Tuesday, July 21

3 maret 1924

3 Maret 1924. Ini bukan tanggal keramat. Tapi sekedar pengingat. Kalo di tanggal itu ada kejadian hebat. Yang seharusnya  tak boleh dilupakan umat. Peristiwa itu berkaitan dengan runtuhnya khilafah. Bagi  yang belum tahu, khilafah adalah bentuk sistem pemerintahan Islam. Kepala negaranya dikenal dengan sebutan khalifah pasca Rasulullah wafat.

Dan itu sudah berlangsung kurang lebih 14 abad.  Sedih deh kalo kita inget saat-saat terakhir menjelang keruntuhan Khilafah. Awalnya, Inggris berhasil menduduki Istambul, Turki pada perang Dunia I (1914 M).

Lalu seorang agen Inggris keturunan Yahudi Dunamah dari Salonika, Mustafa Kemal Pasha, ditugaskan untuk menjalankan agenda Inggris di Turki sebagaimana tercantum dalam “pernyataan Curzon”, yaitu: penghapusan Khilafah secara total, pengusiran khalifah sampai keluar batas-batas negara, penyitaan kekayaan khalifah, dan pernyataan sekularisasi negara. Pernyatan ini merupakan syarat yang harus dipenuhi Turki untuk mendapatkan kemerdekaannya dari Inggris.  

Mayoritas anggota Majelis Nasional Turki yang berpusat di Ankara dengan tegas menentang apa yang tercantum dalam pernyataan Curzon. Tapi mereka diancam Kemal akan dibunuh dan dihukum gantung. Akhirnya Majelis Raya Nasional menggelar sidang pada tanggal 01 Maret 1924 selama tiga hari untuk mensikapi adanya dualisme pemerintahan di Ankara dan Istambul. Terjadi perdebatan alot dan sengit karena Mustafa Kemal sebagai pimpinan majelis terangterangan hendak menghapus kekhilafahan  Islam yang dipimpin Khalifah Abdul Majid II di  Istambul.  

Dan tepat pada pagi hari tanggal 03 Maret 1924, Majelis Nasional mengumumkan telah menyetujui penghapusan khilafah dan pemisahan agama dari urusan-urusan negara. Malamnya, Khalifah Abdul Majid II diusir dari rumah kediamannya atas perintah Mustafa Kemal. Khalifah dipaksa masuk mobil dan dibawa melintasi perbatasan negara menuju Swiss.

Kemudian diturunkan dengan dibekali satu kopor berisi beberapa potong pakaian dan sejumlah uang. Tragis! Driser, pasca runtuhnya Khilafah umat Islam bagai anak ayam kehilangan induknya. Mencar-mencar gak karuan. Tak ada lagi yang melindungi dan menjaga Islam dan kaum Muslimin. Akibatnya, negeri-negeri Islam terpecah belah. Kaum Muslimin dizhalimi. Rasulullah saw dihina. Ajaran Islam diinjakinjak. Masihkah kita cuek dengan kondisi ini? Jangan dong! [@Hafidz341]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *