Monday, May 25

Amazing Islam

The Miracle of Badr

The Miracle of Badr

Amazing Islam
Perang Badr adalah sebuah perang besar pertama yang terjadi dalam sejarah perjuangan Islam. Perang  ini terjadi pada 13 Maret 624 Masehi, bertepatan dengan 17 Ramadhan 2 Hijriyah. Sebagaimana yang sudah samasama kita ketahui, pasukan Islam berjumlah jauh lebih sedikit daripada pasukan kafir Quraisy. Pasukan Islam sekitar tiga ratusan orang, sementara  pasukan Quraisy berjumlah seribuan orang. Jelas saja, secara matematis, pasukan Islam pasti akan dengan mudah dikalahkan. Rasulullah Saw. sendiri, dikisahkan dalam berbagai riwayat, merasa khawatir kepada pasukan Islam berhubung jumlah pasukan Islam yang jauh lebih sedikit. Beliau tidak hentihentinya berdoa kepada Allah di dalam tendanya, memohon kemudahan,  pertolongan, dan kemenangan. Bahkan saat itu, beliau menyampa...
Islam Memuiakan Wanita

Islam Memuiakan Wanita

Amazing Islam
Wanita itu mulia. Bukan basa basi lho. Tapi memang kenyataannya  seperti itu. Kemuliaan wanita tercermin dari perannya sebagai ibu dan pengatur rumah tangga. Nggak ada yang bisa membalas ketulusan seorang ibu dan kasih sayangnya terhadap anak. Tugasnya nggak gampang untuk membina anak-anak mereka, menggelorakan semangat mereka, menanamkan kepada mereka kecintaan kepada Allah, Rasul dan al-Quran serta menempa kepemimpinan mereka. Dari sinilah bakal lahir generasi umat terbaik. Makanya, Islam peduli banget dengan kedudukan seorang wanita.  Baginda Nabi saw. bersabda, “Sesungguhnya orang yang terbaik di antara  kalian adalah yang paling baik perlakuannya terhadap istrinya.  Aku adalah yang terbaik perlakuannya terhadap istri di  antara kalian.” (HR at-Tirmidz
Mengapa Nabi orang Arab ?

Mengapa Nabi orang Arab ?

Amazing Islam
Drises pernah nggak bertanya, kenapa sih kok Nabi kita orang Arab? Kenapa bukan orang Sunda  atau orang Jawa? Kalau Nabi kita orang Sunda atau orang Jawa kayaknya bakalan lebih enak deh, kita bisa memahami wahyu Allah pake bahasa Sunda atau bahasa Jawa. Pokoknya pake bahasa yang langsung bisa kita ngerti. Hehehe, tapi itu cuma khayalan kita doang, karena kenyataannya Nabi kita, Rasulullah Muhammad Saw., adalah orang Arab. Dan kenyataan bahwa Nabi kita berasal dari Arab ternyata memiliki hikmah yang sangat banyak lho. Apa aja sih hikmahnya? Let's cekidot! Pertanyaan, kenapa sih Nabi kita orang Arab, sebenernya udah dijawab oleh Allah Swt. sendiri melalui firman-Nya di dalam Alquran surah al-An'am ayat 124. Ayat itu menyatakan: “Allah lebih mengetahui dimana Dia menempatkan tug
Bulan sabit di medan perang

Bulan sabit di medan perang

Amazing Islam
islam punya orang-orang hebat yang  amat menakjubkan di sepanjang sejarahnya. Di bidang militer, sosok yang  paling menonjol adalah, tak lain dan tak bukan, Khalid bin Walid. Ia adalah seorang jenderal besar yang telah membawa pasukan Islam memenangkan berbagai pertempuran. Sehingga Rasulullah menggelarinya “Pedang Allah yang Terhunus” (Sayfullah al-Maslul), dan gelar ini bukan gelar omong kosong.  Prestasi besar Khalid bin Walid bukan cuma dikagumi oleh kaum Muslim, tetapi juga oleh orang kafir. Zahid Ivan Salam, dalam sebuah karyanya, mengatakan bahwa seorang Jenderal Nazi Jerman, Erwin Rommel, mencontek strategi perang Khalid dan itu membuatnya selalu menang dalam pertempuran melawan sekutu di front Afrika. Di edisi ini D'Rise pengen ngebahas salah satu strategi