Majalahdrise.com – Sosial media yang secara resmi  diluncurkan pada 5 Mei 2003 ini,  nggak populer dikalangan remaja.  Namanya LinkedIn.Ya, dibandingkan dengan  Facebook atau Twitter, sosmed yang didirikan  oleh Reid Hoffman tahun 2002 ini masih  kalah pamor.

Orang lebih mengenal ‘F’ atau  ‘T’, daripada ‘In’. Kalo pun kenal dan udah  punya akunnya, mungkin kesasar google.  ^_^ Bagi yang belon tahu, LinkedIn itu  salah satu sosial media yang menyasar  kalangan profesional alias pekerja.

Pengnuninya kebanyakan karyawan yang  udah kerja, pengangguran yang nyari kerja,  atau perusahaan yang cari pekerja. Ada  rantai supply demand alias permintaan dan  penyediaan tenaga kerja di LinkedIn. Karena  LinkedIn menghubungkan orang sesuai  dengan latar belakang profesinya.

Fungsi LinkedIn sangat mirip dengan  sebuah CV Online. Tempat orang menjual  diri. Ups, jangan salah tafsir ya. Jual diri yang  dimaksud menawarkan skill bin  kemampuan diri. Makanya wajar kalo  banyak trainer yang dapat order dari  LinkedIn. Atau penyedia jasa online  marketing yang kebanjiran proyek setelah  aktif di LinkedIn.  Kagak ada salahnya kita selaku remaja,  melek sosial media LinkedIn biar dalam  urusan kerjaan udah ada yang bantuin.  Caranya, dengan mulai manfaatkan LinkedIn buat membangun personal  branding. Apaan tuh?

Ya mirip-mirip rebounding gitu deh.. 😛 Personal Branding bisa  dibilang sebuah identitas. Bukan sekedar  nama, tapi promosi skill alias kemampuan  yang ditekuni sampe jadi ahli. Orang bule  kate, FOCUS alias Follow One Course Until  Success. Lumayan, kalo kita mulai  membangun personal branding, visi hidup  kian tergambar jelas. jangan lupa cek yang punya drise ya di sini

Berikut beberapa hal  yang bisa dilakukan setelah membuat akun  LinkedIn:

  1. Manfaatkan Kata Kunci Untuk membangun personal branding, awali dengan memilih kata kunci untuk menjawab pertanyaan: sebenarnya kita  ingin dikenal sebagai apa atau siapa? Kata  kunci ini nantinya yang akan dimasukkan ke  profil di bawah nama kita persis.
  2. Buatlah Summary yang Menjual Fitur summary menerangkan tentang siapa kita dan keahlian apa yang bisa kita tawarkan untuk membantu orang lain.

di muat di majalah remaja islam drise edisi 49