di Iran memiliki  hidung yang besar, dan oleh karena itu  mereka rela melakukan segala cara  untuk memperbaiki hidung mereka.  Karena itu Iran menjadi Negara dengan  jumlah operasi hidung terbanyak di  dunia.

Wow! Di Ethiopia lain lagi. Cantik itu  adalah bila banyak memiliki bekas luka  cacar. Luka bekas di Ethiopia bukanlah  luka yang tidak disengaja, justru  mereka sengaja membuatnya sendiri  dengan cara menyayat perut mereka.  Semakin banyak luka maka semakin  cantik. Ada- ada saja! Di Prancis khususnya Paris, cantik  adalah langsing. Anehnya menurut  mereka umur 60 tahun adalah saat  cewe Paris paling cantik. Ini sangat kontras dengan Negara  Mauritania. Negara berpasir yang  terletak di sebelah barat laut Afrika ini  menganggap “ Big Is Beautiful” .  

Semakin gendut seorang cewek, maka  semakin banyak pria yang suka. Jika  semakin langsing maka semakin tidak  laku.  Nah, udah percaya kan kalau  cantik itu relatif? Jadi jangan bersedih.  kamu semua diciptakan Allah dengan  sebaik- baik bentuk. Meminjam sedikit  lirik lagunya Cherybele nih, “ Don’t Cry,  don’t be sad, kamu cantik apa  adanyrha…sadari…syukuri…dirimu  sempurna… You r beautiful, beautiful,  beautiful…kamu cantik, cantik dari  hatimu…” Yup, yang perlu teman- teman  sadari bahwa Alah nggak melihat rupa  seseorang, tetapi melihat  ketakwaannya.

Kelak di akhirat yang  ditanya Allah bukanlah kenapa kita  berhidung pesek, kenapa berkulit  hitam atau kenapa bertubuh pendek,  karena semua itu adalah kehendak  Allah. Namun yang kita  pertanggungjawabkan kelak adalah  kita gunakan untuk apa jatah hidup di  dunia? Cantik atau ga dimata Allah sama  saja. Yang membedakan adalah  keimanan dan ketakwaan kita.  Walaupun wajah cantik bak Angelina  Joli tapi kelakuan minus sekali, Allah  nggak bakal sayang pada kita. “ Sesungguhnya orang yang  paling mulia diantara kamu di sisi Allah  adalah orang yang paling bertakwa di  antara kamu…” ( al- Hujurat : 13 )

Mau tampil cantik sesungguhnya  yang memancar dari jiwa? Berikut ada  tips keren yang dijamin mak nyos, yaitu  :  Menjadikan malu karena Allah  sebagai perona pipi, menghiasi rambut  dengan jilbab yang terulur sampai  dada, menjadikan zikir yang senantiasa  membasahi bibir sebagai lipstik,  kacamatanya adalah penglihatan yang  terhindar dari maksiat, air wudhu  adalah bedaknya untuk cahaya di  akhirat, dan kaki indahnya selalu  menghadiri majelis ilmu. Gimana?  Berminat? [] A